RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema
2)
Muatan Terpadu :
PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengar teks laporan yang dibaca, siswa mampu
menemukan ide pokok dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyusun kesimpulan dari
teks yang dibacakan berdasarkan ide pokok yang ditemukan.
3. Setelah membaca teks bacaan, siswa mampu menemukan tiga
contoh pelaksanaan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan
benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan
yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan
benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo Berdiskusi ·
Siswa memulai kegiatan dengan membaca teks bacaan dan menjawab
pertanyaan serta mendiskusikannya dengan teman kelompoknya. (Critical Thinking and Problem
Formulation) ·
Guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru meminta salah
seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa
memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan. ·
Secara individu siswa harus menemukan contoh pengamalan sila keempat
dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya. (HOST) ·
Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian. ·
Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang
pengamalan nilai Pancasila terkait sila keempat. Ayo Menulis ·
Pada kesempatan ini guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa
mereka akan mendengarkan guru membaca teks laporan. Siswa harus menyimaknya
dan mengisi diagram berikut. (Creativity and Innovation) ·
Sebelum membaca teks, guru mengingatkan siswa untuk menyimak dengan
saksama. Guru memastikan bahwa semua siswa dapat mendengar suara guru dengan
jelas. Teks dibaca perlahan. ·
Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan
memperbaiki jawabannya apabila perlu.
Berdasarkan ide pokok yang ada, setiap siswa kemudian membuat
kesimpulan dengan menggunakan kosakata baku.
·
Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa. |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Bahasa Indonesia
Tulisan
siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Menyebutkan ide pokok untuk setiap paragraf dengan benar |
|
|
Tulisan memuat seluruh ide pokok |
|
|
Tulisan memuat fakta bukan opini |
|
|
Sebagian besar tulisan menggunakan kosakata baku |
|
|
- PPKN
Produk
dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Memberikan 3 contoh penerapan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
Menuliskan pelaksanaan 2 kegiatan
terkait penerapan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
- Catatan anekdot untuk mencatat
sikap (tanggung jawab)
(Contoh
terlampir di lampiran pada Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang belum memahami konsep hitung campuran
dapat dibimbing oleh guru. Pertama guru harus memastikan bahwa siswa memahami
soal cerita yang ada. Kemudian dibimbing untuk memahami konsep urutan operasi
bilangannya.
·
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus
2. Pengayaan
Setiap siswa membuat soal hitung campuran dan meletakkannya di pojok
kelas. Setiap pagi siswa dapat memilih soal tersebut dan mengerjakannya.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan
sekitar
4. kertas HVS dan alat tulis
5. Gambar
ikan bandung
Comments