RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah membaca teks tentang Cinta Budaya Indonesia,
siswa mampu menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mempresentasikan makna Proklamasi
Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat
dengan tepat.
3.
Setelah mengamati pola lantai berbagai tarian daerah, siswa mampu menggambarkan
pola lantai tariannya dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan semua pola lantai tarian
daerah yang dipilih dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Guru dan siswa melakukan curah pendapat tentang pengalaman mewujudkan
makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. Guru meyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendalami lebih
lanjut tentang makna Proklamasi Kemerdekaan. Ayo Menulis ·
Di awal pembelajaran
guru meminta siswa untuk membaca teks terkait makna Proklamasi Kemerdekaan.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca dalam hati selama 2 menit. ·
Siswa menjawab
pertanyaan yang ada di buku pelajaran dan mendiskusikan hasilnya dengan teman
kelompok. Guru memberikan bantuan apabila dibutuhkan dengan mengajukan
pertanyaan pancingan. ·
Seperti biasa, guru
menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa. ·
Guru kemudian mengajak
siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya. (Critical
Thinking and Problem Formulation) Ayo Berkreasi ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca dan mengamati tarian daerah dan pola lantainya. ·
Setiap siswa mengisi
tabel tentang tarian daerah dan menggambar pola lantainya. ·
Guru berkeliling kelas
untuk mengamati kegiatan siswa dan memberikan bantuan apabila mereka
membutuhkan. ·
Siswa kemudian saling
memperlihatkan hasilnya di kelompoknya dan mendiskusikannya. ·
Dalam kelompok siswa
mendiskusikan langkah pola lantai dan mencoba mencoba berlatih. ·
Guru meminta setiap
kelompok untuk mempraktikan semua pola lantai dan memberi masukan. |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa
tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang
(v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Tugas dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada |
Tidak Ada |
Menyebutkan makna Proklamasi
Kemerdekaan |
|
|
Tulisan
memuat makna Proklamasi Kemerdekaan
dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
- SBdP
Catatan pengamatan keterampilan praktik
pola lantai.
- Catatan pengamatan sikap (Peduli)
(Contoh
terdapat pada lampiran di Buku Guru)
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita hitung campuran
terkait pecahan dapat berlatih dengan guru.
Guru membantu siswa sesuai dengan kesulitan yang mereka miliki. Misalnya,
apabila siswa memiliki kesulitan dalam memahami soal, siswa diminta berlatih
untuk memahami setiap kalimat dan menuliskan kesimpulannya.
2. Pengayaan
Siswa dapat mempraktikkan salah satu tari daerah dan diperlihatkan kepada
adik kelas saat istirahat.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas
HVS
dan alat tulis
5.
Jenis-jenis
tumbuhan dan habitatnya
6.
Teks bacaan tentang Cinta Budaya Indonesia.
E. MATERI
- Teks terkait makna Proklamasi Kemerdekaan.
- Pengalaman mewujudkan makna Proklamasi Kemerdekaan
dalam kehidupan.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments