RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub
Tema :
Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3)
Muatan
Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran
ke : 5
Alokasi
waktu : 1 hari
A. TUJUAN
1. Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan
bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN dengan benar.
2. Setelah mencari informasi, siswa mampu menyajikan
informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di lingkup ASEAN dalam
bentuk peta pikiran dengan benar.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster
berdasarkan poster yang baik dan menarik.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo Berkreasi ·
Mendiskusikan kembali
langkah-langkah membuat poster. (Critical Thinking and Problem
Formulation) ·
Siswa membuat poster
bertema cinta produk Indonesia pada kertas bekas. ·
Siswa membuat poster
dengan memperhatikan kriteria poster yang baik. ·
Siswa akan menyampaikan
poster tersebut kepada orang-orang di lingkungannya. ·
Sebelum membuat poster
siswa bisa membuat sketsa terlebih dahulu. (Creativity and
Innovation) Ayo Menulis ·
Siswa akan menuliskan
kerja sama Indonesia dengan ASEAN dalam bentuk peta pikiran yang ada di buku
siswa. (Mandiri) ·
Siswa mempresentasikan
hasil pekerjaannya di depan kelas. ·
Guru menguatkan |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi
ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan
guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. SBdP: Poster tentang cinta produk Indonesia.
Penilaian menggunakan rubrik
pada halaman 32.
2.
IPS: Peta pikiran
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Contoh |
Menuliskan 3 contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan ASEAN dengan benar. |
Menuliskan 2 contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan ASEAN dengan benar. |
Menuliskan 1 contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan ASEAN dengan benar. |
Belum mampu menuliskan dengan benar. |
Tujuan |
Menuliskan 3 tujuan dari kerja sama Indonesia dengan ASEAN dengan benar. |
Menuliskan 2 tujuan dari kerja sama Indonesia dengan ASEAN dengan benar. |
Menuliskan 1 tujuan dari kerja sama Indonesia dengan ASEAN dengan benar. |
Belum mampu menuliskan dengan benar |
Manfaat |
Menuliskan 3 manfaat bagi rakyat Indonesia dengan benar. |
Menuliskan 2 manfaat bagi rakyat Indonesia dengan benar. |
Menuliskan 1 manfaat bagi rakyat Indonesia dengan benar. |
Belum mampu menuliskan dengan benar. |
Sikap sebagai warga negara |
Menuliskan 3 sikap positif yang harus ditunjukkan oleh warga masyarakat dengan adanya kerja sama tersebut dengan benar. |
Menuliskan 2 sikap positif yang harus ditunjukkan oleh warga masyarakat dengan adanya kerja sama tersebut dengan benar. |
Menuliskan 1 sikap positif yang harus ditunjukkan oleh warga masyarakat dengan adanya kerja sama tersebut dengan benar. |
Belum mampu menuliskan dengan benar. |
3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan
santun)
(Contoh terlampir di
bagian lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
Siswa yang belum dapat melanjutkan tulisan teks
eksplanasi ilmiah akan mendapatkan tugas rumah.
2.
Pengayaan
Siswa dapat melanjutkan/menyelesaikan tugas membuat
reklame ( brosur).
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. kertas HVS dan alat tulis
4. Kertas berukuran cukup besar untuk membuat poster.
E. MATERI
- Teks bacaan
- Bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments