RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Penemu yang Mengubah  Dunia (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  PPkN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca  tentang penemu yang mengubah duniadengan sistematis.

2.     Setelah membaca teks, siswa mampu mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca  tentang penemu yang mengubah dunia dengan peta pikiran dengan sistematis.

3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat hak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya bertanggung jawab atas hak yang didapat secara rinci.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa membaca teks tentang “Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar” yang ada di buku siswa. Siswa membaca secara berantai.

·         Siswa mengidentifikasi isi teks tersebut dan menuliskan di buku siswa.

 

 

·         Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya kepada teman sebelahnya.

·         Di akhir kegiatan, guru dan siswa mendiskusikan tentang hasil pekerjaan siswa. Guru memberikan penguatan.

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Awalnya setiap individu membaca teks tentang “Lampu Belajar Hadiah dari Ayah” yang ada di buku siswa.

·         Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut.

(Critical Thinming nad Problem Formulation)

·         Siswa menuliskan jawabannya pada sehelai kertas. Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan jawabannya kepada kelompok lain.

·         Guru memberikan penguatan bahwa kita mempunyai hak untuk menggunakan barang-barang pemberian orang tua. Tetapi juga harus bertanggung jawab dalam menggunakan barang-barang tersebut.

·         Siswa secara individu akan menuliskan benda-benda yang digunakan. Siswa menjelaskan bagaimana menggunakan dan merawatnya. Siswa akan menilai apakah mereka sudah menggunakan haknya dengan tanggung jawab. Siswa mengisi tabel yang ada di buku siswa. (Mandiri)

·         Siswa menuliskan kesimpulan.

 

·         Guru meminta beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya. Guru memberikan penguatan bahwa orang tua kita telah memberikan hak kepada kita untuk menggunakan barang-barang seperti sepatu, sepeda, dan lain-lain. Kita harus bertanggung jawab ketika menggunakan barang-barang tersebut. Menggunakan dengan hati-hati, menyimpan ketika sudah digunakan, dan merawatnya adalah contoh bentuk tanggung jawab. Ketika kita bertanggung jawab, maka barang-barang tersebut dapat kita manfaatkan dalam waktu yang lama.

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

Deret

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Penyajian tulisan

Tulisan  rapi

dan sistematis

Tulisan  cukup

rapi dan

sistematis

Tulisan  kurang 

rapi dan kurang 

sistematis

Belum mampu

menyajikan tulisan

dengan rapi dan

sistematis

Sikap Kemandirian

Tugas

diselesaikan

dengan

mandiri

Sebagian

besar tugas 

diselesaikan

dengan mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru

Belum dapat 

menyelesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan

 

2.     PPKn: Tanggung jawab menggunakan barang

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Kesimpulan

 

 

Siswa mampu

menyimpulkan

apakah mereka

sudah menggunakan

barang-barangmu

dengan bertanggung

jawab sesuai dengan

fakta, terperinci, dan

mudah dipahami.

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 1 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Belum mampu

memenuhi kriteria

yang diharapkan.

Manfaat

Siswa mampu

menjelaskan 3

manfaat ketika

menggunakan

barang-barang

dengan tanggung

jawab.

Siswa mampu

menjelaskan 2

manfaat ketika

menggunakan

barang-barang

dengan tanggung

jawab.

Siswa mampu

menjelaskan 1

manfaat ketika

menggunakan

barang-barang

dengan tanggung

jawab.

Belum mampu

menjelaskan

manfaat.

Melaksanakan

hak dengan

tanggung

jawab

Siswa mampu

menjelaskan

apakah mereka

sudah bertanggung

jawab atas yang

didapatkan dengan

benar, terperinci, dan

mudah dipahami.

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 1 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Belum mampu

memenuhi kriteria

yang diharapkan.

 

3.         Diskusi saat membahas tentang cerita “Lampu Belajar Hadiah dari Ayah”

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

4.     Catatan singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Bagi siswa yang belum berhasil membuat model rangkaian seri, akan membuat lagi dengan pendampingan guru.

2.     Pengayaan

·         Siswa memperkuat kembali pemahaman konsep dari rangkaian seri.

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     kertas bekas

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ”  Thomas Alva Edison, Sang Penemu Lampu pijar”.
  2.  Contoh manfaat hak dalam kehidupan sehari-hari.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

Comments