RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub
Tema :
Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3)
Muatan
Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi
waktu : 1 hari
A. TUJUAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi
pentingnya sikap positif dalam hal keberagaman ekonomi dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan
sikap-sikap positif dan tindakan yang dilakukan dalam keberagaman ekonomi
dengan benar.
3. Setelah membuat draf, siswa membuat brosur dengan
memperhatikan ciri-ciri brosur yang baik dengan kreatif.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran ·
Guru menuliskan pertanyaan
di papan tulis “Berpikir global bertindak lokal”. Guru menanyakan makna
ungkapan tersebut kepada siswa. ·
Siswa menjawab dengan
mengangkat tangan. Ayo Mengamati Siswa membaca teks
singkat yang ada di buku siswa. ·
Siswa mengamati poster
tersebut dan memberikan pendapat berdasarkan kriteria poster yang baik. ·
Siswa dibagi ke dalam
kelompok, setiap kelompok terdiri atas 5 siswa. Siswa membuat pertanyaan
berdasarkan poster tersebut. Dalam kelompoknya siswa juga mendiskusikan
jawaban dari pertanyaan yang dibuat. (Gotong
Royong, Critical Thinking and Problem
Formultion) ·
Diskusi klasikal, guru
meminta kelompok untuk menyampaikan pendapatnya. Guru memberikan penguatan
atas jawaban yang diberikan oleh siswa. ·
Guru memberikan
penguatan. ·
Guru mengajak siswa
membaca artikel yang ada di buku siswa. Artikel itu tentang pasar
tradisional, buah lokal, dan gunakan produk dalam negeri. Setelah membaca
artikel siswa mengisi diagram yang ada di buku siswa tentang berpikir global
dan bertindak lokal. Ayo Berkreasi ·
Siswa akan melanjutkan
brosur yang dibuatnya. Siswa membuat brosur tentang narkotika dengan
memerhatikan kriteria brosur yang baik. (Creativity and
Innovation) ·
Siswa mempresentasikan
brosur yang sudah dibuat di depan kelas. Ayo Berlatih Siswa berlatih mengerjakan
soal-soal yang ada di buku siswa. Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang
masih belum paham. (Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi
ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan
guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
PPKn: Grafik bertindak
global dan berpikir lokal.
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Contoh sikap |
Menuliskan 3 contoh sikap dengan benar. |
Menuliskan 2 contoh sikap dengan benar. |
Menuliskan 1 contoh sikap dengan benar. |
Belum mampu menuliskan dengan benar. |
Nilai-nilai |
Menjelaskan 3 nilai-nilai dengan benar. |
Menjelaskan 2 nilai-nilai dengan benar. |
Menjelaskan 1 nilai-nilai dengan benar. |
Belum mampu menuliskan dengan benar. |
Apa yang bisa aku lakukan |
Menjelaskan 3 tindakan yang bisa dilakukan dengan benar. |
Menjelaskan 2 tindakan yang bisa dilakukan dengan benar. |
Menjelaskan 1 tindakan yang bisa dilakukan dengan benar. |
Belum mampu menuliskan tindakan yang bisa dilakukan dengan benar. |
Manfaat |
Menjelaskan 3 manfaat bagi perekonomian Indonesia. |
Menjelaskan 2 manfaat bagi perekonomian Indonesia. |
Menjelaskan 1 manfaat bagi perekonomian Indonesia. |
Belum mampu menuliskan manfaat dengan benar. |
2. SBdP: Brosur
Penilaian menggunakan
rubrik pada halaman 69.
3. Diskusi pertanyaan tentang berpikir global dan bertindak
lokal.
Penilaian menggunakan
rubrik pada halaman 17.
4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan
santun)(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru
F. Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
Siswa yang belum mampu memahami sikap dan tindakan
yang positif dalamkeberagaman ekonomi akan mendapatkan latihan tambahan yang dapat
berupa tugas rumah.
2.
Pengayaan
Siswa dapat ditugaskan untuk
mencari mengamati sikap dan tindakan positif yang dilakukan masyarakat sekitar
dalam keberagaman ekonomi.
G. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas HVS dan alat tulis
5. Tambahan gambar tentang prinsip kerja sel surya.
C. MATERI
- Artikel tentang pasar tradisional.
- Sikpa dan tindakan yang
positif dalam keberagaman ekonomi.
- Ciri- ciri brosur.
- Langkha- langkah pembuatan
brosur.
D. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments