RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1 Alokasi waktu : 1 hari
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub Tema
: Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1.
Dengan diskusi dan mencari informasi, siswa mampu menjelaskan peran
Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam
lingkup ASEAN dengan tepat.
2.
Setelah diskusi dan mencari informasi, siswa mampu menyajikan informasi
tentang peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial
budaya dalam lingkup ASEAN dengan tepat.
3.
Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu menyebutkan informasi penting
dari teks tentang cara menghasilkan energi listrik dengan tepat.
4.
Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu menyajikan informasi penting
dari teks tentang cara menghasilkan energi listrik dalam bentuk visual dengan
tepat.
5.
Dengan menaamati gambar model rangkaian listrik PLTA, siswa mampu
mengidentifikasi cara menghasilkan energi listrik dengan benar
6.
Setelah menaamati gambar model rangkaian listrik PLTA , siswa mampumelaporkan
hasil pengamatan tentang cara menghasilkan energi listrik dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Ayo Mengamati ·
Siswa mengamati beragam benda yang ada
di kelas. ·
Siswa mengindentifikasi negara yang
memproduksi benda-benda yang mereka temukan, kemudian menuliskannya dalam tabel
yang tersedia. (HOST) ·
Siswa mengamati gambar tentang pengaruh
globalisasi yang ada di buku siswa. ·
Siswa mengidentifikasi bagaimana
barang-barang tersebut dapat dengan cepat diakses dari negara asalnya hingga
menjadi populer di Indonesia dan di seluruh dunia. (Creativity and Innovation) ·
Siswa mendiskusikan secara
berkelompok mengenai beragam hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut dari
hasil pengamatan dan hubungannya dengan globalisasi. Siswa menuliskannya
dalam bentuk pertanyaan. ·
Siswa kemudian mendiskusikan pertanyaan
tersebut bersama guru secara klasikal. (Critical
Thinking and Problem Formulation) ·
Guru memberikan penguatan tentang arti
globalisasi: ·
Siswa membaca artikel berita tentang
pertemuan politik para menteri luar negeri negara-negara di dunia dan
negara-negara di ASEAN. Kegiatan tersebut didukung oleh pengenalan seni
budaya asli Indonesia, yaitu angklung serta beragam tarian daerah Indonesia
lainnya. ·
Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan
yang terdapat di buku. Guru mengarahkan siswa tentang kerja sama di bidang
kebudayaan antara Indonesia dengan negara-negara lainnya, khususnya di
wilayah Asia Tenggara. (Critical
Thinking and Problem Formulation) Tugas
Mandiri: ·
Siswa kemudian mendapatkan tugas untuk
mencari informasi contoh-contoh kerja sama antara Indonesia dengan
negara-negara anggota ASEAN di bidang sosial dan budaya. ·
Siswa menuliskan informasi yang
didapat pada diagram yang tersedia. (Mandiri) Ayo Membaca ·
Siswa membaca teks eksplanasi ilmiah
tentang proses menghasilkan energi listrik dari PLTA. ·
Siswa diminta mencermati dan memahami
proses menghasilkan energi listrik melalui teks tersebut. ·
Siswa menuliskan jawaban pada diagram
yang tersedia, sesuai dengan urutan paragraf pada teks eksplanasi ilmiah.
Pastikan siswa memahami bagian-bagian yang ditulis dalam diagram. Ayo Menulis ·
Siswa mengamati gambar pembangkit
listrik tenaga air mikrohidro. ·
Siswa diminta menganalisis proses
dihasilkannya listrik oleh pembangkit tersebut, berdasarkan informasi yang
telah mereka dapatkan dari teks sebelumnya. ·
Siswa kemudian menuliskan proses
tersebut dalam bentuk gambar dan tulisan. (Creativity
and Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai mengerjakan
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. IPS
Diagram hasil pencarian dan pengolahan
informasi siswa, diperiksa menggunakan rubrik berikut.
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Memahami posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN |
Mampu menuliskan informasi tentang kerja sama Indonesia di lingkup ASEAN di bidang sosial budaya dengan lengkap. |
Menuliskan informasi tentang kerja sama Indonesia di lingkup ASEAN di bidang sosial budaya dengan cukup lengkap. |
Menuliskan informasi tentang kerja sama Indonesia di lingkup ASEAN di bidang sosial budaya dengan kurang lengkap. |
Belum mampu menuliskan informasi tentang kerja sama Indonesia di lingkup ASEAN di bidang sosial budaya dengan lengkap. |
Menceritakan posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN |
Mampu mengomuni- kasikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di lingkup ASEAN di bidang sosial budaya dengan sistematis. |
Mengomuni- kasikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di lingkup ASEAN di bidang sosial budaya dengan cukup sistematis. |
Mengomuni- kasikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di lingkup ASEAN di bidang sosial budaya dengan kurang sistematis. |
Belum mampu mengomuni- kasikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama lingkup ASEAN di bidang sosial budaya dengan sistematis. |
Sikap Kerja sama |
Menunjukkan sikap kerja sama secara konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama dengan cukup konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama namun kurang konsisten. |
Perlu dimotivasi untuk dapat bekerja sama. |
Santun dan Saling menghargai |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat kegiatan secara konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat kegiatan dengan cukup konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat kegiatan namun kurang konsisten. |
Belum mampu menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat kegiatan. |
Catatan: Rubrik ini berlaku juga untuk
penilaian di bidang kebudayaan, politik,
dan iptek.
2.
Bahasa IndonesiaTulisan
siswa menyajikan informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang
proses menghasilkan energi listrik dari pembangkit listrik mikrohidro, diperiksa
menggunakan rubrik:
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup
tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang
tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Deret Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup
berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan
kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup
tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
Kalimat efektif dan kosakata baku |
Menuliskan semua kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian besar kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian kecil kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Belum mampu menuliskan kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
|
Penyajian isi teks dalam peta pikiran |
Menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan cukup rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan kurang rapi dan kurang sistematis. |
Belum mampu menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
- IPA
Tulisan siswa berdasarkan hasil pengamatan
tentang proses menghasilkan energi listrik dari pembangkit listrik mikrohidro,
diperiksa menggunakan rubrik:
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Cara menghasilkan, energi listrik (KD 3.6) |
Menjelaskan proses menghasilkan, energi listrik dengan jelas dan tepat. |
Menjelaskan proses menghasilkan, energi listrik dengan cukup jelas dan tepat. |
Menjelaskan proses menghasilkan, energi listrik dengan kurang jelas dan kurang tepat. |
Belum mampu menjelaskan proses menghasilkan, energi listrik dengan jelas dan tepat. |
Penyajian karya tentang berbagai cara usulan sumber alternatif energi listrik (KD 4.6) |
Tulisan tentang proses menghasilkan energi listrik menggunakan sumber energi alternatif, jelas dan sistematis. |
Tulisan tentang proses menghasilkan energi listrik menggunakan sumber energi alternatif, cukup jelas dan sistematis. |
Tulisan tentang proses menghasilkan energi listrik menggunakan sumber energi alternatif, kurang jelas dan kurang sistematis. |
Belum mampu menulis tentang proses menghasilkan energi listrik menggunakan sumber energi alternatif dengan jelas dan sistematis. |
Sikap: Kemandirian |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan mandiri. |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan cukup mandiri. |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan bimbingan. |
Belum mampu membuat tulisan dan gambar meski dengan bimbingan. |
- Penilaian Sikap
Guru dapat menambahkan catatan
penilaian sikap, contoh terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum memahami
konsep dasar dari proses menghasilkan energi listrik, akan mengulang materi
tersebut dengan bimbingan guru.
2. Pengayaan
Siswa dapat melakukan studi
pustaka, menambah informasi mereka tentang proses menghasilkan energi listrik
melalui bacaan dan artikel yang tersedia di sekolah.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Gambar pembangkit listrik untuk IPA dan Bahasa Indonesia
6. Artikel berita tentang kegiatan kerja sama Indonesia
dengan negara-negara ASEAN di bidang sosial budaya, untuk pelajaran IPS
E. MATERI
- Teks eksplanasi ilmiah tentang proses
menghasilkan energi listrik dari PLTA.
- Peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja
sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN.
- Cara menghasilkan energi listrik.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments