RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPKN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : PPKN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke :
6
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks laporan, siswa mampu
mengumpulkan ide pokok dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat kesimpulan
dari suatu teks menggunakan kosakata baku.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan tiga
contoh pelaksanaan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan tepat.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua
kegiatan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan
dengan rinci.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks
dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit. ·
Siswa kemudian mengisi
tabel untuk membantu pemahaman siswa. (Mandiri) ·
Secara klasikal siswa
mendiskusikan hasilnya. Guru meminta satu atau dua siswa untuk membacakan
kesimpulan dan membahasnya. Siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki
pekerjaannya. ·
Secara individu siswa
mengumpulkan kesimpulan yang ada dan menuliskan kesimpulan secara utuh. Siswa
diingatkan untuk menulis kesimpulan dengan menggunakan kosakata baku. Ayo Menulis ·
Guru dapat memulai
kegiatan berikutnya dengan mengajak siswa untuk berdiskusi tentang pengalaman
mereka merawat tanaman. ·
Dua atau tiga siswa
diberi kesempatan untuk menyampaikan pengalamannya. Siswa lain dipersilakan
untuk memberi komentar. ·
Guru kemudian mengajak
siswa untuk mengerjakan tugas sesuai instruksi yang ada di buku. ·
Setiap siswa kemudian
menulis rencana penerapan sila Persatuan Indonesia terkait dengan menjaga
tumbuhan. Tulisan mereka harus memuat paling sedikit dua contoh kegiatan,
rencana pelaksanaan kerjasama, siapa saja yang dilibatkan, dan tempat serta
waktu pelaksanaan. (Creativity and Innovation) ·
Siswa menyampaikan
hasilnya kepada teman kelompok dan setelah itu mereka menyampaikannya kepada
guru. |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Bahasa Indonesia
Tulisan
siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Kesimpulan memuat seluruh ide pokok
untuk setiap paragraf dengan benar |
|
|
Tulisan memuat fakta bukan opini |
|
|
Sebagian tulisan menggunakan
kosakata baku |
|
|
- PPKn
Desain
rencana siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Menyebutkan nama teman dan tugas
yang harus dilakukan terkait sila ketiga |
|
|
Menuliskan waktu dan tempat
pelaksanaan |
|
|
- Catatan Anekdot untuk mencatat
sikap (peduli)
(Contoh
terlampir di lampiran pada Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan ide pokok dapat
melatihnya dengan guru. Guru memilihkan paragraf yang sederhana kemudian
bersama menemukan ide pokoknya.
2. Pengayaan
Siswa dapat menulis kesimpulan dari teks yang mereka tentukan pada
majalah anak atau buku.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan
sekitar
4. Alat
tulis
5. Tumbuhan
Comments