RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SD/MI

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  PPkN, SBdP

Pembelajaran ke        :  3

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca informasi tentang tumbuhan dan habitatnya, siswa mampu menyebutkan cara tumbuhan beradaptasi dengan tepat.

2.     Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu membuat laporan tentang cara tumbuhan beradaptasi dan melindungi diri di lingkungannya dengan benar.

3.     Setelah membaca teks tentang tokoh Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/menulis 15-20  menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat, cerita inspirasi atau motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

·         Apa yang tergambar pada sampul buku.

·         Apa judul buku

·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa

·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

 

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Mengamati

·         Guru menunjukkan tanaman yang dibawanya (kangkung atau tanaman lainnya). Guru dapat meminta siswa untuk menulis pertanyaan terkait tumbuhan/sayuran yang mereka lihat terkait habitatnya.

·         Setiap siswa mendiskusikan pertanyaan yang ditulisnya dalam kelompok.

·         Guru menginformasikan kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang ciri-ciri tumbuhan dan bagaimana mereka beradaptasi.

·         Siswa memulai kegiatan dengan melakukan pengamatan gambar yang ada pada buku pelajaran dan membaca teksnya. Siswa melakukan diskusi setelahnya. Guru kembali berkeliling untuk memberikan motivasi.

·         Siswa dapat menambah pengetahuan mereka dengan meminta mereka untuk membaca buku di perpustakaan atau teks yang telah disiapkan tentang cara tumbuhan beradaptasi di lingkungannya (apabila tersedia).  Apabila tidak memiliki sumber tersebut, guru dapat mendatangkan narasumber dari orang tua.

·         Setelah mengamati tumbuhan di lingkungan sekolah, siswa mengisi diagram pada buku dan mendiskusikannya dalam kelompok. Guru memberikan dukungan dengan berkeliling dan mengajukan pertanyaan bantuan.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Membaca

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks dan mengisi diagram. (Mandiri)

·         Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan diagramnya di depan kelas dan memberikan masukan. Siswa lain diberi kesempatan untuk berkomentar.

·         Setiap siswa kemudian mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas. (Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Ayo Renungkan

·         Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.

·         Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.

B.    Kerja Sama dengan Orang Tua      

·         Siswa diminta menceritakan semangat persatuan di rumah, kemudian mencatat dan menyampaikan hasilnya kepada guru.

C.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi

D.    Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)

 

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

  1. IPA

Laporan IPA dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

Laporan memuat nama tumbuhan

 

 

Laporan memuat habitat tumbuhan

 

 

Laporan memuat cara tumbuhan beradaptasi

 

 

Laporan memuat cara tumbuhan melindungi diri

 

 

 

  1. Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

Menyebutkan informasi penting dengan unsur APA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur SIAPA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur DI MANA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur KAPAN secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur MENGAPA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur BAGAIMANA secara tepat

 

 

 

 

4.     Catatan pengamatan sikap (Peduli)

(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan informasipenting dapat melatihnya dengan guru.

·         Guru memilihkan paragraf yang sederhana, kemudian bersama menemukan informasi penting.

2.     Pengayaan

Siswa dapat memilih membuat buku mini yang berisikan tanaman dan habitatnya. Buku mini dapat disimpan di pojok kelas untuk dijadikan bahan bacaan teman.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     5–6 patok dengan panjang 50 cm

6.     Pita dengan panjang 25 cm (5–6 buah) untuk olahraga

7.     Kangkung, lidah buaya, atau tanaman lainnya

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  tentang tumbuhan.
  2. Ciri- ciri tumbuhan dan cara tumbuhan beradaptasi di lingkungannya.
  3. Penggunaan apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments