RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3)
Sub Tema :
Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Setelah mencari informasi, siswa mampu
mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam
rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek dan pendidikan dengan
sistematis.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempresentasikan
perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi
bangsa Indonesia bidang Iptek dan pendidikan dengan sistematis.
3. Setelah membaca teks lagu, siswa mampu
mengidentifikasi interval nada untuk memainkan alat musik dengan benar.
4. Setelah berlatih, siswa mampu memainkan lagu
menggunakan alat musik sesuai dengan interval yang tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran ·
Pada pembelajaran kali
ini, siswa akan mengenal tokoh yang menemukan komputer. Siswa membaca teks
tentang “Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya”. ·
Siswa membaca teks
tersebut dalam hati. Setelah membaca teks, siswa menjawab pertanyaan yang ada
di buku siswa. (Critical Thinking nad Problem Formulation) ·
Guru meminta beberapa
siswa untuk menyampaikan pendapatnya. Guru menyampaikan bahwa Charles Babbage
mengubah dunia dengan komputer. Mesin hitung ini bermanfaat untuk mengurangi
kesalahanmenghitung. Komputer yang ia temukan semakin berkembang dari waktu
ke waktu. Tahukah kamu bagaimana perkembangan komputer saat ini? ·
Siswa diminta
mengamati perkembangan komputer. ·
Siswa dibagi ke dalam
kelompok. Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut. Siswa menemukan
informasi dari berbagai sumber : wawancara, artikel, dan lain-lain. (Critical Thinking nad Problem Formulation) ·
Siswa menuliskan
jawaban dari pertanyaannya pada kalender bekas. Siswa menuliskan dengan
ukuran yang cukup besar. Setiap perwakilan kelompok akan mempresentasikan
hasil pekerjaannya. ·
Setiap siswa diminta
menuliskan penemuan komputer dalam bentuk peta pikiran. Hal-hal yang ditulis
sebagai berikut. 1. Tokoh penemu 2. Manfaat
penemuan 3. Dampak dalam
bidang pendidikan 4. Dampak dalam
bidang Iptek ·
Guru memberikan
penguatan bahwa komputer membawa perubahanbesar dalam hal pendidikan dan
Iptek. Tetapi kita harus tetap menggunakannya untuk tujuan yang positif. ·
Guru terus memotivasi
siswa untuk mencontoh sikap-sikap pantang menyerah seperti Charles Babbage. Ayo Berkreasi ·
Guru memastikan bahwa
setiap siswa memegang alat musik yang bernada. ·
Awalnya guru
memperdengarkan lagu Mariam Tomong kepada siswa. Guru bertanya kepada siswa
hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat memainkan sebuah lagu. Siswa
menjawab secara bergantian. ·
Guru menyampaikan
bahwa ketika bermain musik haruslah memperhatikan interval nada. Guru
menuliskan di papan tulis solmisasi tangga nada. ·
Guru mencontohkan cara
memainkan solmisasi tangga nada dengan benar. Siswa menirukan secara
bersama-sama. ·
Guru pada mencontohkan
cara memainkan nada-nada yang tidak berjarak. ·
Siswa berlatih secara
berpasangan. Siswa berlatih ketepatan nada. ·
Siswa berlatih
nada-nada yang memiliki interval 3 dan 5. Kegiatan ini dilatih terus menerus
dalam kelompok. ·
Guru meminta beberapa
siswa untuk maju ke depan. Siswa lain diminta memberikan pendapatnya. ·
Di akhir kegiatan,
guru bertanya kepada siswa secara klasikal. ·
Siswa menuliskan di
buku siswa. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian
sebagai berikut.
1.
IPS: Perubahan
masyarakat dalam bidang pendidikan dan iptek.
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Informasi perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya bola lampu berdasarkan hasil mencari informasi dengan lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya bola lampu
berdasarkan hasil mencari informasi dengan kurang lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya
bola lampu berdasarkan mencari informasi dengan cukup
lengkap. |
Belum mampu menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya
bola lampu berdasarkan
mencari informasi dengan lengkap. |
Komunikasi lisan tentang
perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu dengan sistematis. |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu dengan cukup sistematis. |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu
dengan kurang sistematis. |
Belum mampu mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya
bola lampu
dengan sistematis. |
Sikap kerja sama |
Menunjukkan sikap kerja sama
secara konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama dengan cukup
konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama namun kurang. |
Perlu dimotivasi untuk dapat bekerja sama. |
Santun dan saling menghargai |
Menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat wawancara secara konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat wawancara dengan cukup konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat namun kurang konsisten. |
Belum mampu menunjukkan sikap santun dan
saling menghargai saat wawancara. |
2.
Diskusi saat membahas
tentang perubahan masyarakat di bidang pendidik
an dan iptek dengan ditemukan komputer.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa
tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
3.
Catatan singkat untuk
kemampuan memainkan alat musik yang sesuai dengan interval nada.
4.
Catatan singkat untuk
mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab).(Contoh terlampir di bagian
lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum paham kewajiban masyarakat kegiatanbersama guru. Kegiatan dapat dilakukan
seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit. Kegiatan
dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
2. Pengayaan
Siswa membaca artikel tentang penemuan-penemuan.
Siswa dapat menemu kan dampak penemuan
bagi dunia.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 1
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 3
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Penggaris, kertas, jangka, dan gunting
E. MATERI
- Teks bacaan tentang
“Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya”.
- Perubahan
sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa
Indonesia bidang Iptek dan pendidikan.
- Macam-
macam interval nada.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments