RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan
informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah duniadengan
sistematis.
2.
Setelah membaca teks, siswa mampu mempresentasikan informasi penting dari
teks eksplanasi yang dibaca tentang
penemu yang mengubah dunia dengan peta pikiran dengan sistematis.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat hak dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya bertanggung jawab
atas hak yang didapat secara rinci.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi) 2.
Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi
yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik
(Apersepsi) 3.
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa membaca teks
tentang “Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar” yang ada di buku
siswa. Siswa membaca secara berantai. ·
Siswa mengidentifikasi
isi teks tersebut dan menuliskan di buku siswa. ·
Siswa mempresentasikan
hasil pekerjaannya kepada teman sebelahnya. ·
Di akhir kegiatan,
guru dan siswa mendiskusikan tentang hasil pekerjaan siswa. Guru memberikan
penguatan. Ayo Berdiskusi ·
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Awalnya setiap
individu membaca teks tentang “Lampu Belajar Hadiah dari Ayah” yang ada di buku
siswa. ·
Siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan berikut. (Critical Thinming nad Problem Formulation) ·
Siswa menuliskan
jawabannya pada sehelai kertas. Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan
jawabannya kepada kelompok lain. ·
Guru memberikan penguatan
bahwa kita mempunyai hak untuk menggunakan barang-barang pemberian orang tua.
Tetapi juga harus bertanggung jawab dalam menggunakan barang-barang tersebut. ·
Siswa secara individu
akan menuliskan benda-benda yang digunakan. Siswa menjelaskan bagaimana menggunakan
dan merawatnya. Siswa akan menilai apakah mereka sudah menggunakan haknya
dengan tanggung jawab. Siswa mengisi tabel yang ada di buku siswa. (Mandiri) ·
Siswa menuliskan
kesimpulan. ·
Guru meminta beberapa
siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya. Guru memberikan penguatan
bahwa orang tua kita telah memberikan hak kepada kita untuk menggunakan
barang-barang seperti sepatu, sepeda, dan lain-lain. Kita harus bertanggung
jawab ketika menggunakan barang-barang tersebut. Menggunakan dengan hati-hati,
menyimpan ketika sudah digunakan, dan merawatnya adalah contoh bentuk
tanggung jawab. Ketika kita bertanggung jawab, maka barang-barang tersebut
dapat kita manfaatkan dalam waktu yang lama. |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian
sebagai berikut.
1.
Bahasa
Indonesia
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup
tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang
tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Deret Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup
berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan
kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup
tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
Penyajian tulisan |
Tulisan
rapi dan sistematis |
Tulisan
cukup rapi dan sistematis |
Tulisan
kurang rapi dan kurang
sistematis |
Belum mampu menyajikan tulisan dengan rapi dan sistematis |
|
Sikap Kemandirian |
Tugas diselesaikan dengan mandiri |
Sebagian besar tugas
diselesaikan dengan mandiri |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru |
Belum dapat
menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan |
2.
PPKn: Tanggung jawab menggunakan barang
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Kesimpulan |
Siswa mampu menyimpulkan apakah mereka sudah menggunakan barang-barangmu dengan bertanggung jawab sesuai dengan fakta, terperinci, dan mudah dipahami. |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Belum mampu memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Manfaat |
Siswa mampu menjelaskan 3 manfaat ketika menggunakan barang-barang dengan tanggung jawab. |
Siswa mampu menjelaskan 2 manfaat ketika menggunakan barang-barang dengan tanggung jawab. |
Siswa mampu menjelaskan 1 manfaat ketika menggunakan barang-barang dengan tanggung jawab. |
Belum mampu menjelaskan manfaat. |
Melaksanakan hak dengan tanggung jawab |
Siswa mampu menjelaskan apakah mereka sudah bertanggung jawab atas yang didapatkan dengan benar, terperinci, dan mudah dipahami. |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Belum mampu memenuhi kriteria yang diharapkan. |
3.
Diskusi
saat membahas tentang cerita “Lampu Belajar Hadiah dari Ayah”
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa
tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
4.
Catatan
singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
(Contoh
terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Bagi siswa yang belum berhasil membuat model rangkaian seri, akan membuat
lagi dengan pendampingan guru.
2. Pengayaan
·
Siswa memperkuat kembali pemahaman konsep dari rangkaian seri.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas HVS dan alat tulis
5. kertas bekas
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul
” Thomas Alva Edison, Sang Penemu
Lampu pijar”.
- Contoh manfaat hak dalam kehidupan
sehari-hari.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments