RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub Tema
: Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi
pentingnya sikap kerja keras dalam keberagaman ekonomi dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan potensi
dan usaha yang perlu dilakukan terkait dengan keberagaman ekonomi dengan
terperinci.
3. Setelah mengamati poster teman, siswa mampu
mengidentifikasi reklame (poster) berdasarkan ciri-ciri reklame yang baik.
4. Setelah mengamati poster teman, siswa mampu
memberikan penilaian atas reklame yang dibuat teman dengan terperinci.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Berdiskusi ·
Di awal pembelajarn
guru menyampaikan bahwa era globalisasi membawa banyak manfaat bagi
masyarakat dunia. Warga dunia mempunyai banyak kesempatan untuk mengembangkan
dirinya. Mang Samad adalah seorang pengusaha yang berhasil mencapai
kesuksesan. ·
Siswa membaca teks tentang Pengrajin Garut
yang Menembus Dunia. ·
Siswa membaca teks
tersebut dengan membaca dalam hati. Siswa akan duduk secara berkelompok. Satu
kelompok terdiri atas 5 siswa. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan di Buku Siswa.(Gotong
Royong) ·
Guru menunjuk beberapa
kelompok untuk menyampaikan pendapatnya. Siswa mempresentasikan hasil
pekerjaan kelompoknya di depan kelas. Siswa lain bisa memberikan pertanyaan
atau memberikan pendapatnya. (Critical Thinking and Problem
Formulation) ·
Siswa menuliskan
potensi dan hal yang ingin dikembangkan pada tabel yang ada di buku siswa. (Mandiri)
Ayo Berlatih ·
Siswa mengerjakan
soal-soal yang ada di buku siswa. (Critical Thinking and Problem
Formulation) ·
Guru berkeliling
melihat strategi yang digunakan oleh siswa untuk menemukan jawaban. ·
Guru memberikan
pendampingan kepada siswa yang masih membutuhkan.
Ayo Berkreasi ·
Siswa memilih pasangan
secara acak. Siswa mempresentasikan poster yang dibuatnya kepada teman
pasangannya. Siswa saling memberikan komentar atas poster yang dibuat oleh
temannya. ·
Siswa menuliskan
pendapatnya pada tabel yang ada di buku siswa. (Creativity and
Innovation) ·
Di akhir pembelajaran
guru terus memotivasi siswa untuk kreatif, dan kerja keras supaya siap
menghadapi era globalisasi. |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6
……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1.
PPkn: Potensi diri
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Potensi yang dimiliki |
Menjelaskan 3 potensi dengan sesuai fakta, |
Menjelaskan 2 potensi dengan sesuai fakta, |
Menjelaskan 1 potensi dengan sesuai fakta, |
Belum mampu menjelaskan potensi yang dimiliki, |
Hal yang perlu dikembangkan |
Menjelaskan 3 potensi yang perlu dikembang
kan dari diri dengan terperinci, sesuai fakta, dan logis. |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Usaha mengembang- kan |
Menuliskan 3 usaha untuk mengembang- kan diri dengan benar. |
Menuliskan 2 usaha untuk mengembang- kan diri dengan benar. |
Menuliskan 1 usaha untuk mengembang- kan diri dengan benar. |
Belum mampu menjelaskan hal yang perlu dikembangkan. |
2.
SBdP: Kemampuan siswa
memberikan kometar poster teman bisa ditulis
pada catatan anekdot.
3.
Diskusi pertanyaan tentang
Pak Samad menggunakan rubrik pada halaman 17
4.
Catatan Anekdot untuk
mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)(Contoh terlampir di bagian lampiran
Buku Guru).
Guru dapat menambahkan catatan
penilaian sikap, contoh terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum memahami pentingnya
sikap kerja keras dalam keberagaman ekonomi masyarakat.dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa
dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit.
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
2. Pengayaan
Siswa bisa mengamati ciri- ciri
reklame.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 4
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 4
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Foto, artikel berita terbaru tentang peran Indonesia di
wilayah ASEAN.
E. MATERI
- Teks tentang Pengrajin Garut yang
Menembus Dunia.
- Sikap
kerja keras dalam keberagaman ekonomi.
- Potensi dan usaha yang perlu dilakukan
terkait dengan keberagaman.
- Ciri- ciri reklame.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments