RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Ayo,
Menjadi Penemu (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi
ciri-ciri kosakata baku pada teks
tentang Ayo Menjadi Penemu dengan tepat.
2. Setelah membaca, siswa mampu menulis
informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang Ayo Menjadi Penemu dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku dengan
mandiri.
3. Mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam
kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia di bidang
ekonomi.
4. Mempresentasikan perubahan sosial budaya dalam
kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia di bidang
ekonomi.
5. Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi
perbedaan sifat rangkaian listrik sederhana seri dan paralel dengan tepat.
6. Setelah percobaan, siswa mampu mempresentasikan
perbedaan karakteristik rangkaian seri dan paralel dalam bentuk Diagram
Venn dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa membaca senyap
teks biografi BJ Habibie. ·
Siswa menjawab
pertanyaan bacaan, kemudian mendiskusikan bersama teman untuk mendapatkan
jawaban yang lengkap. (Collabruration) ·
Guru memberikan
penguatan: ·
Siswa kemudian membaca
kembali teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil di minggu sebelumnya. ·
Siswa mencermati
beberapa kata bercetak miring yang merupakan kosakata tidak baku. ·
Siswa menjawab
pertanyaan yang akan mengiring mereka pada pemahaman tentang kosakata baku
dan kosakata non-baku. Siswa juga membaca informasi tentang kosakata baku dan
non baku yang terdapat di buku sebagai bahan referensi. (Critical Thinking and Problem
Fornulation) ·
Guru memberikan
penguatan. ·
Siswa kemudian
menemukan padanan kata baku dari kosakata non baku yang terdapat pada teks
penemuan pensil. ·
Siswa kemudian membuat
kalimat dengan memperhatikan penggunaan kalimat efektif, menggunakan kosakata baku tersebut. ·
Guru memeriksa jawaban siswa. Memastikan jika siswa telah
memahami kosakata baku dan kalimat efektif. Ayo Berdiskusi ·
Siswa mengamati gambar
rangkaian proses distribusi dari suatu kegiatan ekonomi. ·
Siswa menjawab
pertanyaan yang akan menggiring pada pemahaman tentang peran teknologi
transportasi terhadap perubahan kehidupan masyarakat. ·
Siswa mendiskusikan
jawaban bersama teman. (Critical Thinking and
Probelm Formulation) ·
Guru memberikan
penguatan: ·
Sebagai produk akhir
dari materi IPS, siswa kemudian ditugaskan untuk membuat tulisan tentang
proses distribusi satu
benda/makanan/minuman yang biasa mereka beli di sekolah. ·
Siswa dapat membuat tulisan
mereka dalam bentuk teks eksplanasi, atau dalam bentuk peta pikiran disertai
gambar. ·
Siswa mengerjakannya
pada lembar kertas lain. ·
Siswa diingatkan untuk
memperhatikan kerapian tulisan dan menjaga kebersihan kertas. ·
Produk siswa dapat
dipajang di kelas sebagai bahan belajar bagi siswa lain(Creativity and Innovation) Ayo Mengamati ·
Siswa mengamati rangkaian listrik seri dan paralel yang
telah dibuat pada minggu sebelumnya. (HOST) ·
Siswa membandingkan
untuk menemukan persaman dan perbedaan dari kedua jenis rangkaian tersebut. ·
Siswa menuliskan
persaman dan perbedaan kedua rangkaian tersebut dalam Diagram Venn yang
tersedia di buku. ·
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang ada di buku tentang sikap hidup:
tekun, kerja keras, dan pantang menyerah
yang merupakan modal utama
untuk menjadi seorang penemu. |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. IPS
Tulisan siswa tentang perubahan kehidupan sosial dan budaya
di bidang ekonomi, diperiksa menggunakan rubrik.
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Informasi perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan cukup lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan kurang
lengkap. |
Belum mampu menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap. |
Komunikasi lisan tentang
perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan sistematis. |
Mengomunika- sikan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan cukup sistematis. |
Mengomunika sikan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan kurang sistematis. |
Belum mampu mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan sistematis. |
2. IPA
Diagram Venn perbandingan rangkaian seri dan paralel siswa
diperiksa
menggunakan rubrik.
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Komponen komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik seri dan paralel. |
Menuliskan persamaan
semua komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik
seri dan paralel dengan tepat. |
Menuliskan persamaan
sebagian besar komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik
seri dan paralel dengan tepat. |
Menuliskan persamaan
sebagian kecil
komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik
seri dan paralel dengan tepat. |
Belum mampu menuliskan persamaan
komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik
seri dan paralel dengan tepat. |
Rangkaian listrik sederhana seri dan paralel |
Menuliskan semua persamaan dan perbedaan rangkaian seri dan paralel dengan tepat. |
Menuliskan sebagian besar persamaan dan perbedaan rangkaian seri dan paralel dengan tepat. |
Menuliskan sebagian kecil persamaan dan perbedaan rangkaian seri dan paralel dengan tepat. |
Belum mampu menuliskan persamaan dan perbedaan rangkaian seri dan paralel dengan tepat. |
Sikap: Kemandirian |
Menemukan persamaan dan perbedaan rangkaian seri dan paralel dengan mandiri. |
Menemukan persamaan dan perbedaan rangkaian seri dan paralel dengan cukup mandiri. |
Menemukan persamaan dan perbedaan rangkaian seri dan paralel dengan bimbingan. |
Belum mampu menemukan persamaan dan perbedaan rangkaian seri dan paralel meski dengan bimbingan. |
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Bagi siswa yang belum dapat
membuat kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif, akan mendapat
pendampingan guru.
2. Pengayaan
Siswa dapat melakukan wawancara
dengan teman dari kelas paralel, dengan guru atau staf sekolah untuk mencari
informasi tentang pentingnya memiliki
sikap kerja keras, tekun dan pantang menyerah dalam pengalaman hidupnya.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 1
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 3
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. Kertas hvs dan alat tulis (pensil dan spidol warna) untuk
tugas IPS
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul
- Ciri- ciri kosa kata baku pada sebuaha teks.
- Teks eksplanasi tentang seorang penemu.
- Perubahan
sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa
Indonesia di bidang ekonomi.
- Perbedaan
sifat rangkaian listrik paralel dan seri.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments