RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SD/MI

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  IPS, SBdP 

Pembelajaran ke        :  5

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN dengan benar.

2.     Setelah mencari informasi, siswa mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di lingkup ASEAN dalam bentuk peta pikiran dengan benar.

3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster berdasarkan poster yang baik dan menarik.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berkreasi

·         Mendiskusikan kembali langkah-langkah membuat poster. (Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa membuat poster bertema cinta produk Indonesia pada kertas bekas.

·         Siswa membuat poster dengan memperhatikan kriteria poster yang baik.

·         Siswa akan menyampaikan poster tersebut kepada orang-orang di lingkungannya.

·         Sebelum membuat poster siswa bisa membuat sketsa terlebih dahulu.

(Creativity and Innovation)

 

Ayo Menulis

·         Siswa akan menuliskan kerja sama Indonesia dengan ASEAN dalam bentuk peta pikiran yang ada di buku siswa. (Mandiri)

 

·         Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.

·         Guru menguatkan

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     SBdP: Poster tentang cinta produk Indonesia.

Penilaian menggunakan rubrik pada halaman 32.

2.     IPS: Peta pikiran

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Contoh

Menuliskan 3

contoh bentuk

kerja sama

Indonesia

dengan ASEAN

dengan benar.

Menuliskan 2

contoh bentuk

kerja sama

Indonesia

dengan ASEAN

dengan benar.

Menuliskan 1

contoh bentuk

kerja sama

Indonesia

dengan ASEAN

dengan benar.

Belum mampu

menuliskan

dengan benar.

Tujuan

Menuliskan 3

tujuan dari kerja

sama Indonesia

dengan ASEAN

dengan benar.

Menuliskan 2

tujuan dari kerja

sama Indonesia

dengan ASEAN

dengan benar.

Menuliskan 1

tujuan dari kerja

sama Indonesia

dengan ASEAN

dengan benar.

Belum mampu

menuliskan

dengan benar

Manfaat

Menuliskan 3

manfaat bagi

rakyat Indonesia

dengan benar.

Menuliskan 2

manfaat bagi

rakyat Indonesia

dengan benar.

Menuliskan 1

manfaat bagi

rakyat Indonesia

dengan benar.

Belum mampu

menuliskan

dengan benar.

Sikap sebagai

warga negara

Menuliskan 3

sikap positif

yang harus

ditunjukkan

oleh warga

masyarakat

dengan adanya

kerja sama

tersebut dengan

benar.

Menuliskan 2

sikap positif

yang harus

ditunjukkan

oleh warga

masyarakat

dengan adanya

kerja sama

tersebut dengan

benar.

Menuliskan 1

sikap positif

yang harus

ditunjukkan

oleh warga

masyarakat

dengan adanya

kerja sama

tersebut dengan

benar.

Belum mampu

menuliskan

dengan benar.

3.     Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum dapat melanjutkan tulisan teks eksplanasi ilmiah akan mendapatkan tugas rumah.

2.     Pengayaan

Siswa dapat melanjutkan/menyelesaikan tugas membuat reklame ( brosur).

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     kertas HVS dan alat tulis

4.     Kertas berukuran cukup besar untuk membuat poster.

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan 
  2. Bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

Comments