RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            : Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   :  Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  5

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek dan pendidikan dengan sistematis.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mempresentasikan perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek dan pendidikan dengan sistematis.

3.     Setelah membaca teks lagu, siswa mampu mengidentifikasi interval nada untuk memainkan alat musik dengan benar.

4.     Setelah berlatih, siswa mampu memainkan lagu menggunakan alat musik sesuai dengan interval yang tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

·         Pada pembelajaran kali ini, siswa akan mengenal tokoh yang menemukan komputer. Siswa membaca teks tentang “Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya”.

·         Siswa membaca teks tersebut dalam hati. Setelah membaca teks, siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.

(Critical Thinking nad Problem Formulation)

·         Guru meminta beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya. Guru menyampaikan bahwa Charles Babbage mengubah dunia dengan komputer. Mesin hitung ini bermanfaat untuk mengurangi kesalahanmenghitung. Komputer yang ia temukan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Tahukah kamu bagaimana perkembangan komputer saat ini?

·         Siswa diminta mengamati perkembangan komputer.

·         Siswa dibagi ke dalam kelompok. Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut. Siswa menemukan informasi dari berbagai sumber : wawancara, artikel, dan lain-lain.

(Critical Thinking nad Problem Formulation)

·         Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaannya pada kalender bekas. Siswa menuliskan dengan ukuran yang cukup besar. Setiap perwakilan kelompok akan mempresentasikan hasil pekerjaannya.

·         Setiap siswa diminta menuliskan penemuan komputer dalam bentuk peta pikiran. Hal-hal yang ditulis sebagai berikut.

1.  Tokoh penemu

2.  Manfaat penemuan

3.  Dampak dalam bidang pendidikan

4.  Dampak dalam bidang Iptek

·         Guru memberikan penguatan bahwa komputer membawa perubahanbesar dalam hal pendidikan dan Iptek. Tetapi kita harus tetap menggunakannya untuk tujuan yang positif.

·         Guru terus memotivasi siswa untuk mencontoh sikap-sikap pantang menyerah seperti Charles Babbage.

 

Ayo Berkreasi

·         Guru memastikan bahwa setiap siswa memegang alat musik yang bernada.

·         Awalnya guru memperdengarkan lagu Mariam Tomong kepada siswa. Guru bertanya kepada siswa hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat memainkan sebuah lagu. Siswa menjawab secara bergantian.

·         Guru menyampaikan bahwa ketika bermain musik haruslah memperhatikan interval nada. Guru menuliskan di papan tulis solmisasi tangga nada.

·         Guru mencontohkan cara memainkan solmisasi tangga nada dengan benar. Siswa menirukan secara bersama-sama.

·         Guru pada mencontohkan cara memainkan nada-nada yang tidak berjarak.

·         Siswa berlatih secara berpasangan. Siswa berlatih ketepatan nada.

·         Siswa berlatih nada-nada yang memiliki interval 3 dan 5. Kegiatan ini dilatih terus menerus dalam kelompok.

·         Guru meminta beberapa siswa untuk maju ke depan. Siswa lain diminta memberikan pendapatnya.

·         Di akhir kegiatan, guru bertanya kepada siswa secara klasikal.

·         Siswa menuliskan di buku siswa.

(Creativity and Innovation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     IPS: Perubahan masyarakat dalam bidang pendidikan dan iptek.

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Informasi

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya bola lampu

berdasarkan hasil

mencari informasi

dengan lengkap.

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya 

bola lampu 

berdasarkan hasil

mencari informasi

dengan kurang

lengkap.

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya  bola

lampu berdasarkan

mencari informasi

dengan cukup 

lengkap.

Belum mampu

menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya  bola lampu

berdasarkan 

mencari informasi

dengan lengkap.

Komunikasi

lisan tentang 

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia

Mengomunikasi-

kan secara lisan  

hasil wawancara 

tentang perubahan

sosial budaya di

lingkungan sekitar

dengan adanya 

bola lampu dengan

sistematis.

Mengomunikasi-

kan secara lisan  

hasil wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya  bola

lampu dengan

cukup sistematis.

Mengomunikasi-

kan secara lisan  

hasil wawancara 

tentang perubahan

sosial budaya di

lingkungan sekitar

dengan adanya 

bola lampu 

dengan kurang

sistematis.

Belum mampu

mengomunikasi-

kan secara lisan  

hasil wawancara 

tentang perubahan

sosial budaya di

lingkungan sekitar

dengan adanya 

bola lampu  dengan

sistematis.

Sikap

kerja sama

Menunjukkan sikap

kerja sama  secara

konsisten.

Menunjukkan

sikap kerja sama 

dengan cukup 

konsisten.

Menunjukkan sikap

kerja sama namun

kurang.

Perlu dimotivasi

untuk dapat

bekerja sama.

Santun

dan saling

menghargai

Menunjukkan sikap

santun dan  saling

menghargai saat

wawancara secara

konsisten.

Menunjukkan

sikap santun

dan  saling

menghargai

saat wawancara

dengan cukup

konsisten.

Menunjukkan sikap

santun dan  saling

menghargai saat

namun kurang

konsisten.

Belum mampu

menunjukkan sikap

santun dan  saling

menghargai saat

wawancara.

 

2.     Diskusi saat membahas tentang perubahan masyarakat di bidang pendidik  an dan iptek dengan ditemukan komputer.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

 

3.     Catatan singkat untuk kemampuan memainkan alat musik yang sesuai dengan interval nada.

4.     Catatan singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab).(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum paham kewajiban masyarakat  kegiatanbersama guru. Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

2.     Pengayaan

Siswa membaca artikel tentang penemuan-penemuan. Siswa dapat menemu  kan dampak penemuan bagi dunia.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Penggaris, kertas, jangka, dan gunting

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan tentang “Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya”.
  2.  Perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek dan pendidikan.
  3. Macam- macam interval nada.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

Comments