RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


 

Satuan Pendidikan       : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                   : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  5

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kondisi geografisnya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang  perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

3.     Setelah melakukan uji coba dengan bahan patung, siswa mampu menemukan cara membuat patung dengan tepat.

4.     Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau adonan, siswa mampu mencoba membuat patung dengan lebih terampil.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Guru menempel peta ASEAN di papan tulis dan mendiskusikan wilayahnya.

 

Ayo Membaca

·         Di awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk melanjutkan pekerjaan mereka terkait negara ASEAN. Siswa membuka kembali catatan yang ada pada diagram Venn-nya.

·         Guru mengingatkan siswa untuk membaca informasi terlebih dahulu tentang kondisi geografis negara ASEAN. Kemudian guru  menawarkan siswa untuk mencari informasi lebih dari guru atau bahan bacaan lain apabila tersedia.

·         Guru menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa.

·         Guru kemudian mengajak siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa diingatkan untuk mengambil bahan patung dan melanjutkan membuat model patung sederhana dengan bahan yang ada agar terbiasa dan keterampilan mereka semakin bertambah baik. 

·         Apabila di pembelajaran dua siswa sudah dapat membuat patung dengan baik, maka siswa dapat mencoba membuat patung dengan bentuk lainnya.

·         Guru mengingatkan siswa bahwa membuat patung dibutuhkan kelenturan tangan yang baik dan kesabaran serta kedisiplinan.

·         Guru berkeliling kelas untuk mengamati kegiatan siswa dan memberikan bantuan apabila mereka membutuhkan.

·         Setelah selesai dengan kegiatan, siswa diingatkan untuk menjaga kebersihan dan mengembalikan pekerjaannya pada tempat semula.

(Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

2.  IPS

Diagram Venn dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Diagram Venn memuat dua negara ASEAN

 

 

Diagram Venn membandingkan kondisi geografis dua negara

 

 

 

 

 

3.  SBdP

Catatan Anekdot untuk mencatat proses pengerjaan patung 

(keterampilan, kemandirian, kreatifitas, kerapian, dan kedisiplinan dalam

berkarya).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita hitung

campuran dapat berlatih dengan guru.  Guru membantu siswa sesuai dengan kesulitan yang mereka miliki. Misalnya, apabila siswa memiliki kesulitan dalam memahami soal, siswa diminta berlatih untuk memahami setiap kalimat dan menuliskan kesimpulannya.

2.     Pengayaan

Siswa dapat mendiskusikan keterampilan membuat patung dengan seniman setempat.

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.       Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.       Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.       Lingkungan sekitar

4.       Bahan membuat patung yang dipakai sebelumnya

5.       Peta ASEAN

 

 

Comments