RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke :
3
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah membaca informasi tentang tumbuhan dan habitatnya, siswa mampu
menyebutkan cara tumbuhan beradaptasi dengan tepat.
2.
Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu membuat laporan tentang cara
tumbuhan beradaptasi dan melindungi diri di lingkungannya dengan benar.
3.
Setelah membaca teks tentang tokoh Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu
menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran
melalui tulisan dengan detail.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
·
Apa yang tergambar pada sampul buku. ·
Apa judul buku ·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa ·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo Mengamati ·
Guru menunjukkan
tanaman yang dibawanya (kangkung atau tanaman lainnya). Guru dapat meminta
siswa untuk menulis pertanyaan terkait tumbuhan/sayuran yang mereka lihat
terkait habitatnya. ·
Setiap siswa
mendiskusikan pertanyaan yang ditulisnya dalam kelompok. ·
Guru menginformasikan
kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang ciri-ciri tumbuhan dan
bagaimana mereka beradaptasi. ·
Siswa memulai kegiatan
dengan melakukan pengamatan gambar yang ada pada buku pelajaran dan membaca
teksnya. Siswa melakukan diskusi setelahnya. Guru kembali berkeliling untuk
memberikan motivasi. ·
Siswa dapat menambah
pengetahuan mereka dengan meminta mereka untuk membaca buku di perpustakaan
atau teks yang telah disiapkan tentang cara tumbuhan beradaptasi di
lingkungannya (apabila tersedia).
Apabila tidak memiliki sumber tersebut, guru dapat mendatangkan
narasumber dari orang tua. ·
Setelah mengamati
tumbuhan di lingkungan sekolah, siswa mengisi diagram pada buku dan
mendiskusikannya dalam kelompok. Guru memberikan dukungan dengan berkeliling
dan mengajukan pertanyaan bantuan. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Membaca ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks dan mengisi diagram. (Mandiri) ·
Guru meminta salah
satu siswa untuk membacakan diagramnya di depan kelas dan memberikan masukan.
Siswa lain diberi kesempatan untuk berkomentar. ·
Setiap siswa kemudian
mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas. (Creativity
and Innovation) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Ayo Renungkan ·
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. ·
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku
Guru. B.
Kerja Sama dengan Orang Tua ·
Siswa diminta
menceritakan semangat persatuan di rumah, kemudian mencatat dan menyampaikan
hasilnya kepada guru. C.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme,
Persatuan, dan Toleransi D.
Salam dan doa penutup
dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)
|
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
- Diskusi
Saat
berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal
dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan
ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara
rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan
: Centang (v) pada bagian yang memenuhi
kriteria.
- IPA
Laporan IPA dinilai
dengan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
|
Tidak
Ada |
Laporan
memuat nama tumbuhan |
|
|
Laporan
memuat habitat tumbuhan |
|
|
Laporan memuat cara tumbuhan beradaptasi |
|
|
Laporan memuat cara tumbuhan melindungi diri |
|
|
- Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan
daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
|
Tidak
Ada |
Menyebutkan informasi penting dengan unsur APA secara
tepat |
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan unsur SIAPA secara
tepat |
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan unsur DI MANA
secara tepat |
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan unsur KAPAN secara
tepat |
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan unsur MENGAPA
secara tepat |
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan unsur BAGAIMANA
secara tepat |
|
|
4.
Catatan
pengamatan sikap (Peduli)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku
Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan
informasipenting dapat melatihnya dengan guru.
·
Guru memilihkan paragraf yang sederhana, kemudian
bersama menemukan informasi penting.
2. Pengayaan
Siswa dapat memilih membuat buku mini yang berisikan tanaman dan
habitatnya. Buku mini dapat disimpan di pojok kelas untuk dijadikan bahan
bacaan teman.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas
HVS
dan alat tulis
5.
5–6
patok dengan panjang 50 cm
6.
Pita
dengan panjang 25 cm (5–6 buah) untuk olahraga
7.
Kangkung,
lidah buaya, atau tanaman lainnya
E. MATERI
- Teks bacaan tentang tumbuhan.
- Ciri- ciri tumbuhan dan cara tumbuhan
beradaptasi di lingkungannya.
- Penggunaan apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments