RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai
Tujuan (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu :
IPS, SBdP
Pembelajaran ke
: 6
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Melalui penampilan drama, siswa mampu menyebutkan
contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
2. Melalui penampilan drama, siswa mampu menyajikan
contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
3. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi
ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan di masa
persiapan kemerdekaan Indonesia.
4. Setelah membaca teks, siswa mampu menulis peristiwa
penting tentang semangat persatuan dan kesatuan dalam bentuk peta pikiran berdasarkan
teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
·
Apa yang tergambar pada sampul buku. ·
Apa judul buku ·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa ·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
pembelajaran Ayo Membaca ·
siswa diminta membaca
teks tentang Bandung Lautan Api dalam hati. ·
Kemudian, siswa
diminta melengkapi peta pikiran berdasarkan teks dengan menggunakan kalimat
efektif. (Creativity and Innovation) ·
Setelah itu, siswa
diminta mendiskusikan peta pikiran yang telah dibuat dalam kelompok. (Critical
Thinking and Problem Formulation) Ayo Mencoba ·
Siswa diminta
menampilkan drama tentang persatuan dan kesatuan secara berkelompok.Sebelum
tampil, siswa diminta memperhatikan penjelasan dari guru tentang kriteria
penilaian. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Ayo Renungkan ·
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. ·
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku
guru. B. Kerja Sama dengan
Orang Tua ·
Siswa menceritakan peristiwa Bandung Lautan
Api menggunakan kalimat efektif berdasarkan peta pikiran yang sudah mereka
buat. C. Menyanyikan salah satu lagu Nasionalisme,
Persatuan, dan Toleransi D. Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius) |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Diskusi
peta pikiran dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah,
suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan
: Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
2.
PPKn
Penampilan drama dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada |
Tidak Ada |
Catatan |
Drama
sesuai dengan tema persatuan dan
kesatuan. |
|
|
|
Drama
memuat contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
Drama
memuat manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. |
|
|
|
Kerja
sama tim dalam permainan drama dilaksanakan dengan baik. |
|
|
|
3. Catatan pengamatan sikap (Peduli, Santun)
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum mampu
menggunakan kalimat efektif dapat berlatih membuat kalimat sederhana dengan
pola SPOK dengan pendampingan guru.
2. Pengayaan
Untuk memperkaya wawasan siswa
tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, siswa dapat menggali
informasi dari berbagai buku sejarah berdasarkan aspek apa, siapa, mengapa, di
mana, kapan, dan bagaimana.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Teks bacaan Bandung Lautan Api
E. MATERI
1.
Teks tentang Bandung
Lautan Api.
2.
Manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
3.
Ciri-ciri kalimat efektif.
4. Penggunaan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan
menggunakan kalimat efektif.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments