RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IIPA Pembelajaran ke : 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SD/MI

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IIPA

Pembelajaran ke        :  3

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan membaca, siswa mampu  mengidentifikasi ciri-ciri kosakata bakupada teks eksplanasi ilmiah  tentang Ayo menjadi Penemu  dengan benar.

2.     Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah yang dibaca tentang Ayo menjadi Penemu dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis.

3.     Dengan pengamatan, siswa mampu menemukan fakta penerapan sifat rangkaian listrik sederhana seri dan paralel  dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

4.     Setelah pengamatan, siswa mampu  mempresentasikan fakta penerapan sifat rangkaian listrik sederhana seri dan paralel  dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang rangkaian campuran  dalam kehidupan sehari-hari dari teks berjudul “Rangkaian Lampu di Kelasku”.

·         Siswa juga akan memperkuat pemahaman tentang rangkaian campuran  melalui teks tersebut.

·         Siswa mencermati kembali teks eksplanasi tersebut untuk menemukan kosakata non baku dan kalimat tidak efektif yang terdapat di dalam teks, dan memperbaikinya dengan menuliskannya dalam tabel yang tersedia.

·         Siswa  menemukan dan menuliskan  informasi penting dari teks eksplanasi tersebut sesuai dengan urutan paragrafnya dalam diagram peta pikiran yang tersedia. (Mandiri)

 

Ayo Mengamati

·         Siswa memilih satu ruangan yang mereka  suka  di sekolah.

·         Siswa akan mengamati  rangkaian lampu yang ada di ruangan tersebut. (HOST)

·         Temukan jenis rangkaian lampu yang terdapat pada satu ruangan yang ada di sekolahmu.

·         Guru memeriksa tulisan dan gambar hasil pengamatan siswa dan memastikan ketepatan tulisan mereka.

·         Siswa menyimpan hasil kerja mereka untuk digunakan pada pertemuan berikutnya.

(Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Diagram siswa menemukan informasi penting dari teks  tulis eksplanasi ilmiah tentang rangkaian campuran, diperiksa menggunakan rubrik:

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Kalimat efektif dan

kosakata baku

Menuliskan

semua kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

besar kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

kecil kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Belum mampu

menuliskan 

kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Penyajian isi teks

dalam peta pikiran

Menyajikan

peta pikiran

dengan rapi dan

sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

cukup rapi dan

sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

kurang  rapi

dan kurang 

sistematis.

Belum mampu

menyajikan

peta pikiran

dengan rapi dan

sistematis.

Sikap Kemandirian

Tugas

diselesaikan

dengan

mandiri

Sebagian

besar tugas 

diselesaikan

dengan mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru

Belum dapat 

menyelesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan

 

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Bagi siswa yang belum memahami rangkaian campuran, akan kembali melakukan pengamatan dengan pendampingan guru, atau pendampingan teman yang telah menguasai konsep tersebut.

2.     Pengayaan

·         Jika memiliki waktu, siswa dapat melakukan pengamatan pada dua ruangan berbeda yang ada di sekolah.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Lampu di ruangan kelas

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ” Rangkaian Lampu di Kelasku”.
  2.  Ciri- ciri kosa kata baku pada sebuah teks.
  3. Penerapan sifat rangkaian listrik sederhana seri dan paralel.
  4.  

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

Comments