RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 REVISI 2018 Kelas / Semester : 5 /1 Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia Tema 1) Sub Tema : Organ Gerak Hewan(Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013 REVISI 2018
Satuan Pendidikan : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan(Sub Tema
1)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1
Hari
A. TUJUAN
- Dengan mengamatigambar
peta, siswa dapat mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di
Indonesia secara tepat.
- Dengan membuat informasi,
siswa dapat menyebutkan kondisi geografis wilayah Indonesia secara benar.
- Dengan eskplorasi, siswa
dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai
luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila secara benar.
- Dengan membaca, siswa
menemukan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur dalam
sila-sila pancasila yaitu gotong royong secara benar.
- Dengan
membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan secara tepat
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam,
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh
salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang
hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK). 3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan
sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita. |
15 menit |
Inti |
Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan awal pembelajaran: ·
Pada awal pembelajaran, guru
menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan meminta siswa untuk
mengamati gambar pada buku siswa. ·
Ciptakan suasana yang menyenangkan,
sehingga siswa percaya diri, teliti, dan memiliki imajinasi yang tepat dalam
mengamati gambar. ·
Siswa diminta menjawab
pertanyaan-pertanyaan berdasarkan
gambar yang diamati. Guru menunjuk
beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya. ·
Guru mengonfimasi dan mengapresiasi jawaban-jawaban siswa. Hasil yang diharapkan §
Siswa
mampu membuat gambar peta wilayah tempat tinggalnya. §
Siswa
mengenal wilayah tempat tinggalnya. §
Cermat,
kreatif, Kerja keras dan bertanggung jawab. §
Siswa
menindaklanjuti semua kompetensi yang sudah dipelajari dengan menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari. |
140 menit |
|
||
Penutup |
1. Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek
Mengetahui Kepala Sekolah, .................................................. NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 5 , ……………………………… NIP…………………………. |
Comments