RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub Tema
: Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi
penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.
2. Setelah membaca, siswa mampu menyajikan informasi
penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk visual dengan sistematis.
3. Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi cara
menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik dengan tepat.
4. Setelah pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil
pengamatan tentang cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik
dengan sistematis.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa membaca senyap
teks eksplanasi ilmiah tentang proses penyaluran energi listrik dari teks
berjudul “Menyalurkan Energi Listrik”. ·
Siswa juga akan
memperkuat pemahaman tentang sistem transmisi dan sistem distribusi tersebut. ·
Siswa berdiskusi
menjawab pertanyaan bacaan terkait materi. (Critical Thinking and Problem
Formulation) ·
Siswa menuliskan
jawaban pada diagram yang tersedia, sesuai dengan urutan paragraf pada teks
eksplanasi ilmiah. Pastikan siswa memahami bagian-bagian yang ditulis dalam
diagram. Ayo Menulis ·
Siswa berkreasi
melanjutkan tulisan tentang proses penyaluran energi listrik yang dihasilkan dari
pembangkit listrik mikrohidro. ·
Isi tulisan adalah
tentang proses menyalurkan energi listrik dari pembangkit mikrohidro hingga
sampai ke rumah-rumah warga di lingkungan tempat tinggal mereka . ·
Siswa diingatkan untuk
selalu menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisan mereka. (Creativity and
Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Bahasa Indonesia
Tulisan siswa menyajikan informasi penting dari teks tulis
eksplanasi ilmiah tentang proses menyalurkan energi listrik dari pembangkit
listrik mikrohidro, diperiksa menggunakan rubrik pada halaman 10.
2.
IPA
Tulisan siswa berdasarkan hasil pengamatan tentang proses
menyalurkan energi listrik dari pembangkit listrik mikrohidro, diperiksa
menggunakan rubrik:
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Cara menyalurkan, energi listrik |
Menjelaskan proses menyalurkan, energi listrik dengan jelas dan tepat. |
Menjelaskan proses menyalurkan, energi listrik dengan cukup jelas dan tepat. |
Menjelaskan proses menyalurkan, energi listrik dengan kurang jelas dan kurang tepat. |
Belum mampu menjelaskan proses menyalurkan, energi listrik dengan jelas dan tepat. |
Penyajian karya tentang berbagai cara usulan sumber alternatif energi listrik |
Tulisan tentang proses menyalurkan energi listrik menggunakan sumber energi alternatif, jelas dan sistematis.. |
Tulisan tentang proses menyalurkan energi listrik menggunakan sumber energi alternatif, cukup jelas dan sistematis. |
Tulisan tentang proses menyalurkan energi listrik menggunakan sumber energi alternatif, kurang jelas dan kurang sistematis. |
Belum mampu menulis tentang proses menyalurkan energi listrik menggunakan sumber energi alternatif, dengan jelas dan sistematis. |
Sikap: Kemandirian |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan mandiri.. |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan cukup mandiri. |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan bimbingan. |
Belum mampu membuat tulisan dan gambar meski dengan bimbingan. |
3.
Penilaian Sikap
Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap, contoh
terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
2. Pengayaan
Siswa dapat melakukan studi
pustaka, menambah informasi mereka tentang
proses menyalurkan energi
listrik melalui bacaan dan artikel yang tersedia di
sekolah.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 4 Kelas
6 dan
Buku Siswa Tema 4
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Gambar sistem transmisi untuk pelajaran IPA
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul ” “Menyalurkan Energi Listrik”.
- Cara
menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik.
- Penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments