RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Ayo,
Menjadi Penemu (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
: 6
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Dengan membaca dan membuat gambar berseri, siswa
mampu mengidentifikasi ciri-ciri
kosakata baku dan kalimat efektif pada
teks eksplanasi ilmiah tentang
“Rangkaian Listrik di Kelasku” dengan
benar.
2. Setelah membaca dan membuat gambar berseri, siswa
mampu menulis informasi penting tentang
rangkaian seri/paralel/campuran yang dibaca dari teks eksplanasi ilmiah
“Rangkaian Listrik di Kelasku” dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku dengan
sistematis.
3. Dengan menuliskan pengalaman diri, siswa mampu
menyebutkan contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan
kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4. Dengan
menuliskan pengalaman diri, siswa
mampu memberikan pendapat atas
pelaksanaan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban dengan tepat.
5. Setelah menuliskan pengalaman diri, siswa mampu
menceritakan pengalaman bertanggung
jawab atas hak dan kewajiban dengan sistematis.
6. Dengan membuat poster, siswa mampu mengampanyekan
tanggung jawab atas hak dan kewajiban dengan percaya diri.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Berlatih ·
Siswa kembali
mencermati teks biografi BJ Habibie. ·
Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan teks tersebut. ·
Siswa menemukan nilai hidup
hidup disiplin, kerja keras,
dan bertanggung jawab dengan
prestasi yang dicapai dalam hidup manusia, dan menemukan hubungannya, kemudian menjelaskan dengan singkat melalui tulisan. ·
Siswa menuliskan
pengalaman diri melaksanakan sikap bertanggung jawab terhadap hak dan
kewajiban. (Creativity and Innovation) Ayo Mencoba ·
Siswa membuat poster
dan gambar berseri dengan memperhatikan kriteria yang diberikan. ·
Siswa dapat
mempresentasikan poster dan gambar berseri mereka di sekolah. ·
Siswa mengerjakan
soal-soal evaluasi. (Critical Thinking nad Problem Solving) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan
tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. IPA dan Bahasa Indonesia
Gambar berseri rangkaian seri/paralel menggunakan kosakata
baku dan
kalimat efektif,
dinilai menggunakan rubrik.
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Komponen komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik seri dan paralel |
Menuliskan fungsi setiap komponen dalam rangkaian dengan benar. |
Menuliskan fungsi sebagian besar
komponen dalam rangkaian dengan benar |
Menuliskan fungsi sebagian kecil
komponen dalam rangkaian dengan benar |
Belum mampu menuliskan fungsi setiap komponen dalam rangkaian dengan benar |
Rangkaian listrik sederhana seri dan paralel |
Menuliskan proses arus listrik dalam rangkaian dengan tepat. |
Menuliskan proses arus listrik dalam rangkaian cukup tepat. |
Menuliskan proses arus listrik dalam rangkaian dengan kurang tepat. |
Belum mampu menuliskan proses arus listrik dalam rangkaian dengan tepat. |
Kalimat efektif dan kosakata baku |
Menuliskan semua kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian besar kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian kecil kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Belum mampu menuliskan
kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
2. PPKn integrasi dengan
Bahasa Indonesia.
Poster siswa tentang
hak dan tanggung jawab, serta kosakata baku dan kalimat efektif dinilai
menggunakan rubrik.
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. |
Memberikan 10 contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Memberikan
5-9 contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Memberikan
1-4 contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Belum mampu memberikan
contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Pelaksanaan tanggung jawab atas hak dan kewajiban sebagai warga negara. |
Melaksanakan tugas dengan tertib, disiplin, dan bertanggung jawab. |
Melaksanakan tugas dengan cukup tertib, disiplin, dan bertanggung jawab. |
Melaksanakan tugas dengan kurang tertib, disiplin, dan bertanggung jawab. |
Belum mampu melaksanakan tugas dengan tertib, disiplin, dan bertanggung jawab. |
Kalimat efektif dan kosakata baku |
Menuliskan semua kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian besar kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian kecil kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Belum mampu menuliskan
kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Bagi siswa yang belum dapat membuat poster dan
gambar berseri sesuai dengan kriteria yang ditentukan, akan mendapatkan
pendampingan guru.
2. Pengayaan
·
Siswa dapat melaukan diskusi bersama teman tentang
sikap diri mereka selama ini.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 1
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 1
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. Kertas hvs, karton putih/kalender bekas, alat tulis untuk
membuat poster dan gambar
berseri.
E. MATERI
- Teks eksplanasi ilmiah tentang “Rangkaian Listrik di Kelasku”.
- Ciri- ciri kosakata baku dan kalimat efektif.
- Tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajian masyarakat.
- Langkah- langkah membuat poster.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments