RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  PPkN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan.

2.     Setelah membaca teks, siswa mampu menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan dengan menggunakan kalimat efektif.

3.     Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.

4.     Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah pembelajaran

 

Ayo Membaca

·         Siswa diminta mengamati gambar dan membaca teks tentang Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).

·         Setelah membaca teks di atas, siswa diminta melengkapi peta pikiran yang terdapat di buku siswa.

(Creativity and Innovation)

·         Siswa diminta mempresentasikan peta pikiran yang telah dibuat di depan kelas. (Mandiri)

Ayo Mencoba

·         Siswa diminta menuliskan makna persatuan dan kesatuan menurut pendapat mereka.

·         Kemudian, siswa diminta menuliskan contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

·         Selanjutnya, siswa diminta menuliskan manfaat dari persatuan dan kesatuan.(Creativity and Innovation)

·         Berdasarkan dialog, siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. (Critical Thinking and Problen Solving)

·         Siswa menuliskan penjelasan siapa yang berlatih drama paling singkat.

·         Siswa diminta menuliskan urutan waktu berlatih dari yang paling cepat hingga yang paling lama pada tabel.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Peta pikiran dinilai dengan daftar periksa.

No

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

1

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘apa’ menggunakan kalimat efektif

pada peta pikiran.

 

 

2

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘siapa’ menggunakan kalimat efektif

pada peta pikiran.

 

 

3

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘di mana’ menggunakan kalimat

efektif pada peta pikiran.

 

 

4

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘kapan’ menggunakan kalimat

efektif pada peta pikiran

 

 

5

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘bagaimana’ menggunakan kalimat

efektif pada peta pikiran.

 

 

6

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘mengapa’ menggunakan kalimat

efektif dan peta pikiran.

 

 

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘mengapa’

menggunakan kalimat efektif dan peta pikiran.

 

2.      PPKn

Proses latihan dinilai dengan catatan pengamatan keterampilan.

3.     Catatan pengamatan sikap (peduli, santun)

Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.

 

Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum mampu membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal hingga per seribuan akan mengikuti penguatan materi dengan pendampingan guru. Siswa dapat menggunakan tabel nilai tempat untuk menentukan nilai dari masing-masing bilangan desimal. Siswa dapat diberikan bilangan yang sederhana terlebih dahulu.

 

2.     Pengayaan

Siswa dapat melakukan eksplorasi tentang membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal menggunakan kartu bilangan.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Teks bacaan Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama.

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ”
  2. Ciri- ciri kalimat efektif.
  3. Manfaat persatuan dan k esatuan dalam kehidupan masyarakat.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments