RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            : IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  6

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Melalui penampilan drama, siswa mampu menyebutkan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

2.     Melalui penampilan drama, siswa mampu menyajikan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

3.     Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan di masa persiapan kemerdekaan Indonesia.

4.     Setelah membaca teks, siswa mampu menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan dalam bentuk peta pikiran berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/menulis 15-20  menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat, cerita inspirasi atau motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

·         Apa yang tergambar pada sampul buku.

·         Apa judul buku

·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa

·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah pembelajaran

Ayo Membaca

·         siswa diminta membaca teks tentang Bandung Lautan Api dalam hati.

·         Kemudian, siswa diminta melengkapi peta pikiran berdasarkan teks dengan menggunakan kalimat efektif.

(Creativity and Innovation)

·         Setelah itu, siswa diminta mendiskusikan peta pikiran yang telah dibuat dalam kelompok. (Critical Thinking and Problem Formulation)

 

Ayo Mencoba

·         Siswa diminta menampilkan drama tentang persatuan dan kesatuan secara berkelompok.Sebelum tampil, siswa diminta memperhatikan penjelasan dari guru tentang kriteria penilaian.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Ayo Renungkan

·         Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.

·         Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

B.    Kerja Sama dengan Orang Tua      

·          Siswa menceritakan peristiwa Bandung Lautan Api menggunakan kalimat efektif berdasarkan peta pikiran yang sudah mereka buat.

C.    Menyanyikan salah satu lagu Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi

D.    Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)

 

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Diskusi peta pikiran dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

2.     PPKn

Penampilan drama dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

Catatan

Drama sesuai dengan tema persatuan  dan kesatuan.

 

 

 

Drama memuat contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

Drama memuat manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

Kerja sama tim dalam permainan drama dilaksanakan dengan baik.

 

 

 

 

3.     Catatan pengamatan sikap (Peduli, Santun)

Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum mampu menggunakan kalimat efektif dapat berlatih membuat kalimat sederhana dengan pola SPOK dengan pendampingan guru.

2.     Pengayaan

Untuk memperkaya wawasan siswa tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, siswa dapat menggali informasi dari berbagai buku sejarah berdasarkan aspek apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaimana.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Teks bacaan Bandung Lautan Api

 

E.    MATERI

1.     Teks tentang Bandung Lautan Api.

2.     Manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

3.     Ciri-ciri kalimat efektif.

4.     Penggunaan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

Comments