RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kondisi
geografisnya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara
terkait kondisi geografisnya dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan
tentang perbedaan sosial budaya dari dua
negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
3. Setelah melakukan uji coba dengan bahan patung,
siswa mampu menemukan cara membuat patung dengan tepat.
4. Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam,
atau adonan, siswa mampu mencoba membuat patung dengan lebih terampil.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Guru menempel peta ASEAN di papan tulis dan
mendiskusikan wilayahnya. Ayo Membaca ·
Di awal pembelajaran,
guru meminta siswa untuk melanjutkan pekerjaan mereka terkait negara ASEAN.
Siswa membuka kembali catatan yang ada pada diagram Venn-nya. ·
Guru mengingatkan
siswa untuk membaca informasi terlebih dahulu tentang kondisi geografis negara
ASEAN. Kemudian guru menawarkan siswa
untuk mencari informasi lebih dari guru atau bahan bacaan lain apabila
tersedia. ·
Guru menunjukkan
daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa. ·
Guru kemudian mengajak
siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Berkreasi ·
Siswa diingatkan untuk
mengambil bahan patung dan melanjutkan membuat model patung sederhana dengan
bahan yang ada agar terbiasa dan keterampilan mereka semakin bertambah
baik. ·
Apabila di
pembelajaran dua siswa sudah dapat membuat patung dengan baik, maka siswa
dapat mencoba membuat patung dengan bentuk lainnya. ·
Guru mengingatkan
siswa bahwa membuat patung dibutuhkan kelenturan tangan yang baik dan
kesabaran serta kedisiplinan. ·
Guru berkeliling kelas
untuk mengamati kegiatan siswa dan memberikan bantuan apabila mereka
membutuhkan. ·
Setelah selesai dengan
kegiatan, siswa diingatkan untuk menjaga kebersihan dan mengembalikan
pekerjaannya pada tempat semula. (Creativity and
Innovation) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
- Diskusi
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal
dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan
ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara
rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
2.
IPS
Diagram Venn dinilai dengan daftar
periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Diagram Venn memuat dua negara ASEAN |
|
|
Diagram Venn membandingkan kondisi geografis dua
negara |
|
|
|
|
|
3.
SBdP
Catatan
Anekdot untuk mencatat proses pengerjaan patung
(keterampilan,
kemandirian, kreatifitas, kerapian, dan kedisiplinan dalam
berkarya).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal cerita hitung
campuran dapat berlatih dengan guru.
Guru membantu siswa sesuai dengan kesulitan yang mereka miliki.
Misalnya, apabila siswa memiliki kesulitan dalam memahami soal, siswa diminta
berlatih untuk memahami setiap kalimat dan menuliskan kesimpulannya.
2. Pengayaan
Siswa dapat mendiskusikan keterampilan membuat patung dengan seniman
setempat.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan
sekitar
4. Bahan
membuat patung yang dipakai sebelumnya
5. Peta
ASEAN
Comments