RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA

Pembelajaran ke        :  3

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.

2.     Setelah membaca, siswa mampu menyajikan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk visual dengan sistematis.

3.     Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik dengan tepat.

4.     Setelah pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik dengan sistematis.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang proses penyaluran energi listrik dari teks berjudul “Menyalurkan Energi Listrik”.

·         Siswa juga akan memperkuat pemahaman tentang sistem transmisi dan sistem distribusi tersebut.

·         Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan bacaan terkait materi. (Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa menuliskan jawaban pada diagram yang tersedia, sesuai dengan urutan paragraf pada teks eksplanasi ilmiah. Pastikan siswa memahami bagian-bagian yang ditulis dalam diagram.

 

Ayo Menulis

·         Siswa berkreasi melanjutkan tulisan tentang proses penyaluran energi listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik mikrohidro.

·         Isi tulisan adalah tentang proses menyalurkan energi listrik dari pembangkit mikrohidro hingga sampai ke rumah-rumah warga di lingkungan tempat tinggal mereka .

·         Siswa diingatkan untuk selalu menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisan mereka.

(Creativity and Innovation)

 

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Tulisan siswa menyajikan informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang proses menyalurkan energi listrik dari pembangkit listrik mikrohidro, diperiksa menggunakan rubrik pada halaman 10.

2.     IPA

Tulisan siswa berdasarkan hasil pengamatan tentang proses menyalurkan energi listrik dari pembangkit listrik mikrohidro, diperiksa menggunakan rubrik:

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Cara

menyalurkan,

energi listrik

 

Menjelaskan

proses

menyalurkan,

energi listrik

dengan jelas

dan tepat.

Menjelaskan

proses

menyalurkan,

energi listrik

dengan cukup

jelas dan tepat.

Menjelaskan

proses

menyalurkan,

energi listrik

dengan kurang

jelas dan

kurang tepat.

Belum mampu

menjelaskan

proses

menyalurkan,

energi listrik

dengan jelas

dan tepat.

Penyajian

karya tentang

berbagai cara

usulan sumber

alternatif energi

listrik

Tulisan

tentang proses

menyalurkan

energi listrik

menggunakan

sumber energi

alternatif, jelas

dan sistematis..

Tulisan

tentang proses

menyalurkan

energi listrik

menggunakan

sumber energi

alternatif,

cukup jelas dan

sistematis.

Tulisan

tentang proses

menyalurkan

energi listrik

menggunakan

sumber energi

alternatif,

kurang jelas

dan kurang

sistematis.

Belum mampu

menulis

tentang proses

menyalurkan

energi listrik

menggunakan

sumber energi

alternatif,

dengan jelas

dan sistematis.

Sikap:

Kemandirian

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan

mandiri..

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan cukup

mandiri.

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan

bimbingan.

Belum mampu

membuat

tulisan dan

gambar

meski dengan

bimbingan.

3.     Penilaian Sikap

Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap, contoh terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum memahami konsep dasar dari proses menyalurkan energi listrik, akan mengulang materi tersebut dengan bimbingan guru.

2.     Pengayaan

Siswa dapat melakukan studi pustaka, menambah informasi mereka tentang

proses menyalurkan energi listrik melalui bacaan dan artikel yang tersedia di

sekolah.

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Gambar sistem transmisi untuk pelajaran IPA

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ” “Menyalurkan Energi Listrik”.
  2. Cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik.
  3. Penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

Comments