RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 REVISI 2018 Kelas / Semester : 5 /1 Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia Tema 1) Sub Tema : Organ Gerak Hewan(Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013 REVISI 2018

 

 

Satuan Pendidikan      : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                           :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia Tema 1)

Sub Tema                  :  Organ Gerak Hewan(Sub Tema 1)

Pembelajaran ke         :  4

Alokasi waktu              :  1 Hari

 

A.   TUJUAN

  1. Dengan mengamatigambar peta, siswa dapat mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia secara tepat.
  2. Dengan membuat informasi, siswa dapat menyebutkan kondisi geografis wilayah Indonesia secara benar.
  3. Dengan eskplorasi, siswa dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila secara benar.
  4. Dengan membaca, siswa menemukan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur dalam sila-sila pancasila yaitu gotong royong secara benar.
  5. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan secara tepat

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pembukaan

1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).

3.    Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.

15 menit

 

 

 

 

 

 

Inti

Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan awal pembelajaran: 

·         Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan meminta siswa untuk mengamati gambar pada buku siswa.

·         Ciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga siswa percaya diri, teliti, dan memiliki imajinasi yang tepat dalam mengamati gambar.

·         Siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan  berdasarkan gambar yang diamati. Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya.

·         Guru mengonfimasi  dan mengapresiasi jawaban-jawaban siswa.

 

Hasil yang diharapkan

§  Siswa mampu membuat gambar peta wilayah tempat tinggalnya.

§  Siswa mengenal wilayah tempat tinggalnya.

§  Cermat, kreatif, Kerja keras dan bertanggung jawab.

§  Siswa menindaklanjuti semua kompetensi yang sudah dipelajari dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

140 menit

 

 

Penutup

1.    Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini

2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..

4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit

 

C.   PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................................................

             NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 5 ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 

 

Comments