RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1 Alokasi waktu : 1 hari

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS

Pembelajaran ke        :  1

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan diskusi dan mencari informasi, siswa mampu menjelaskan peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan tepat.

2.     Setelah diskusi dan mencari informasi, siswa mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan tepat.

3.     Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks tentang cara menghasilkan energi listrik dengan tepat.

4.     Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu menyajikan informasi penting dari teks tentang cara menghasilkan energi listrik dalam bentuk visual dengan tepat.

5.     Dengan menaamati gambar model rangkaian listrik PLTA, siswa mampu mengidentifikasi cara menghasilkan energi listrik dengan benar

6.     Setelah menaamati gambar model rangkaian listrik PLTA , siswa mampumelaporkan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan energi listrik dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Ayo Mengamati

·         Siswa mengamati beragam benda yang ada di kelas.

·         Siswa mengindentifikasi negara yang memproduksi benda-benda yang mereka temukan, kemudian menuliskannya dalam tabel yang tersedia. (HOST)

·         Siswa mengamati gambar tentang pengaruh globalisasi yang ada di buku siswa.

·         Siswa mengidentifikasi bagaimana barang-barang tersebut dapat dengan cepat diakses dari negara asalnya hingga menjadi populer di Indonesia dan di seluruh dunia. (Creativity and Innovation)

·         Siswa mendiskusikan secara berkelompok mengenai beragam hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut dari hasil pengamatan dan hubungannya dengan globalisasi. Siswa menuliskannya dalam bentuk pertanyaan.

·          Siswa kemudian mendiskusikan pertanyaan tersebut bersama guru secara klasikal.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Guru memberikan penguatan tentang arti globalisasi:

·         Siswa membaca artikel berita tentang pertemuan politik para menteri luar negeri negara-negara di dunia dan negara-negara di ASEAN. Kegiatan tersebut didukung oleh pengenalan seni budaya asli Indonesia, yaitu angklung serta beragam tarian daerah Indonesia lainnya.

·         Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan yang terdapat di buku. Guru mengarahkan siswa tentang kerja sama di bidang kebudayaan antara Indonesia dengan negara-negara lainnya, khususnya di wilayah Asia Tenggara.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

Tugas Mandiri:

·         Siswa kemudian mendapatkan tugas untuk mencari informasi contoh-contoh kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara anggota ASEAN di bidang sosial dan budaya.

·         Siswa menuliskan informasi yang didapat pada diagram yang tersedia. (Mandiri)

 

Ayo Membaca

·         Siswa membaca teks eksplanasi ilmiah tentang proses menghasilkan energi listrik dari PLTA.

·         Siswa diminta mencermati dan memahami proses menghasilkan energi listrik melalui teks tersebut.

·         Siswa menuliskan jawaban pada diagram yang tersedia, sesuai dengan urutan paragraf pada teks eksplanasi ilmiah. Pastikan siswa memahami bagian-bagian yang ditulis dalam diagram.

Ayo Menulis

·         Siswa mengamati gambar pembangkit listrik tenaga air mikrohidro.

·         Siswa diminta menganalisis proses dihasilkannya listrik oleh pembangkit tersebut, berdasarkan informasi yang telah mereka dapatkan dari teks sebelumnya.

·         Siswa kemudian menuliskan proses tersebut dalam bentuk gambar dan tulisan.

(Creativity and Innovation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     IPS

Diagram hasil pencarian dan pengolahan informasi siswa, diperiksa menggunakan rubrik berikut.

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Memahami

posisi dan

peran Indonesia

dalam kerja

sama di bidang

ekonomi, politik,

sosial, budaya,

teknologi, dan

pendidikan

dalam lingkup

ASEAN

Mampu

menuliskan

informasi

tentang kerja

sama Indonesia

di lingkup

ASEAN di

bidang sosial

budaya dengan

lengkap.

Menuliskan

informasi

tentang kerja

sama Indonesia

di lingkup

ASEAN di

bidang sosial

budaya dengan

cukup lengkap.

Menuliskan

informasi

tentang kerja

sama Indonesia

di lingkup

ASEAN di

bidang sosial

budaya dengan

kurang lengkap.

Belum mampu

menuliskan

informasi

tentang kerja

sama Indonesia

di lingkup

ASEAN di

bidang sosial

budaya dengan

lengkap.

Menceritakan

posisi dan

peran Indonesia

dalam kerja

sama di bidang

ekonomi, politik,

sosial, budaya,

teknologi, dan

pendidikan

dalam lingkup

ASEAN

Mampu

mengomuni-

kasikan

informasi

tentang peran

Indonesia

dalam kerja

sama di lingkup

ASEAN di

bidang sosial

budaya dengan

sistematis.

Mengomuni-

kasikan

informasi

tentang peran

Indonesia

dalam kerja

sama di

lingkup ASEAN

di bidang

sosial budaya

dengan cukup

sistematis.

Mengomuni-

kasikan

informasi

tentang peran

Indonesia

dalam kerja

sama di

lingkup ASEAN

di bidang

sosial budaya

dengan kurang

sistematis.

Belum mampu

mengomuni-

kasikan

informasi

tentang peran

Indonesia

dalam kerja

sama lingkup

ASEAN di

bidang sosial

budaya dengan

sistematis.

Sikap

Kerja sama

Menunjukkan

sikap kerja

sama secara

konsisten.

Menunjukkan

sikap kerja

sama dengan

cukup

konsisten.

Menunjukkan

sikap kerja

sama namun

kurang

konsisten.

Perlu dimotivasi

untuk dapat

bekerja sama.

Santun

dan Saling

menghargai

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

saat kegiatan

secara

konsisten.

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

saat kegiatan

dengan cukup

konsisten.

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

saat kegiatan

namun kurang

konsisten.

Belum mampu

menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

saat kegiatan.

Catatan: Rubrik ini berlaku juga untuk penilaian di bidang kebudayaan, politik,

dan iptek.

2.     Bahasa IndonesiaTulisan siswa menyajikan informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang proses menghasilkan energi listrik dari pembangkit listrik mikrohidro, diperiksa menggunakan rubrik:

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

Deret

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Kalimat efektif

dan kosakata

baku

Menuliskan

semua kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

besar kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

kecil kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Belum mampu

menuliskan

kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Penyajian isi

teks dalam peta

pikiran

Menyajikan

peta pikiran

dengan rapi

dan sistematis.

Menyajikan

peta pikiran

dengan cukup

rapi dan

sistematis.

Menyajikan

peta pikiran

dengan kurang

rapi dan kurang

sistematis.

Belum mampu

menyajikan

peta pikiran

dengan rapi

dan sistematis.

 

  1. IPA

Tulisan siswa berdasarkan hasil pengamatan tentang proses menghasilkan energi listrik dari pembangkit listrik mikrohidro, diperiksa menggunakan rubrik:

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Cara

menghasilkan,

energi listrik

 (KD 3.6)

Menjelaskan

proses

menghasilkan,

energi listrik

dengan jelas

dan tepat.

Menjelaskan

proses

menghasilkan,

energi listrik

dengan cukup

jelas dan tepat.

Menjelaskan

proses

menghasilkan,

energi listrik

dengan kurang

jelas dan

kurang tepat.

Belum mampu

menjelaskan

proses

menghasilkan,

energi listrik

dengan jelas

dan tepat.

Penyajian

karya tentang

berbagai cara

usulan sumber

alternatif energi

listrik

(KD 4.6)

Tulisan

tentang proses

menghasilkan

energi listrik

menggunakan

sumber energi

alternatif, jelas

dan sistematis.

Tulisan

tentang proses

menghasilkan

energi listrik

menggunakan

sumber energi

alternatif,

cukup jelas dan

sistematis.

Tulisan

tentang proses

menghasilkan

energi listrik

menggunakan

sumber energi

alternatif,

kurang jelas

dan kurang

sistematis.

Belum mampu

menulis

tentang proses

menghasilkan

energi listrik

menggunakan

sumber energi

alternatif

dengan jelas

dan sistematis.

Sikap:

Kemandirian

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan

mandiri.

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan cukup

mandiri.

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan

bimbingan.

Belum mampu

membuat

tulisan dan

gambar

meski dengan

bimbingan.

 

  1. Penilaian Sikap

Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap, contoh terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum memahami konsep dasar dari proses menghasilkan energi listrik, akan mengulang materi tersebut dengan bimbingan guru.

2.     Pengayaan

Siswa dapat melakukan studi pustaka, menambah informasi mereka tentang proses menghasilkan energi listrik melalui bacaan dan artikel yang tersedia di sekolah.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Gambar pembangkit listrik untuk IPA dan Bahasa Indonesia

6.     Artikel berita tentang kegiatan kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN di bidang sosial budaya, untuk pelajaran IPS

 

E.    MATERI

  1. Teks eksplanasi ilmiah tentang proses menghasilkan energi listrik dari PLTA.
  2. Peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN.
  3. Cara menghasilkan energi listrik.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

Comments