ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG-PKP 2) PGSD LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG-PKP 2) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

NAMA MAHASISWA
: IDRIS SALAM
MATA PELAJARAN/TEMA
: IPA
NIM
: 83490398
WAKTU (JAM)
: 2 X 35 Menit
TEMPAT MENGAJAR
: SDN Sukarapih 01
HARI, TANGGAL
: Senin, 10 September 2018
KELAS
: v (Lima)
UPBJJ-UT
: JAKARTA

PETUNJUK
1.      Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.      Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.      Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4.      Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
5.      Nilailah semua aspek kemampuan guru

Item Penilaian
1
2
3
4
5
1.      Melakukan pembelajaran

1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar





1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas






Rata-rata butir 1 = A

2.      Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran

2.1  Memulai pembelajaran






2.2  Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan






2.3  Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan





2.4  Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis.





2.5  Melaksanakan perbaikan pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal





2.6  Mengelola waktu pembelajaran secara efisien







Rata-rata butir 2 = B

3        Mengelola interaksi kelas

3.1  Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran





3.2  Menangani pertanyaan dan respon siswa





3.3  Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat & gerak badan





3.4  Memicu dan memelihara keterlibatan siswa






3.5  Memantapkan penguasaan materi pembelajaran






Rata-rata butir 3 = C

4        Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar

4.1  Menunjukan sikap ramah, luwes, terbuka penuh pengertian dan sabar kepada siswa





4.2  Menunjukan kegairahan dalam mengajar





4.3  Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi





4.4  Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya





4.5  Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri






Rata-rata butir 4 = D

5        Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu

a.      Bahasa Indonesia

1)      Mendemonstrasikan penguasaan materi Bhs.Indonesia





2)      Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar






3)      Memberikanlatihan  keterampilan berbahasa






4)      Peka terhadap kesalahan penggunaan istilah teknis





5)      Memupuk kegemaran membaca







Rata-rata butir 5.a = E

b.      Matematika

1)      Menanamkan konsep matematika melalui metode bervariasi yang sesuai dengan karakteristik materi





2)      Menguasai simbol-simbol matematika






3)      Memberikan latihan latihan matematika dalam kehidupan sehari-hari





4)      Menguasai materi matematika






Rata-rata butir 5.b = E

c.       IPA

1)      Membimbing siswa membuktikan konsep IPA melalui pengalaman langsung terhadap objek yang dipelajari





2)      Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalamanbelajar dengan berbagai kegiatan





3)      Menggunakan istilah yang tepat pada setiap langkah pembelajaran





4)      Terampil dalam melakukan percobaan IPA serta tepat dalam memilih alat peraga IPA






5)      Menampilkan penguasaan IPA







Rata-rata butir 5.c = E




d.      IPS

1)      Menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran IPS





2)      Menggunakan media/alat bantu dalam pembelajaran IPS






3)      Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPS






4)      Ketepatan menggunakan istilah-istilah/konsep IPS dalam pembelajaran IPS





5)      Menerapkan konsep IPS terpadu dalam kehidupan






Rata-rata butir 5.d = E




e.       PKn

1)      Menggunakan metode dan alat bantu dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan





2)      Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan





3)      Ketepatan penggunaan istilah-istilah khusus dan konsep dalam pembelajaran PKn





4)      Menunjukan penguasaan materi PKn





5)      Menerapkan konsep PKn dalam kehidupan sehari-hari






Rata-rata butir 5.e = E




6        Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar

6.1  Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran





6.2  Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran







Rata-rata butir 6 = F




7        Kesan umum pelaksanaan pembelajaran

7.1  Keefektifan proses pembelajaran






7.2  Penggunaan bahasa Indonesia lisan





7.3  Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa





7.4  Penampilan guru dalam pembelajaran






Rata-rata butir 7 = G



Nilai APKG 2 PKP PGSD =
 




Mengetahui
Kepala Sekolah,






Tarsin Miharja, S.Pd. MM
NIP. 196911101992081002
Bekasi, 10 September 2018
Supervisor 2






Riri Sadiana, S.Pd. M.Si
NPDN. 0428088504

*)Lingkari yang sesuai

Comments