RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS

Pembelajaran ke        :  1

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan.

2.     Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.

3.     Setelah membaca teks dan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan melalui peta pikiran.

4.     Setelah membaca teks dan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mempresentasikan contoh upaya mempertahankan kemerdekaan melalui peta pikiran.

5.     Setelah melakukan pengamatan dan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri hewan berdasarkan habitatnya.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Guru menyampaikan bahwa setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, seharusnya bangsa Indonesia telah merdeka dan terbebas dari segala bentuk penindasan serta penjajahan. Namun, kenyataannya tidak demikian. Bangsa Indonesia masih perlu berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Guru bertanya:

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Bagaimana upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan

kemerdekaan Indonesia?

Ayo, kita cari tahu!

 

Ayo Membaca

·         Siswa diminta membaca teks Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dalam hati.

·         Siswa diminta mengisi peta pikiran berdasarkan teks Pertempuran Surabaya, seperti di bawah ini.

 

·         Siswa diminta mendiskusikan peta pikiran yang telah mereka isi secara berpasangan.(Collaburation)

·         Kemudian, siswa diminta mengembangkan peta pikiran yang telah mereka buat menjadi sebuah tulisan baru menggunakan kata-kata sendiri. (Creativity and Innovation)

·         Siswa diminta membaca dan mengamati ciri-ciri kalimat efektif sebelum mereka menulis.

·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang ciri-ciri kalimat efektif berikut.

·         Setelah itu, siswa diminta membuat tulisan menggunakan kata-kata sendiri tentang Pertempuran Surabaya berdasarkan peta pikiran yang telah mereka buat menggunakan kalimat efektif. (Creativity and Innovation)

·         Siswa diminta membaca kembali teks tentang Pertempuran Surabaya.

·         Kemudian siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.

·         Siswa menuliskan makna yang dipetik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam Pertempuran Surabaya.

·         Kemudian, siswa mendiskusikan jawaban mereka secara berkelompok.

 

·         Kemudian, siswa diminta mencari informasi tentang perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan secara berkelompok.

·          Guru membagi siswa atas beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan tugas yang berbeda.

·         Guru menyampaikan kepada siswa pembagian tugas sebagai berikut.

·         Setelah membuat peta pikiran, siswa diminta menuliskan komentar mereka tentang upaya yang dilakukan oleh para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

·          Selanjutnya, siswa diberi tugas mempresentasikan peta pikiran dan kesimpulan mereka di Pembelajaran 5.

 

Ayo Mengamati

·         Siswa diminta mengamati gambar ayam, bebek, ikan, dan cecak yang terdapat dalam buku siswa.

·         Siswa diminta mendiskusikan jawaban mereka secara berpasangan

·          Siswa diminta menuliskan hasil diskusi mereka pada diagram yang terdapat dalam buku siswa, seperti berikut.

·         Siwa diminta menuliskan hasil analisis mereka tentang hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

Ayo Membaca

·         Siswa diminta membaca teks tentang bebek dalam hati.

·         Setelah itu, siswa diberi tugas mengamati tiga hewan yang mereka bawa dari rumah atau hewan yang ada di sekitar siswa. (HOST)

·         Kemudian, berdasarkan pengamatan, siswa diminta mencatat ciri-ciri khusus hewan tersebut beserta habitanya.

·         Siswa diminta menulis laporan berdasarkan pengamatan mereka pada tabel yang terdapat di buku siswa.

·         Siswa menuliskan laporan dan kesimpulan berdasarkan pengamatan.

·          Kemudian, siswa diminta mendiskusikan tabel dan kesimpulan mereka dalam kelompok.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Bahasa Indonesia

Peta pikiran dinilai dengan daftar periksa.

No

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

1

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘apa’ menggunakan kalimat efektif

pada peta pikiran.

 

 

2

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘siapa’ menggunakan kalimat efektif

pada peta pikiran.

 

 

3

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘di mana’ menggunakan kalimat

efektif pada peta pikiran.

 

 

4

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘kapan’ menggunakan kalimat

efektif pada peta pikiran

 

 

5

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘bagaimana’ menggunakan kalimat

efektif pada peta pikiran.

 

 

6

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘mengapa’ menggunakan kalimat

efektif dan peta pikiran.

 

 

 

  1. IPS

Proses pencarian informasi dinilai dengan catatan pengamatan keterampilan.

 

  1. IPA

Laporan dinilai dengan daftar periksa.

No

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

1

Siswa menuliskan laporan tentang tiga jenis

hewan.

 

 

2

Siswa menuliskan masing-masing 3 ciri-ciri

khusus dari hewan-hewan tersebut.

 

 

3

Siswa menuliskan masing-masing 3 ciri-ciri

habitat dari hewan-hewan tersebut.

 

 

 

  1. Catatan pengamatan sikap (Peduli, Santun)

Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum mampu mengidentifikasi tentang ciri-ciri hewan dan ciri-

ciri habitatnya dapat melakukan pengamatan langsung terhadap hewan-hewan yang ada di sekitar mereka. Kemudian, dengan panduan guru, siswa menuliskan ciri-ciri hewan tersebut dan ciri-ciri habitatnya.

 

2.     Pengayaan

Siswa dapat melakukan pengamatan dan menggali informasi tentang hewan unik lainnya yang ada di sekitar mereka, serta hewan yang mempunyai ciri khusus, seperti unta, kelelawar, bunglon, dan lain-lain.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Hewan yang dibawa dari rumah atau hewan yang ada di sekitar sekolah

6.     Gambar hewan dan habitatnya

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
  2. Macam- macam kalimat efektif.
  3. Penggunaan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.
  4. Ciri-ciri hewan berdasarkan habitatnya.
  5. Contoh- contoh upaya mempertahankan kemerdekaan.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

Comments