RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS

Pembelajaran ke        :  1

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku  pada teks tentang Ayo Menjadi Penemu dengan tepat.

2.     Setelah membaca, siswa mampu  menulis  informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca  tentang Ayo Menjadi Penemu dengan menggunakan  kalimat efektif dan kosakata baku dengan mandiri.

3.     Mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia di bidang ekonomi.

4.     Mempresentasikan perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia di bidang ekonomi.

5.     Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi perbedaan sifat rangkaian listrik sederhana seri dan paralel dengan tepat.

6.     Setelah percobaan, siswa mampu mempresentasikan perbedaan karakteristik rangkaian seri dan paralel dalam bentuk Diagram Venn  dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa membaca senyap teks biografi BJ Habibie.

·         Siswa menjawab pertanyaan bacaan, kemudian mendiskusikan bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang lengkap. (Collabruration)

·         Guru memberikan penguatan:

 

·         Siswa kemudian membaca kembali teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil di minggu sebelumnya.

·         Siswa mencermati beberapa kata bercetak miring yang merupakan kosakata tidak baku.

·         Siswa menjawab pertanyaan yang akan mengiring mereka pada pemahaman tentang kosakata baku dan kosakata non-baku. Siswa juga membaca informasi tentang kosakata baku dan non baku yang terdapat di buku sebagai bahan referensi. (Critical Thinking and Problem Fornulation)

·         Guru memberikan penguatan.

·         Siswa kemudian menemukan padanan kata baku dari kosakata non baku yang terdapat pada teks penemuan pensil. 

·         Siswa kemudian membuat kalimat dengan memperhatikan penggunaan kalimat efektif,  menggunakan kosakata baku tersebut.

·         Guru memeriksa  jawaban siswa. Memastikan jika siswa telah memahami kosakata baku dan kalimat efektif.

Ayo Berdiskusi

·         Siswa mengamati gambar rangkaian proses distribusi dari suatu kegiatan ekonomi. 

·         Siswa menjawab pertanyaan yang akan menggiring pada pemahaman tentang peran teknologi transportasi terhadap perubahan kehidupan masyarakat.

·         Siswa mendiskusikan jawaban bersama teman.

(Critical Thinking and Probelm Formulation)

·         Guru memberikan penguatan:

·         Sebagai produk akhir dari materi IPS, siswa kemudian ditugaskan untuk membuat tulisan tentang proses distribusi  satu benda/makanan/minuman yang biasa mereka beli di sekolah.

·         Siswa dapat membuat tulisan mereka dalam bentuk teks eksplanasi, atau dalam bentuk peta pikiran disertai gambar.

·         Siswa mengerjakannya pada lembar kertas lain.

·         Siswa diingatkan untuk memperhatikan kerapian tulisan dan menjaga kebersihan kertas.

·         Produk siswa dapat dipajang di kelas sebagai bahan belajar bagi siswa lain(Creativity and Innovation)

Ayo Mengamati

·         Siswa mengamati  rangkaian listrik seri dan paralel yang telah dibuat pada minggu sebelumnya. (HOST)

·         Siswa membandingkan untuk menemukan persaman dan perbedaan dari kedua jenis rangkaian tersebut.

·         Siswa menuliskan persaman dan perbedaan kedua rangkaian tersebut dalam Diagram Venn yang tersedia di buku.

·         Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang ada di buku tentang sikap hidup: tekun, kerja keras, dan pantang menyerah  yang merupakan  modal utama untuk menjadi seorang penemu.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     IPS 

Tulisan siswa tentang perubahan kehidupan sosial dan budaya di bidang ekonomi, diperiksa menggunakan rubrik.

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Informasi

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia.

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan lengkap.

Menuliskan

informasi

tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan cukup

lengkap.

Menuliskan

informasi

tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan kurang 

lengkap.

Belum mampu

menuliskan

informasi

tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan lengkap.

Komunikasi

lisan tentang 

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia

Mengomunikasi-

kan secara lisan

hasil wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan

sistematis.

Mengomunika-

sikan secara

lisan hasil

wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan cukup

sistematis.

Mengomunika

sikan secara

lisan hasil

wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan kurang

sistematis.

Belum mampu

mengomunikasi-

kan secara lisan

hasil wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan

sistematis.

 

2.     IPA

Diagram Venn perbandingan rangkaian seri dan paralel siswa diperiksa

menggunakan rubrik.

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Komponen­

komponen

listrik dan

fungsinya

dalam

rangkaian

listrik seri dan 

paralel.

Menuliskan

persamaan  semua

komponen listrik

dan fungsinya

dalam rangkaian

listrik  seri dan

paralel dengan

tepat.

Menuliskan

persamaan 

sebagian besar

komponen listrik

dan fungsinya

dalam rangkaian

listrik  seri dan

paralel dengan

tepat.

Menuliskan

persamaan 

sebagian kecil 

komponen listrik

dan fungsinya

dalam rangkaian

listrik  seri dan

paralel dengan

tepat.

Belum mampu

menuliskan

persamaan  

komponen listrik

dan fungsinya

dalam rangkaian

listrik  seri dan

paralel dengan

tepat.

Rangkaian

listrik

sederhana  seri

dan paralel

Menuliskan

semua persamaan

dan perbedaan

rangkaian seri dan

paralel dengan

tepat.

Menuliskan

sebagian besar

persamaan

dan perbedaan

rangkaian seri dan

paralel dengan

tepat.

Menuliskan

sebagian kecil

persamaan

dan perbedaan

rangkaian seri dan

paralel dengan

tepat.

Belum mampu

menuliskan

persamaan

dan perbedaan

rangkaian seri dan

paralel dengan

tepat.

Sikap:

Kemandirian

Menemukan

persamaan

dan perbedaan

rangkaian seri dan

paralel dengan

mandiri.

Menemukan

persamaan

dan perbedaan

rangkaian seri dan

paralel dengan

cukup mandiri.

Menemukan

persamaan

dan perbedaan

rangkaian seri dan

paralel dengan

bimbingan.

Belum mampu

menemukan

persamaan

dan perbedaan

rangkaian seri

dan paralel meski

dengan bimbingan.

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Bagi siswa yang belum dapat membuat kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif, akan mendapat pendampingan guru.

2.     Pengayaan

Siswa dapat melakukan wawancara dengan teman dari kelas paralel, dengan guru atau staf sekolah untuk mencari informasi tentang pentingnya  memiliki sikap kerja keras, tekun dan pantang menyerah dalam pengalaman hidupnya.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     Kertas hvs dan alat tulis (pensil dan spidol warna) untuk tugas IPS

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul
  2. Ciri- ciri kosa kata baku pada sebuaha teks.
  3. Teks eksplanasi tentang seorang penemu.
  4. Perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia di bidang ekonomi.
  5. Perbedaan sifat rangkaian listrik paralel dan seri.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

Comments