RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                   : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            : PPkN,  Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah mendengar teks laporan yang dibaca, siswa mampu menemukan ide pokok dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menyusun kesimpulan dari teks yang dibacakan berdasarkan ide pokok yang ditemukan.

3.     Setelah membaca teks bacaan, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berdiskusi

·         Siswa memulai kegiatan dengan membaca teks bacaan dan menjawab pertanyaan serta mendiskusikannya dengan teman kelompoknya.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan.

·         Secara individu siswa harus menemukan contoh pengamalan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya. (HOST)

·         Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian.

·         Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila terkait sila keempat.

 

Ayo Menulis

·         Pada kesempatan ini guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya dan mengisi diagram berikut. (Creativity and Innovation)

·         Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar suara guru dengan jelas. Teks dibaca perlahan.

·         Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu.  Berdasarkan ide pokok yang ada, setiap siswa kemudian membuat kesimpulan dengan menggunakan kosakata baku. 

·         Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.     Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                           

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

 

1.       Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Menyebutkan ide pokok untuk setiap

paragraf dengan benar

 

 

Tulisan memuat seluruh ide pokok

 

 

Tulisan memuat fakta bukan opini

 

 

Sebagian besar tulisan menggunakan

kosakata baku

 

 

 

  1. PPKN

Produk dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Memberikan 3 contoh penerapan sila

keempat dalam kehidupan sehari-hari

 

 

Menuliskan pelaksanaan 2 kegiatan terkait penerapan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab)

(Contoh terlampir di lampiran  pada Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Siswa yang belum memahami konsep hitung campuran dapat dibimbing oleh guru. Pertama guru harus memastikan bahwa siswa memahami soal cerita yang ada. Kemudian dibimbing untuk memahami konsep urutan operasi bilangannya.

·         Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus

 

2.     Pengayaan

Setiap siswa membuat soal hitung campuran dan meletakkannya di pojok kelas. Setiap pagi siswa dapat memilih soal tersebut dan mengerjakannya.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.       Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.       Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.       Lingkungan sekitar

4.       kertas HVS dan alat tulis

5.       Gambar ikan bandung

 

 

 

 

 

 

Comments