RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  PPkN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  6

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan membaca dan membuat gambar berseri, siswa mampu  mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku dan kalimat efektif  pada teks eksplanasi ilmiah  tentang “Rangkaian Listrik di Kelasku”  dengan benar.

2.     Setelah membaca dan membuat gambar berseri, siswa mampu  menulis informasi penting tentang rangkaian seri/paralel/campuran yang dibaca dari teks eksplanasi ilmiah “Rangkaian Listrik di Kelasku” dengan menggunakan  kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis.

3.     Dengan menuliskan pengalaman diri, siswa mampu menyebutkan contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

4.      Dengan menuliskan pengalaman diri,  siswa mampu  memberikan pendapat atas pelaksanaan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban dengan tepat.

5.     Setelah menuliskan pengalaman diri, siswa mampu menceritakan pengalaman  bertanggung jawab atas hak dan kewajiban dengan sistematis.

6.     Dengan membuat poster, siswa mampu mengampanyekan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dengan percaya diri.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berlatih

·         Siswa kembali mencermati teks biografi BJ Habibie.

·         Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks tersebut.

·         Siswa menemukan  nilai hidup  hidup disiplin, kerja keras,  dan bertanggung jawab  dengan prestasi yang dicapai dalam hidup manusia, dan menemukan hubungannya,  kemudian menjelaskan  dengan singkat melalui tulisan.

·         Siswa menuliskan pengalaman diri melaksanakan sikap bertanggung jawab terhadap hak dan kewajiban.

(Creativity and Innovation)

 

Ayo Mencoba

·         Siswa membuat poster dan gambar berseri dengan memperhatikan kriteria yang diberikan.

·         Siswa dapat mempresentasikan poster dan gambar berseri mereka di sekolah.

·         Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi. (Critical Thinking nad Problem Solving)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     IPA dan Bahasa Indonesia

Gambar berseri rangkaian seri/paralel menggunakan kosakata baku dan

kalimat efektif,  dinilai menggunakan rubrik.

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Komponen­

komponen listrik

dan fungsinya

dalam rangkaian

listrik seri dan 

paralel

Menuliskan fungsi

setiap komponen

dalam rangkaian

dengan benar.

Menuliskan

fungsi sebagian

besar  komponen

dalam rangkaian

dengan benar

Menuliskan fungsi

sebagian kecil 

komponen dalam

rangkaian dengan

benar

Belum mampu

menuliskan fungsi

setiap komponen

dalam rangkaian

dengan benar

Rangkaian listrik

sederhana seri

dan paralel

Menuliskan proses

arus listrik dalam

rangkaian dengan

tepat.

Menuliskan

proses arus listrik

dalam rangkaian

cukup tepat.

Menuliskan proses

arus listrik dalam

rangkaian dengan

kurang tepat.

Belum mampu

menuliskan proses

arus listrik dalam

rangkaian dengan

tepat.

Kalimat efektif

dan kosakata

baku

Menuliskan

semua kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat efektif

dengan benar.

Menuliskan

sebagian

besar kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

kecil kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat efektif

dengan benar.

Belum mampu

menuliskan 

kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat efektif

dengan benar.

 

2.     PPKn  integrasi dengan Bahasa Indonesia.

Poster  siswa tentang hak dan tanggung jawab, serta kosakata baku dan kalimat efektif dinilai menggunakan rubrik.

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Hak, kewajiban,

dan tanggung

jawab sebagai

warga negara

dalam

kehidupan

sehari-hari.

Memberikan

10 contoh hak,

kewajiban, dan

tanggung jawab

sebagai warga,

sekolah dan

keluarga.

Memberikan 

5-9 contoh hak,

kewajiban, dan

tanggung jawab

sebagai warga,

sekolah dan

keluarga.

Memberikan 

1-4 contoh hak,

kewajiban, dan

tanggung jawab

sebagai warga,

sekolah dan

keluarga.

Belum mampu

memberikan  contoh

hak, kewajiban,

dan tanggung

jawab sebagai

warga, sekolah dan

keluarga.

Pelaksanaan

tanggung

jawab atas hak

dan kewajiban

sebagai warga

negara.

Melaksanakan

tugas dengan

tertib, disiplin,

dan bertanggung

jawab.

Melaksanakan

tugas dengan

cukup tertib,

disiplin, dan

bertanggung

jawab.

Melaksanakan

tugas dengan

kurang tertib,

disiplin, dan

bertanggung

jawab.

Belum mampu

melaksanakan

tugas dengan

tertib, disiplin, dan

bertanggung jawab.

Kalimat efektif

dan kosakata

baku

Menuliskan

semua kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

besar kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat efektif

dengan benar.

Menuliskan

sebagian

kecil kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat efektif

dengan benar.

Belum mampu

menuliskan  kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat efektif

dengan benar.

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Bagi siswa yang belum dapat membuat poster dan gambar berseri sesuai dengan kriteria yang ditentukan, akan mendapatkan pendampingan guru.

 

2.     Pengayaan

·         Siswa dapat melaukan diskusi bersama teman tentang sikap diri mereka selama ini.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     Kertas hvs, karton putih/kalender bekas, alat tulis untuk membuat poster dan gambar

berseri.

 

E.    MATERI

  1. Teks eksplanasi ilmiah  tentang “Rangkaian Listrik di Kelasku”.
  2. Ciri- ciri kosakata baku dan kalimat efektif.
  3. Tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajian masyarakat.
  4. Langkah- langkah membuat poster.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments