RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai
Tujuan (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke
: 1
A.
TUJUAN
1. Setelah membaca teks tentang Perjuangan
Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri
kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan.
2.
Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan peristiwa
penting tentang semangat persatuan dan kesatuan menggunakan unsur apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.
3.
Setelah membaca teks dan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa
mampu menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan melalui peta pikiran.
4.
Setelah membaca teks dan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa
mampu mempresentasikan contoh upaya mempertahankan kemerdekaan melalui peta
pikiran.
5.
Setelah melakukan pengamatan dan menggali informasi dari berbagai sumber,
siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri hewan berdasarkan habitatnya.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Guru menyampaikan bahwa setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17
Agustus 1945, seharusnya bangsa Indonesia telah merdeka dan terbebas dari
segala bentuk penindasan serta penjajahan. Namun, kenyataannya tidak
demikian. Bangsa Indonesia masih perlu berjuang mempertahankan kemerdekaan
Indonesia. Guru bertanya: Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Bagaimana upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Ayo, kita cari tahu! Ayo Membaca ·
Siswa diminta membaca
teks Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dalam hati. ·
Siswa diminta mengisi
peta pikiran berdasarkan teks Pertempuran Surabaya, seperti di bawah ini. ·
Siswa diminta
mendiskusikan peta pikiran yang telah mereka isi secara berpasangan.(Collaburation) ·
Kemudian, siswa
diminta mengembangkan peta pikiran yang telah mereka buat menjadi sebuah
tulisan baru menggunakan kata-kata sendiri. (Creativity and Innovation) ·
Siswa diminta membaca
dan mengamati ciri-ciri kalimat efektif sebelum mereka menulis. ·
Guru menjelaskan
kepada siswa tentang ciri-ciri kalimat efektif berikut. ·
Setelah itu, siswa
diminta membuat tulisan menggunakan kata-kata sendiri tentang Pertempuran
Surabaya berdasarkan peta pikiran yang telah mereka buat menggunakan kalimat
efektif. (Creativity and Innovation) ·
Siswa diminta membaca
kembali teks tentang Pertempuran Surabaya. ·
Kemudian siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. ·
Siswa menuliskan makna
yang dipetik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam Pertempuran
Surabaya. ·
Kemudian, siswa
mendiskusikan jawaban mereka secara berkelompok. ·
Kemudian, siswa
diminta mencari informasi tentang perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan
secara berkelompok. ·
Guru membagi siswa atas beberapa kelompok.
Setiap kelompok mendapatkan tugas yang berbeda. ·
Guru menyampaikan
kepada siswa pembagian tugas sebagai berikut. ·
Setelah membuat peta
pikiran, siswa diminta menuliskan komentar mereka tentang upaya yang
dilakukan oleh para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. ·
Selanjutnya, siswa diberi tugas
mempresentasikan peta pikiran dan kesimpulan mereka di Pembelajaran 5. Ayo Mengamati ·
Siswa diminta
mengamati gambar ayam, bebek, ikan, dan cecak yang terdapat dalam buku siswa. ·
Siswa diminta
mendiskusikan jawaban mereka secara berpasangan ·
Siswa diminta menuliskan hasil diskusi
mereka pada diagram yang terdapat dalam buku siswa, seperti berikut. ·
Siwa diminta
menuliskan hasil analisis mereka tentang hubungan antara ciri-ciri hewan
dengan habitatnya. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Membaca ·
Siswa diminta membaca
teks tentang bebek dalam hati. ·
Setelah itu, siswa
diberi tugas mengamati tiga hewan yang mereka bawa dari rumah atau hewan yang
ada di sekitar siswa. (HOST) ·
Kemudian, berdasarkan
pengamatan, siswa diminta mencatat ciri-ciri khusus hewan tersebut beserta
habitanya. ·
Siswa diminta menulis
laporan berdasarkan pengamatan mereka pada tabel yang terdapat di buku siswa. ·
Siswa menuliskan
laporan dan kesimpulan berdasarkan pengamatan. ·
Kemudian, siswa diminta mendiskusikan tabel
dan kesimpulan mereka dalam kelompok. (Critical Thinking and Problem Formulation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Peta
pikiran dinilai dengan daftar periksa.
No |
Indikator
Penilaian |
Ada
|
Tidak
Ada |
1 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘apa’ menggunakan kalimat efektif pada
peta pikiran. |
|
|
2 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘siapa’ menggunakan kalimat efektif pada
peta pikiran. |
|
|
3 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘di mana’ menggunakan kalimat efektif
pada peta pikiran. |
|
|
4 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘kapan’ menggunakan kalimat efektif
pada peta pikiran |
|
|
5 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘bagaimana’ menggunakan kalimat efektif
pada peta pikiran. |
|
|
6 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘mengapa’ menggunakan kalimat efektif
dan peta pikiran. |
|
|
- IPS
Proses pencarian informasi dinilai dengan catatan
pengamatan keterampilan.
- IPA
Laporan dinilai dengan daftar periksa.
No
|
Indikator Penilaian |
Ada |
Tidak Ada |
1 |
Siswa
menuliskan laporan tentang tiga jenis hewan. |
|
|
2 |
Siswa
menuliskan masing-masing 3 ciri-ciri khusus
dari hewan-hewan tersebut. |
|
|
3 |
Siswa
menuliskan masing-masing 3 ciri-ciri habitat
dari hewan-hewan tersebut. |
|
|
- Catatan pengamatan sikap (Peduli,
Santun)
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir
(lampiran) buku ini.
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum mampu
mengidentifikasi tentang ciri-ciri hewan dan ciri-
ciri habitatnya dapat melakukan
pengamatan langsung terhadap hewan-hewan yang ada di sekitar mereka. Kemudian,
dengan panduan guru, siswa menuliskan ciri-ciri hewan tersebut dan ciri-ciri
habitatnya.
2. Pengayaan
Siswa dapat melakukan
pengamatan dan menggali informasi tentang hewan unik lainnya yang ada di
sekitar mereka, serta hewan yang mempunyai ciri khusus, seperti unta,
kelelawar, bunglon, dan lain-lain.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Hewan yang dibawa dari rumah atau hewan yang
ada di sekitar sekolah
6. Gambar hewan dan habitatnya
E. MATERI
- Teks bacaan
tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
- Macam- macam kalimat efektif.
- Penggunaan unsur apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.
- Ciri-ciri hewan
berdasarkan habitatnya.
- Contoh- contoh upaya mempertahankan
kemerdekaan.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments