RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan      : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Penemu yang Mengubah  Dunia (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu             :  IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  5

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat setelah ditemukan bola lampu dengan benar.

2.     Setelah mencari informasi, siswa mampu melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat setelah ditemukan bola lampu dalam bentuk tabel dengan sistematis.

3.     Setelah mengamati teks lagu ‘Mariam Tomong”, siswa mampu mengidentifikasi interval nada lagu Mariam Tomong dengan benar.

4.     Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan solmisasi lagu Mariam Tomong sesuai dengan interval nada dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

·         Di awal pembelajaran guru membawa bola lampu di depan kelas. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa. Siswa menjawab secara bergantian.

·         Guru menyampaikan bahwa banyak perubahan yang terjadi setelah ditemukan bola lampu. Malam hari tidak lagi gelap. Pada malam hari, manusia dapat melakukan berbagai kegiatan.

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa menuliskan manfaat lampu dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menuliskan hasil temuannya di buku siswa.

·         Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Siswa mendiskusikan kehidupan masyarakat sebelum dan setelah ditemukan bola lampu. Siswa menuliskan hasil diskusinya pada tabel yang ada di buku siswa.

(Critical Thinking nad Problem Solving)

·         Guru meminta beberapa kelompok untuk menyampaikan pendapatnya. Untuk menguatkan dan menambah informasisiswa membaca teks yang berjudul “Terang yang membawa Kemudahan” di buku siswa.

·         Siswa membaca teks tersebut di dalam hari. Berdasarkan teks tersebut, siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel yang ada di buku siswa. Siswa juga dapat melengkapi informasinya dengan melakukan wawancara atau mencari informasi dari berbagai sumber.

·         Siswa mendiskusikan jawaban yang telah ditemukan pada tabel yang ada di buku siswa. Siswa mempresentasikan hasil temuannya kepada teman dalam kelompoknya. Guru berkeliling untuk melihat siswa dalam menyampaikan hasil pekerjaannya.

·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain yang ingin memberikan pendapat atau pertanyaan kepada temannya. (Communication)

·         Siswa menuliskan perubahan masyarakat dari ditemukan alat-alat berikut.\

·         Guru memberikan penguatan. Dengan ditemukan teknologi baru banyak membawa perkembangan bagi kehidupan masyakat. Perkembangan tersebut membawa ke arah modernisasi.

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa menyanyikan solmisasi lagu” Mariam Tomong” dengan interval nada yang tepat.

·         Awalnya guru mencontohkan terlebih dahulu cara menyanyikan solmisasi lagu tersebut. Guru dapat menggunakan iringan tepuk tangan atau ketukan. Siswa ikut menyanyikan solmisasi lagu tersebut dengan contoh yang diberikan.

·         Siswa dibagi ke dalam kelompok. Guru memastikan bahwa dalam kelompok kemampuan siswa beragam.

·          Dalam kelompoknya siswa sama-sama berlatih untuk menyanyikan solmisasi lagu tersebut. Guru berkeliling bahwa siswa sudah membaca solmisasi dengan benar dan menyanyikannya sesuai dengan interval nada.

(Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     IPS: Perubahan masyarakat dengan ditemukannya bola lampu

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Informasi

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya bola lampu

berdasarkan hasil

mencari informasi

dengan lengkap.

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya 

bola lampu 

berdasarkan hasil

mencari informasi

dengan kurang

lengkap.

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya  bola

lampu berdasarkan

mencari informasi

dengan cukup 

lengkap.

Belum mampu

menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya  bola lampu

berdasarkan 

mencari informasi

dengan lengkap.

Komunikasi

lisan tentang 

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia

Mengomunikasi-

kan secara lisan  

hasil wawancara 

tentang perubahan

sosial budaya di

lingkungan sekitar

dengan adanya 

bola lampu dengan

sistematis.

Mengomunikasi-

kan secara lisan  

hasil wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya  bola

lampu dengan

cukup sistematis.

Mengomunikasi-

kan secara lisan  

hasil wawancara 

tentang perubahan

sosial budaya di

lingkungan sekitar

dengan adanya 

bola lampu 

dengan kurang

sistematis.

Belum mampu

mengomunikasi-

kan secara lisan  

hasil wawancara 

tentang perubahan

sosial budaya di

lingkungan sekitar

dengan adanya 

bola lampu  dengan

sistematis.

Sikap

kerja sama

Menunjukkan sikap

kerja sama  secara

konsisten.

Menunjukkan

sikap kerja sama 

dengan cukup 

konsisten.

Menunjukkan sikap

kerja sama namun

kurang.

Perlu dimotivasi

untuk dapat

bekerja sama.

Santun

dan saling

menghargai

Menunjukkan sikap

santun dan  saling

menghargai saat

wawancara secara

konsisten.

Menunjukkan

sikap santun

dan  saling

menghargai

saat wawancara

dengan cukup

konsisten.

Menunjukkan sikap

santun dan  saling

menghargai saat

namun kurang

konsisten.

Belum mampu

menunjukkan sikap

santun dan  saling

menghargai saat

wawancara.

 

2.     SBDp: Menyanyi dengan interval yang tepat

Kriteria

Ya

Tidak

Menyanyikan dengan solmisasi yang benar

 

 

Menyanyikan dengan interval nada yang sesuai

 

 

Menyanyikan dengan percaya diri

 

 

 

3.     Catatan singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

 

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Bagi siswa yang belum berhasil mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat setelah ditemukan bola lampu, akan membuat lagi dengan pendampingan guru.

2.     Pengayaan

·         Siswa memperkuat kembali tentang interval nada.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Jangka, kertas bekas, penggaris

 

 

E.    MATERI

  1. Perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat setelah ditemukan bola lampu.
  2. Teks lagu ” Mariam Tamong”.
  3. Interval bada pada lagu ” Mariam Tamong’.
  4. Teks yang berjudul “Terang yang membawa Kemudahan”

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

Comments