ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1) PGSD LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1) PGSD
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA MAHASISWA
|
: IDRIS SALAM
|
MATA PELAJARAN/TEMA
|
: IPA
|
NIM
|
: 83490398
|
WAKTU (JAM)
|
: 2 X 35 Menit
|
TEMPAT MENGAJAR
|
: SDN Sukarapih 01
|
HARI, TANGGAL
|
: Senin, 10 September 2018
|
KELAS
|
: V (Lima)
|
UPBJJ-UT
|
: JAKARTA
|
PETUNJUK
Baca dengan cermat
rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika
mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut
dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini:
Item
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1. Menentukan bahan pembelajaran dan
merumuskan tujuan/indikator perbaikan
pembelajaran
|
|
||||
1.1 Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran
yang sesuai dengan kurikulum dan
masalah yang diperbaiki
|
|
|
|
|
|
1.2 Merumuskan
tujuan khusus/indikator perbaikan pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata Butir 1= A
|
|
|||
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan
materi, menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar
|
|
||||
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan
materi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2.2 mengembangkan jaringan tema dan
menentukan tema (khusus untuk pembelajaran tematik)
|
|
|
|
|
|
2.3
Menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2.4
Memilih sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata Butir 2= B
|
|
|||
3. Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran
|
|
||||
3.1 Menentukan jenis kegiatan perbaikan
pembelajaran/yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)
|
|
|
|
|
|
3.2 Menyusun
langkah-langkah perbaikan pembelajaran/yang sesuai dengan tema (untuk
pembelajaran tematik)
|
|
|
|
|
|
3.3 Menentukan
alokasi waktu perbaikan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
3.4 Menentukan
cara-cara memotivasi siswa
|
|
|
|
|
|
3.5 Mempersiapkan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata Butir 3= C
|
|
|||
4. Merancang pengelolaan kelas perbaikan
pembelajaran
|
|
||||
4.1
Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar
|
|
|
|
|
|
4.2 Menentukan cara pengorganisasian
siswa agar dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata Butir 4= D
|
|
|||
5. Merencanakan prosedur, jenis, dan
menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran
|
|
||||
5.1 Menentukan prosedur dan jenis
penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian harus
dilaukan secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh)
|
|
|
|
|
|
5.2
Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata Butir 5 = E
|
|
|||
6. Tampilan dokumen rencana pembelajaran
|
|
||||
6.1
Kebersihan dan kerapihan
|
|
|
|
|
|
6.2
Penggunaan bahasa tulis
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 6 = F
|
|
Nilai APKG 1
PKP PGSD =
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Tarsin Miharja, S.Pd. MM
NIP. 196911101992081002
No Hp. -
|
Bekasi, 10 September
2018
Penilai 1
Riri Sadiana, S.Pd. M.Si
NPDN. 0428088504
No Hp. -
|
*)Lingkari yang sesuai
Comments