ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1) PGSD LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

NAMA MAHASISWA
: IDRIS SALAM
MATA PELAJARAN/TEMA
: IPA
NIM
: 83490398
WAKTU (JAM)
: 2 X 35 Menit
TEMPAT MENGAJAR
: SDN Sukarapih 01
HARI, TANGGAL
: Senin, 10 September 2018
KELAS
: V (Lima)
UPBJJ-UT
: JAKARTA

PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini:

Item Penilaian
1
2
3
4
5
1.      Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator perbaikan pembelajaran

1.1 Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum  dan masalah yang diperbaiki






1.2  Merumuskan tujuan khusus/indikator perbaikan pembelajaran.







Rata-rata Butir 1= A

2.      Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar

2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran





2.2 mengembangkan jaringan tema dan menentukan tema (khusus untuk pembelajaran tematik)





2.3 Menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran





2.4 Memilih sumber belajar







Rata-rata Butir 2= B

3.      Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran

3.1 Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran/yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)






3.2  Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran/yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)






3.3  Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran






3.4  Menentukan cara-cara memotivasi siswa








3.5  Mempersiapkan pembelajaran







Rata-rata Butir 3= C

4.      Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran

4.1 Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar






4.2 Menentukan cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran






Rata-rata Butir 4= D

5.      Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran

5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian harus dilaukan secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh)






5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban







Rata-rata Butir 5 = E

6.      Tampilan dokumen rencana pembelajaran

6.1 Kebersihan dan kerapihan






6.2 Penggunaan bahasa tulis







Rata-rata butir 6 = F


Nilai APKG 1 PKP PGSD =  
 






Mengetahui
Kepala Sekolah,






Tarsin Miharja, S.Pd. MM
NIP. 196911101992081002
No Hp. -
Bekasi, 10 September 2018
Penilai 1






Riri Sadiana, S.Pd. M.Si
NPDN. 0428088504
No Hp. -

*)Lingkari yang sesuai

Comments