RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema :
Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Setelah mencari informasi, siswa mampu
mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam
rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang ekonomi dengan terperinci.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempresentasikan
perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi
bangsa Indonesia bidang ekonomi dengan terperinci.
3. Setelah berlatih, siswa mampu mengidentifikasi
interval nada lagu Mariam Tomong dengan tepat.
4. Setelah berlatih, siswa mampu memainkan lagu Mariam
Tomong sesuai dengan interval nada yang tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Berlatih ·
Guru membawa radio ke
depan kelas. Guru memutar radio tersebut. Guru memilih saluran radio yang
berisi iklan-iklan. ·
Siswa mendiskusikan
dampak radio dalam bidang ekonomi. ·
Siswa menyampaikan
hasil pekerjaannya di depan kelas. ·
Guru menyampaikan
bahwa penemuan radio membawa banyak perubahan bagi masyarakat. Kita dapat
memasang iklan untuk mempromosikan barang yang kita jual. ·
Siswa diminta
menemukan fakta-fakta tentang penemuan dan dampak penemuan dalam bidang
ekonomi. Siswa dapat menemukan informasi dari berbagai sumber. (Critical Thinking and Problem Formulation) Siswa menuliskan kesimpulan tentang dampak perubahan tersebut. ·
Siswa mendiskusikan
hasil pekerjaannya dengan teman. Ayo Berkreasi (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki
proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
IPS: Dampak perkembangan
teknologi dalam hal perekonomian.
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Informasi perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya bola lampu berdasarkan hasil mencari informasi dengan lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya bola lampu
berdasarkan hasil mencari informasi dengan kurang lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya
bola lampu berdasarkan mencari informasi dengan cukup
lengkap. |
Belum mampu menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya
bola lampu berdasarkan
mencari informasi dengan lengkap. |
Komunikasi lisan tentang
perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu dengan sistematis. |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu dengan cukup sistematis. |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu
dengan kurang sistematis. |
Belum mampu mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu
dengan sistematis. |
Sikap kerja sama |
Menunjukkan sikap kerja sama
secara konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama dengan cukup
konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama namun kurang. |
Perlu dimotivasi untuk dapat bekerja sama. |
Santun dan saling menghargai |
Menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat wawancara secara konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat wawancara dengan cukup konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat namun kurang konsisten. |
Belum mampu menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat wawancara. |
2.
SBdp: Memainkan alat
musik.Catatan singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung
jawab).(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Nada |
Satu lagu utuh dinyanyikan dengan interval nada yang sesuai. |
Sebagian besar lagu dinyanyikan dengan interval nada yang sesuai. |
Sebagian lagu dinyanyikan dengan interval nada yang sesuai. |
Sebagian kecil lagu dinyanyikan sesuai dengan interval nada yang sesuai. |
Penjiwaan |
Ekspresi sesuai dengan makna lagu. |
Sebagian besar ekspresi sesuai dengan makna lagu. |
Sebagian kecil ekspresi sesuai dengan makna lagu. |
Ekspresi tidak sesuai dengan makna lagu. |
3.
Diskusi saat
mendiskusikan perubahan masyarakat karena teknologi.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa
tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
4.
Catatan Anekdot untuk
mencatat sikap (Disiplin dan tanggung jawab)(Contoh terlampir di bagian
lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
Siswa yang belum paham tentang pelajaran hari ini dapat mengulang kegiatan bersama guru.
Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30
menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
2.
Pengayaan
Siswa dapat mengerjakan
soal-soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 1
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 1
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Penggaris, kertas, jangka, dan gunting
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul ”
- perubahan
sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa
Indonesia bidang ekonomi.
- Interval
nada lagu.
- Lagu
Mariam Tomong.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments