RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IIPA Pembelajaran ke : 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Ayo,
Menjadi Penemu (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IIPA
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata bakupada
teks eksplanasi ilmiah tentang Ayo
menjadi Penemu dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi
penting dari teks eksplanasi ilmiah yang dibaca tentang Ayo menjadi Penemu
dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis.
3. Dengan pengamatan, siswa mampu menemukan fakta
penerapan sifat rangkaian listrik sederhana seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4. Setelah pengamatan, siswa mampu mempresentasikan fakta penerapan sifat
rangkaian listrik sederhana seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa
membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang rangkaian campuran dalam kehidupan sehari-hari dari teks
berjudul “Rangkaian Lampu di Kelasku”. ·
Siswa juga
akan memperkuat pemahaman tentang rangkaian campuran melalui teks tersebut. ·
Siswa
mencermati kembali teks eksplanasi tersebut untuk menemukan kosakata non baku
dan kalimat tidak efektif yang terdapat di dalam teks, dan memperbaikinya
dengan menuliskannya dalam tabel yang tersedia. ·
Siswa menemukan dan menuliskan informasi penting dari teks eksplanasi
tersebut sesuai dengan urutan paragrafnya dalam diagram peta pikiran yang
tersedia. (Mandiri) Ayo
Mengamati ·
Siswa
memilih satu ruangan yang mereka
suka di sekolah. ·
Siswa akan
mengamati rangkaian lampu yang ada di
ruangan tersebut. (HOST) ·
Temukan
jenis rangkaian lampu yang terdapat pada satu ruangan yang ada di sekolahmu. ·
Guru
memeriksa tulisan dan gambar hasil pengamatan siswa dan memastikan ketepatan
tulisan mereka. ·
Siswa
menyimpan hasil kerja mereka untuk digunakan pada pertemuan berikutnya. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan
oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Bahasa Indonesia
Diagram siswa menemukan informasi penting dari
teks tulis eksplanasi ilmiah tentang
rangkaian campuran, diperiksa menggunakan rubrik:
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
Kalimat efektif dan kosakata baku |
Menuliskan semua kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian besar kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian kecil kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Belum mampu menuliskan kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
|
Penyajian isi teks dalam peta pikiran |
Menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan cukup rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan kurang rapi dan kurang sistematis. |
Belum mampu menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
|
Sikap Kemandirian |
Tugas diselesaikan dengan mandiri |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru |
Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan |
C.
Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
·
Bagi siswa yang belum memahami rangkaian
campuran, akan kembali melakukan pengamatan dengan pendampingan guru, atau
pendampingan teman yang telah menguasai konsep tersebut.
2.
Pengayaan
·
Jika memiliki waktu, siswa dapat melakukan
pengamatan pada dua ruangan berbeda yang ada di sekolah.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan sekitar
4.
kertas HVS dan alat tulis
5.
Lampu di ruangan kelas
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul ”
Rangkaian Lampu di Kelasku”.
- Ciri- ciri kosa kata baku pada
sebuah teks.
- Penerapan sifat rangkaian listrik sederhana seri dan paralel.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments