RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  PPkN, SBdP

Pembelajaran ke        :  2

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya sikap positif dalam hal keberagaman ekonomi dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan sikap-sikap positif dan tindakan yang dilakukan dalam keberagaman ekonomi dengan benar.

3.     Setelah membuat draf, siswa membuat brosur dengan memperhatikan ciri-ciri brosur yang baik dengan kreatif.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

·         Guru menuliskan pertanyaan di papan tulis “Berpikir global bertindak lokal”. Guru menanyakan makna ungkapan tersebut kepada siswa.

·         Siswa menjawab dengan mengangkat tangan.

 

Ayo Mengamati

Siswa membaca teks singkat yang ada di buku siswa.

·         Siswa mengamati poster tersebut dan memberikan pendapat berdasarkan kriteria poster yang baik.

·         Siswa dibagi ke dalam kelompok, setiap kelompok terdiri atas 5 siswa. Siswa membuat pertanyaan berdasarkan poster tersebut. Dalam kelompoknya siswa juga mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang dibuat. (Gotong Royong, Critical Thinking and Problem Formultion)

·         Diskusi klasikal, guru meminta kelompok untuk menyampaikan pendapatnya. Guru memberikan penguatan atas jawaban yang diberikan oleh siswa.

·         Guru memberikan penguatan.

 

·         Guru mengajak siswa membaca artikel yang ada di buku siswa. Artikel itu tentang pasar tradisional, buah lokal, dan gunakan produk dalam negeri. Setelah membaca artikel siswa mengisi diagram yang ada di buku siswa tentang berpikir global dan bertindak lokal.

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa akan melanjutkan brosur yang dibuatnya. Siswa membuat brosur tentang narkotika dengan memerhatikan kriteria brosur yang baik.

(Creativity and Innovation)

·         Siswa mempresentasikan brosur yang sudah dibuat di depan kelas.

 

Ayo Berlatih

Siswa berlatih mengerjakan soal-soal yang ada di buku siswa. Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang masih belum paham.

(Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     PPKn: Grafik bertindak global dan berpikir lokal.

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Contoh sikap

Menuliskan 3

contoh sikap

dengan benar.

Menuliskan 2

contoh sikap

dengan benar.

Menuliskan 1

contoh sikap

dengan benar.

Belum mampu

menuliskan

dengan benar.

Nilai-nilai

Menjelaskan

3 nilai-nilai

dengan benar.

Menjelaskan

2 nilai-nilai

dengan benar.

Menjelaskan

1 nilai-nilai

dengan benar.

Belum mampu

menuliskan

dengan benar.

Apa yang bisa

aku lakukan

Menjelaskan 3

tindakan yang

bisa dilakukan

dengan benar.

Menjelaskan 2

tindakan yang

bisa dilakukan

dengan benar.

Menjelaskan 1

tindakan yang

bisa dilakukan

dengan benar.

Belum mampu

menuliskan

tindakan yang

bisa dilakukan

dengan benar.

Manfaat

Menjelaskan 3

manfaat bagi

perekonomian

Indonesia.

Menjelaskan 2

manfaat bagi

perekonomian

Indonesia.

Menjelaskan 1

manfaat bagi

perekonomian

Indonesia.

Belum mampu

menuliskan

manfaat

dengan benar.

 

2.     SBdP: Brosur

Penilaian menggunakan rubrik pada halaman 69.

3.     Diskusi pertanyaan tentang berpikir global dan bertindak lokal.

Penilaian menggunakan rubrik pada halaman 17.

4.     Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru

F.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum mampu memahami sikap dan tindakan yang positif dalamkeberagaman ekonomi  akan mendapatkan latihan tambahan yang dapat berupa tugas rumah.

 

2.     Pengayaan

Siswa dapat ditugaskan untuk mencari mengamati sikap dan tindakan positif yang dilakukan masyarakat sekitar dalam keberagaman ekonomi.

 

G.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Tambahan gambar tentang prinsip kerja sel surya.

 

C.    MATERI

  1. Artikel tentang pasar tradisional.
  2. Sikpa dan tindakan yang positif dalam keberagaman ekonomi.
  3. Ciri- ciri  brosur.
  4. Langkha- langkah pembuatan brosur.

 

D.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments