RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2018 Kelas / Semester : 5 /1 Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1) Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2018
Satuan Pendidikan : SD/MI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema
1)
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan mengamati gambar cerita, siswa mampu menyusun
dan merangkai sebuah cerita secara runtut.
2. Dengan menceritakan sebuah gambar, siswa mampu
mengolah informasi dan menjadi sebuah cerita secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan
organ gerak hewan beserta fungsinya secara tepat.
4. Dengan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi
gerak ikan di air secara tanggung jawab.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Inti |
A. Ayo Mengamati
B.
Ayo Berlatih
Catatan:
C.
Ayo berkreasi
·
Guru memastikan bahwa
siswa telah memahami organ gerak hewan vertebrata. ·
Setelah benar-benar
paham, guru meminta siswa membuat model sederhana organ gerak salah satu
hewan avertebrata. ·
Siswa mencermati
langkah-langkah kerja dan contoh yang ada pada buku siswa. ·
Kegiatan ini juga bisa
menjadi alternatif sebagai tugas rumah. D.
Ayo Membaca
Alternatif kegiatan membaca: 1. Alternatif 1, Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati. 2. Alternatif 2, Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan teks tersebut dan
meminta siswa lain menyimak. 3. Alternatif 3, Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung
oleh seluruh siswa.
Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa saja yang
dapat kamu lakukan jika badanmu sehat? Bagaimana cara
merawat rangka tubuhmu? ·
Secara mandiri siswa
diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah
didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung. ·
Guru mengidentifikasi
dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengatahui sejauh mana
tingkat pemahaman siswa mengenai aktivitas yang bisa dilakukan jika badan
sehat (misalnya bermain dengan bola besar) serta cara merawat rangka tubuh
manusia. E.
Kerja Sama Orang Tua
Hasil yang diharapkan -
Menjaga hubungan baik
dan kedekatan dengan orang tua. |
140 menit |
|
||
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 4.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5.
Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C.
PENILAIAN
(ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ......................................... NIP.
.................... |
.........., Juli .... Guru Kelas 5 ....................... NIP. .................... |
|
|
Comments