RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bersatu Kita Teguh Tujuan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                :  Bersatu Kita Teguh Tujuan (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  IPS, SBdP

Pembelajaran ke      : 5

Alokasi waktu           : 1 hari

 

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi makna upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di awal masa kemerdekaan Indonesia menggunakan diagram.

2.     Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menulis makna upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di masa awal kemerdekaan Indonesia dalam bentuk diagram.

3.     Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan oleh guru, siswa mampu mengidentifikasi gerakan dan pola lantai pada tari Indang.

4.     Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan oleh guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan dan pola lantai pada tari Indang.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa diminta membaca teks tentang makna upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di masa awal kemerdekaan Indonesia.

·         Siswa menuliskan informasi penting berdasarkan teks dalam bentuk bagan.

·         Siswa mendiskusikan bagan dalam kelompok.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa diminta menampilkan tari Indang secara berkelompok.

(Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.     IPS

Diskusi dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

2.     SBdP

Penampilan gerakan tari dan pola lantai dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Pola Lantai

Siswa dapat

melakukan

seluruh pola

lantai tari In-

dang dengan

baik.

(  )

Siswa dapat

melakukan se-

bagian besar

pola lantai tari

Indang de-

ngan baik.

(   )

Siswa dapat

melakukan

sebagian kecil

pola lantai tari

Indang dengan

baik.

(   )

Siswa

belum dapat

melakukan

pola lantai tari

Indang dengan

baik.

(   )

Gerakan

Siswa dapat

melakukan

seluruh

gerakan

tari Indang

dengan baik. 

(   )

Siswa dapat

melakukan

sebagian

besar gerakan

tari Indang

dengan baik.

(  )

Siswa dapat

melakukan

sebagian

besar gerakan

tari indang

Siswa dapat

melakukan

sebagian kecil

gerakan tari

Indang dengan

baik.

(   )

Siswa

belum dapat

melakukan

gerakan tari

ndang dengan

baik.

(   )

Kekompakan

Seluruh

gerakan dan

pola tari

Indang sesuai

dengan irama

musik.

(   )

Sebagian

besar gerakan

dan pola tari

Indang sesuai

dengan irama

musik.

(  )

Sebagian kecil

gerakan dan

pola tari Indang

sesuai dengan

irama musik.

(   )

Gerakan dan

pola tari Indang

tidak sesuai

dengan irama

musik.

(   )

Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.

3.     Catatan anekdot untuk mencatat sikap (peduli, santun)

Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum mampu memahami makna Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di awal masa kemerdekaan Indonesia.

2.     Pengayaan

Siswa dapat berlatih gerakan tari Indang di Rumah.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Teks bacaan tentang upaya bangsa Indonesia meningkatkan kesejahteraan rakyat di awal masa kemerdekaan.     

 

 

E.    MATERI

  1. Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di awal masa kemerdekaan Indonesia.
  2. Gerakan dan pola lantai pada tari Indang.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments