RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPKN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                   : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  PPKN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  6

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah membaca teks laporan, siswa mampu mengumpulkan ide pokok dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat kesimpulan dari suatu teks menggunakan kosakata baku.

3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan tepat.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan rinci.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit.

·         Siswa kemudian mengisi tabel untuk membantu pemahaman siswa. (Mandiri)

 

·         Secara klasikal siswa mendiskusikan hasilnya. Guru meminta satu atau dua siswa untuk membacakan kesimpulan dan membahasnya. Siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki pekerjaannya.

·         Secara individu siswa mengumpulkan kesimpulan yang ada dan menuliskan kesimpulan secara utuh. Siswa diingatkan untuk menulis kesimpulan dengan menggunakan kosakata baku.

 

Ayo Menulis

·         Guru dapat memulai kegiatan berikutnya dengan mengajak siswa untuk berdiskusi tentang pengalaman mereka merawat tanaman.

·         Dua atau tiga siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pengalamannya. Siswa lain dipersilakan untuk memberi komentar.

·         Guru kemudian mengajak siswa untuk mengerjakan tugas sesuai instruksi yang ada di buku. 

·         Setiap siswa kemudian menulis rencana penerapan sila Persatuan Indonesia terkait dengan menjaga tumbuhan. Tulisan mereka harus memuat paling sedikit dua contoh kegiatan, rencana pelaksanaan kerjasama, siapa saja yang dilibatkan, dan tempat serta waktu pelaksanaan.

(Creativity and Innovation)

·         Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman kelompok dan setelah itu mereka menyampaikannya kepada guru.

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.       Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Kesimpulan memuat seluruh ide pokok untuk setiap paragraf dengan benar

 

 

Tulisan memuat fakta bukan opini

 

 

Sebagian tulisan menggunakan kosakata baku

 

 

 

  1. PPKn

Desain rencana siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Menyebutkan nama teman dan tugas yang harus dilakukan terkait sila ketiga

 

 

Menuliskan waktu dan tempat pelaksanaan

 

 

 

  1. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)

(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan ide pokok dapat melatihnya dengan guru. Guru memilihkan paragraf yang sederhana kemudian bersama menemukan ide pokoknya.

2.     Pengayaan

Siswa dapat menulis kesimpulan dari teks yang mereka tentukan pada majalah anak atau buku.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.       Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.       Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.       Lingkungan sekitar

4.       Alat tulis

5.       Tumbuhan

 

 

 

Comments