RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1.
Setelah mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial
budaya dalam kehidupan masyarakat setelah ditemukan bola lampu dengan benar.
2.
Setelah mencari informasi, siswa mampu melaporkan perubahan sosial budaya
masyarakat setelah ditemukan bola lampu dalam bentuk tabel dengan sistematis.
3.
Setelah mengamati teks lagu ‘Mariam Tomong”, siswa mampu mengidentifikasi
interval nada lagu Mariam Tomong dengan benar.
4.
Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan solmisasi lagu Mariam Tomong
sesuai dengan interval nada dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran ·
Di awal pembelajaran
guru membawa bola lampu di depan kelas. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan
kepada siswa. Siswa menjawab secara bergantian. ·
Guru menyampaikan
bahwa banyak perubahan yang terjadi setelah ditemukan bola lampu. Malam hari
tidak lagi gelap. Pada malam hari, manusia dapat melakukan berbagai kegiatan. Ayo Berdiskusi ·
Siswa menuliskan
manfaat lampu dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menuliskan hasil temuannya
di buku siswa. ·
Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Siswa mendiskusikan
kehidupan masyarakat sebelum dan setelah ditemukan bola lampu. Siswa
menuliskan hasil diskusinya pada tabel yang ada di buku siswa. (Critical Thinking nad Problem Solving) ·
Guru meminta beberapa
kelompok untuk menyampaikan pendapatnya. Untuk menguatkan dan menambah
informasisiswa membaca teks yang berjudul “Terang yang membawa Kemudahan” di
buku siswa. ·
Siswa membaca teks
tersebut di dalam hari. Berdasarkan teks tersebut, siswa menjawab pertanyaan
dan mengisi tabel yang ada di buku siswa. Siswa juga dapat melengkapi
informasinya dengan melakukan wawancara atau mencari informasi dari berbagai
sumber. ·
Siswa mendiskusikan
jawaban yang telah ditemukan pada tabel yang ada di buku siswa. Siswa
mempresentasikan hasil temuannya kepada teman dalam kelompoknya. Guru
berkeliling untuk melihat siswa dalam menyampaikan hasil pekerjaannya. ·
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa lain yang ingin memberikan pendapat atau pertanyaan
kepada temannya. (Communication) ·
Siswa menuliskan
perubahan masyarakat dari ditemukan alat-alat berikut.\ ·
Guru memberikan
penguatan. Dengan ditemukan teknologi baru banyak membawa perkembangan bagi
kehidupan masyakat. Perkembangan tersebut membawa ke arah modernisasi. Ayo Berkreasi ·
Siswa menyanyikan
solmisasi lagu” Mariam Tomong” dengan interval nada yang tepat. ·
Awalnya guru
mencontohkan terlebih dahulu cara menyanyikan solmisasi lagu tersebut. Guru
dapat menggunakan iringan tepuk tangan atau ketukan. Siswa ikut menyanyikan
solmisasi lagu tersebut dengan contoh yang diberikan. ·
Siswa dibagi ke dalam
kelompok. Guru memastikan bahwa dalam kelompok kemampuan siswa beragam. ·
Dalam kelompoknya siswa sama-sama berlatih
untuk menyanyikan solmisasi lagu tersebut. Guru berkeliling bahwa siswa sudah
membaca solmisasi dengan benar dan menyanyikannya sesuai dengan interval
nada. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1.
IPS: Perubahan masyarakat dengan ditemukannya bola lampu
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Informasi perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya bola lampu berdasarkan hasil mencari informasi dengan lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya bola lampu
berdasarkan hasil mencari informasi dengan kurang lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya
bola lampu berdasarkan mencari informasi dengan cukup
lengkap. |
Belum mampu menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya
bola lampu berdasarkan
mencari informasi dengan lengkap. |
Komunikasi lisan tentang
perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu dengan sistematis. |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu dengan cukup sistematis. |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu
dengan kurang sistematis. |
Belum mampu mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu
dengan sistematis. |
Sikap kerja sama |
Menunjukkan sikap kerja sama
secara konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama dengan cukup
konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama namun kurang. |
Perlu dimotivasi untuk dapat bekerja sama. |
Santun dan saling menghargai |
Menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat wawancara secara konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat wawancara dengan cukup konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat namun kurang konsisten. |
Belum mampu menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat wawancara. |
2. SBDp: Menyanyi dengan interval yang tepat
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Menyanyikan dengan solmisasi yang
benar |
|
|
Menyanyikan dengan interval nada yang
sesuai |
|
|
Menyanyikan dengan
percaya diri |
|
|
3.
Catatan singkat untuk
mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)(Contoh terlampir di bagian
lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Bagi siswa yang belum berhasil mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan
masyarakat setelah ditemukan bola lampu, akan membuat lagi dengan
pendampingan guru.
2. Pengayaan
·
Siswa memperkuat kembali tentang interval nada.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Jangka, kertas bekas, penggaris
E. MATERI
- Perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat setelah ditemukan
bola lampu.
- Teks lagu ” Mariam Tamong”.
- Interval bada pada lagu ” Mariam Tamong’.
- Teks yang berjudul “Terang yang membawa Kemudahan”
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments