RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   :  Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  5

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang ekonomi dengan terperinci.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mempresentasikan perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang ekonomi dengan terperinci.

3.     Setelah berlatih, siswa mampu mengidentifikasi interval nada lagu Mariam Tomong dengan tepat.

4.     Setelah berlatih, siswa mampu memainkan lagu Mariam Tomong sesuai dengan interval nada yang tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berlatih

·         Guru membawa radio ke depan kelas. Guru memutar radio tersebut. Guru memilih saluran radio yang berisi iklan-iklan.

·         Siswa mendiskusikan dampak radio dalam bidang ekonomi.

·         Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas.

·         Guru menyampaikan bahwa penemuan radio membawa banyak perubahan bagi masyarakat. Kita dapat memasang iklan untuk mempromosikan barang yang kita jual.

·         Siswa diminta menemukan fakta-fakta tentang penemuan dan dampak penemuan dalam bidang ekonomi. Siswa dapat menemukan informasi dari berbagai sumber.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

Siswa menuliskan kesimpulan tentang dampak perubahan tersebut.

·         Siswa mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan teman.

 

Ayo Berkreasi

(Creativity and Innovation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     IPS: Dampak perkembangan teknologi dalam hal perekonomian.

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Informasi

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya bola lampu

berdasarkan hasil

mencari informasi

dengan lengkap.

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya 

bola lampu 

berdasarkan hasil

mencari informasi

dengan kurang

lengkap.

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya  bola

lampu berdasarkan

mencari informasi

dengan cukup 

lengkap.

Belum mampu

menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya  bola lampu

berdasarkan 

mencari informasi

dengan lengkap.

Komunikasi

lisan tentang 

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia

Mengomunikasi-

kan secara lisan  

hasil wawancara 

tentang perubahan

sosial budaya di

lingkungan sekitar

dengan adanya 

bola lampu dengan

sistematis.

Mengomunikasi-

kan secara lisan  

hasil wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya  bola

lampu dengan

cukup sistematis.

Mengomunikasi-

kan secara lisan   

hasil wawancara 

tentang perubahan

sosial budaya di

lingkungan sekitar

dengan adanya 

bola lampu 

dengan kurang

sistematis.

Belum mampu

mengomunikasi-

kan secara lisan  

hasil wawancara 

tentang perubahan

sosial budaya di

lingkungan sekitar

dengan adanya 

bola lampu  dengan

sistematis.

Sikap

kerja sama

Menunjukkan sikap

kerja sama  secara

konsisten.

Menunjukkan

sikap kerja sama 

dengan cukup 

konsisten.

Menunjukkan sikap

kerja sama namun

kurang.

Perlu dimotivasi

untuk dapat

bekerja sama.

Santun

dan saling

menghargai

Menunjukkan sikap

santun dan  saling

menghargai saat

wawancara secara

konsisten.

Menunjukkan

sikap santun

dan  saling

menghargai

saat wawancara

dengan cukup

konsisten.

Menunjukkan sikap

santun dan  saling

menghargai saat

namun kurang

konsisten.

Belum mampu

menunjukkan sikap

santun dan  saling

menghargai saat

wawancara.

 

2.     SBdp: Memainkan alat musik.Catatan singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab).(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Nada

Satu lagu utuh

dinyanyikan dengan

interval nada yang

sesuai.

Sebagian besar

lagu dinyanyikan

dengan interval

nada yang sesuai.

Sebagian lagu

dinyanyikan

dengan interval

nada yang sesuai.

Sebagian kecil lagu

dinyanyikan sesuai

dengan interval

nada yang sesuai.

Penjiwaan

Ekspresi sesuai

dengan makna

lagu.

Sebagian besar

ekspresi sesuai

dengan makna

lagu.

Sebagian kecil

ekspresi sesuai

dengan makna

lagu.

Ekspresi tidak

sesuai dengan

makna lagu.

 

3.     Diskusi saat mendiskusikan perubahan masyarakat karena teknologi.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

 

4.     Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (Disiplin dan tanggung jawab)(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum paham  tentang pelajaran hari ini  dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

2.     Pengayaan

Siswa dapat mengerjakan soal-soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Penggaris, kertas, jangka, dan gunting

 

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ”
  2.  perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang ekonomi.
  3. Interval nada lagu.
  4. Lagu Mariam Tomong.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments