RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai
Tujuan (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat
efektif pada teks tentang semangat persatuan.
2.
Setelah membaca teks, siswa mampu menulis peristiwa penting tentang
semangat persatuan dan kesatuan berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa,
di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan dengan menggunakan kalimat
efektif.
3.
Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh
manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.
4.
Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh
manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa diminta
mengamati gambar dan membaca teks tentang Perjanjian Linggarjati, Perjanjian
Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB). ·
Setelah membaca teks
di atas, siswa diminta melengkapi peta pikiran yang terdapat di buku siswa. (Creativity and Innovation) ·
Siswa diminta
mempresentasikan peta pikiran yang telah dibuat di depan kelas. (Mandiri) Ayo Mencoba ·
Siswa diminta
menuliskan makna persatuan dan kesatuan menurut pendapat mereka. ·
Kemudian, siswa
diminta menuliskan contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari. ·
Selanjutnya, siswa
diminta menuliskan manfaat dari persatuan dan kesatuan.(Creativity and Innovation) ·
Berdasarkan dialog,
siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. (Critical
Thinking and Problen Solving) ·
Siswa menuliskan
penjelasan siapa yang berlatih drama paling singkat. ·
Siswa diminta
menuliskan urutan waktu berlatih dari yang paling cepat hingga yang paling
lama pada tabel. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Peta
pikiran dinilai dengan daftar periksa.
No |
Indikator
Penilaian |
Ada
|
Tidak
Ada |
1 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘apa’ menggunakan kalimat efektif pada
peta pikiran. |
|
|
2 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘siapa’ menggunakan kalimat efektif pada
peta pikiran. |
|
|
3 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘di mana’ menggunakan kalimat efektif
pada peta pikiran. |
|
|
4 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘kapan’ menggunakan kalimat efektif
pada peta pikiran |
|
|
5 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘bagaimana’ menggunakan kalimat efektif
pada peta pikiran. |
|
|
6 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘mengapa’ menggunakan kalimat efektif
dan peta pikiran. |
|
|
Siswa
menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘mengapa’ menggunakan
kalimat efektif dan peta pikiran. |
2. PPKn
Proses latihan dinilai dengan catatan
pengamatan keterampilan.
3.
Catatan pengamatan sikap (peduli,
santun)
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir
(lampiran) buku ini.
Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum mampu
membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal hingga per seribuan akan
mengikuti penguatan materi dengan pendampingan guru. Siswa dapat menggunakan
tabel nilai tempat untuk menentukan nilai dari masing-masing bilangan desimal. Siswa dapat diberikan bilangan yang sederhana
terlebih dahulu.
2. Pengayaan
Siswa dapat melakukan
eksplorasi tentang membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal menggunakan
kartu bilangan.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Teks bacaan Kami Berbeda, namun Kami Bekerja
Sama.
E. MATERI
- Teks bacaan
yang berjudul ”
- Ciri- ciri kalimat efektif.
- Manfaat persatuan dan k esatuan dalam kehidupan
masyarakat.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments