RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, SBdp Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan
Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdp
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah mendiskusikan cerita, siswa mampu menemukan tiga
contoh pelaksanaan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan
yang sesuai dengan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
3. Setelah mengamati berbagai contoh patung Nusantara, siswa
mampu menyebutkan berbagai patung dan cara pembuatannya serta keterampilan yang
dibutuhkan.
4. Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau
adonan plastisin, siswa mampu membuat model patung.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Ayo Berdiskusi ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks selanjutnya. Guru kemudian mengajukan pertanyaan
untuk mengetahui pemahaman siswa. ·
Secara individu, siswa
menjawab pertanyaan yang ada di buku teks dan guru mendiskusikan jawabannya
secara klasikal. Guru meminta salah
seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa
memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan ·
Di akhir kegiatan,
guru bersama siswa mendiskusikan kembali pengamalan nilai Pancasila. (Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan mengamati gambar dan mencocokkannya dengan nilai-nilai yang
diminta. Guru memberi waktu sekitar 2 menit dan mendiskusikannya. Satu orang siswa bisa menyampaikan hasilnya
dan guru dapat memberi penguatan. ·
Siswa secara individu
harus menemukan contoh pengamalan sila kesatu dan kedua dalam kehidupan
sehari-hari dan penerapannya. Guru menerangkan daftar periksa yang akan
digunakan dalam penilaian. (Mandiri) Ayo Berkreasi ·
Guru menyampaikan
bahwa hasil karya seni rupa dari
gerabah dibuat dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah patung Nusantara
dari tanah liat. Patung-patung tersebut sangat diminati, baik oleh wisatawan
lokal maupun mancanegara.\ ·
Siswa mengamati
kerajinan patung tanah liat Nusantara dari Kasongan, Yogyakarta. ·
Siswa mendiskusikan
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Guru berkeliling untuk memastikan
bahwa semua siswa aktif. ·
Setelah mengamati
berbagai patung Nusantara dari tanah liat, siswa membuat patung dari tanah
liat yang disesuaikan dengan budaya daerah mereka masing-masing. ·
Sebelum membuat
patung, siswa ditugaskan memperhatikan hal-hal berikut.Untuk membuat patung
Nusantara, siswa dapat menggunakan tanah liat yang ditemukan di sekitar
tempat tinggal mereka. Jika di sekitar siswa tidak terdapat tanah liat, siswa
bisa membuat sendiri adonan dari tepung dengan langkah-langkah sebagai
berikut. (Creativity and Innovation) ·
Siswa mencoba membuat
bentuk model dengan menggunakan bahan.
Kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk
berlatih agar terbiasa dengan bahan dan dengan kelenturan tangan. |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek
dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
PPKn
Tulisan siswa dinilai dengan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Memberikan
3 contoh penerapan sila kesatu dalam kehidupan sehari- hari |
|
|
Menuliskan
pelaksanaan 2 kegiatan terkait penerapan sila kesatu dalam kehidupan sehari-
hari |
|
|
Memberikan
3 contoh penerapan sila kedua dalam kehidupan sehari- hari |
|
|
Menuliskan
pelaksanaan 2 kegiatan terkait penerapan sila ke-2 dalam kehidupansehari-
hari aaaaaaa |
|
|
2.
SBdP
Catatan Anekdot untuk
mencatat proses pengerjaan patung
(keterampilan, kemandirian, kreatifitas, kerapian, dan kedisiplinan
dalam berkarya).
3.
Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)(Contoh
terlampir di lampiran pada Buku Guru).
Comments