RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, SBdp Pembelajaran ke : 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


 

Satuan Pendidikan      : SD/MI

Kelas / Semester          :  6 /1

Tema                              :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                      : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu           :  PPkN, SBdp 

Pembelajaran ke          :  2

Alokasi waktu                :  1 hari

 

A.     TUJUAN

1.     Setelah mendiskusikan cerita, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

3.     Setelah mengamati berbagai contoh patung Nusantara, siswa mampu menyebutkan berbagai patung dan cara pembuatannya serta keterampilan yang dibutuhkan.

4.     Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau adonan plastisin, siswa mampu membuat model patung.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Ayo Berdiskusi

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks selanjutnya. Guru kemudian mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa.

·         Secara individu, siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku teks dan guru mendiskusikan jawabannya secara klasikal.  Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan

·         Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali pengamalan nilai Pancasila.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar dan mencocokkannya dengan nilai-nilai yang diminta. Guru memberi waktu sekitar 2 menit dan mendiskusikannya.  Satu orang siswa bisa menyampaikan hasilnya dan guru dapat memberi penguatan.

·         Siswa secara individu harus menemukan contoh pengamalan sila kesatu dan kedua dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya. Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian. (Mandiri)

 

Ayo Berkreasi

·         Guru menyampaikan bahwa hasil karya seni rupa  dari gerabah dibuat dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah patung Nusantara dari tanah liat. Patung-patung tersebut sangat diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.\

·         Siswa mengamati kerajinan patung tanah liat Nusantara dari Kasongan, Yogyakarta.

 

·         Siswa mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Guru berkeliling untuk memastikan bahwa semua siswa aktif.

 

 

 

·         Setelah mengamati berbagai patung Nusantara dari tanah liat, siswa membuat patung dari tanah liat yang disesuaikan dengan budaya daerah mereka masing-masing.

·         Sebelum membuat patung, siswa ditugaskan memperhatikan hal-hal berikut.Untuk membuat patung Nusantara, siswa dapat menggunakan tanah liat yang ditemukan di sekitar tempat tinggal mereka. Jika di sekitar siswa tidak terdapat tanah liat, siswa bisa membuat sendiri adonan dari tepung dengan langkah-langkah sebagai berikut.

(Creativity and Innovation)

 

·         Siswa mencoba membuat bentuk model dengan menggunakan bahan.  Kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih agar terbiasa dengan bahan dan dengan kelenturan tangan.

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.     Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                           

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     PPKn

Tulisan siswa dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Memberikan 3 contoh penerapan sila kesatu dalam kehidupan sehari- hari

 

 

Menuliskan pelaksanaan 2 kegiatan terkait penerapan sila kesatu dalam kehidupan sehari- hari

 

 

Memberikan 3 contoh penerapan sila kedua dalam kehidupan sehari- hari

 

 

Menuliskan pelaksanaan 2 kegiatan terkait penerapan sila ke-2 dalam kehidupansehari- hari aaaaaaa

 

 

 

2.     SBdP

 Catatan Anekdot untuk mencatat proses pengerjaan patung    (keterampilan, kemandirian, kreatifitas, kerapian, dan kedisiplinan dalam berkarya).

 

3.     Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)(Contoh terlampir di lampiran  pada Buku Guru).

Comments