RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  5

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks tentang Cinta Budaya Indonesia, siswa mampu menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mempresentasikan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat dengan tepat.

3.     Setelah mengamati pola lantai berbagai tarian daerah, siswa mampu menggambarkan pola lantai tariannya dengan benar.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan semua pola lantai tarian daerah yang dipilih dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

 

Guru dan siswa melakukan curah pendapat tentang pengalaman mewujudkan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan

sehari-hari.

Guru meyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendalami lebih lanjut tentang makna Proklamasi Kemerdekaan.

Ayo Menulis

·         Di awal pembelajaran guru meminta siswa untuk membaca teks terkait makna Proklamasi Kemerdekaan. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca dalam hati selama 2 menit.

·         Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku pelajaran dan mendiskusikan hasilnya dengan teman kelompok. Guru memberikan bantuan apabila dibutuhkan dengan mengajukan pertanyaan pancingan.

·         Seperti biasa, guru menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa.

·         Guru kemudian mengajak siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Berkreasi

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca dan mengamati tarian daerah dan pola lantainya.

·         Setiap siswa mengisi tabel tentang tarian daerah dan menggambar pola lantainya.

·         Guru berkeliling kelas untuk mengamati kegiatan siswa dan memberikan bantuan apabila mereka membutuhkan.

·         Siswa kemudian saling memperlihatkan hasilnya di kelompoknya dan mendiskusikannya.

·         Dalam kelompok siswa mendiskusikan langkah pola lantai dan mencoba mencoba berlatih.

·         Guru meminta setiap kelompok untuk mempraktikan semua pola lantai dan memberi masukan.

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

  1. IPS

Tugas dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

Menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan

 

 

Tulisan memuat makna Proklamasi

Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

  1. SBdP

Catatan pengamatan keterampilan praktik pola lantai.

 

  1. Catatan pengamatan sikap (Peduli)

(Contoh terdapat pada lampiran di Buku Guru)

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita hitung campuran terkait pecahan dapat berlatih dengan guru. 

Guru membantu siswa sesuai dengan kesulitan yang mereka miliki. Misalnya, apabila siswa memiliki kesulitan dalam memahami soal, siswa diminta berlatih untuk memahami setiap kalimat dan menuliskan kesimpulannya. 

2.     Pengayaan

Siswa dapat mempraktikkan salah satu tari daerah dan diperlihatkan kepada adik kelas saat istirahat.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Jenis-jenis tumbuhan dan habitatnya

6.     Teks bacaan tentang Cinta Budaya Indonesia.

 

E.    MATERI

  1. Teks terkait makna Proklamasi Kemerdekaan.
  2. Pengalaman mewujudkan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

Comments