ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG-PKP 2) PGSD LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG-PKP 2) PGSD
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA MAHASISWA
|
: IDRIS SALAM
|
MATA PELAJARAN/TEMA
|
: IPA
|
NIM
|
: 83490398
|
WAKTU (JAM)
|
: 2 X 35 Menit
|
TEMPAT MENGAJAR
|
: SDN Sukarapih 01
|
HARI, TANGGAL
|
: Senin, 10 September 2018
|
KELAS
|
: v (Lima)
|
UPBJJ-UT
|
: JAKARTA
|
PETUNJUK
1. Amatilah
dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkan
perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya
pada diri siswa.
3. Nilailah
kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4. Khusus
untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran,
pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang
diajarkan.
5. Nilailah
semua aspek kemampuan guru
Item
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
Melakukan
pembelajaran
|
|
||||
1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar
|
|
|
|
|
|
1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 1 = A
|
|
|||
2.
Melaksanakan
kegiatan perbaikan pembelajaran
|
|
||||
2.1 Memulai
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2.2 Melaksanakan
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
|
|
|
|
|
|
2.3 Menggunakan
alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan
lingkungan
|
|
|
|
|
|
2.4 Melaksanakan
pembelajaran dalam urutan yang logis.
|
|
|
|
|
|
2.5 Melaksanakan
perbaikan pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal
|
|
|
|
|
|
2.6 Mengelola
waktu pembelajaran secara efisien
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 2 = B
|
|
|||
3
Mengelola
interaksi kelas
|
|
||||
3.1 Memberi
petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
3.2 Menangani
pertanyaan dan respon siswa
|
|
|
|
|
|
3.3 Menggunakan
ekspresi lisan, tulisan, isyarat & gerak badan
|
|
|
|
|
|
3.4 Memicu
dan memelihara keterlibatan siswa
|
|
|
|
|
|
3.5 Memantapkan
penguasaan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 3 = C
|
|
|||
4
Bersikap
terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap
belajar
|
|
||||
4.1 Menunjukan
sikap ramah, luwes, terbuka penuh pengertian dan sabar kepada siswa
|
|
|
|
|
|
4.2 Menunjukan
kegairahan dalam mengajar
|
|
|
|
|
|
4.3 Mengembangkan
hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi
|
|
|
|
|
|
4.4 Membantu
siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya
|
|
|
|
|
|
4.5 Membantu
siswa menumbuhkan kepercayaan diri
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 4 = D
|
|
|||
5
Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu
|
|
||||
a.
Bahasa
Indonesia
|
|
||||
1) Mendemonstrasikan
penguasaan materi Bhs.Indonesia
|
|
|
|
|
|
2) Mengembangkan
kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
|
|
|
|
|
|
3) Memberikanlatihan
keterampilan berbahasa
|
|
|
|
|
|
4) Peka
terhadap kesalahan penggunaan istilah teknis
|
|
|
|
|
|
5) Memupuk
kegemaran membaca
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 5.a = E
|
|
|||
b.
Matematika
|
|
||||
1) Menanamkan
konsep matematika melalui metode bervariasi yang sesuai dengan karakteristik
materi
|
|
|
|
|
|
2) Menguasai
simbol-simbol matematika
|
|
|
|
|
|
3) Memberikan
latihan latihan matematika dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
4) Menguasai
materi matematika
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 5.b = E
|
|
|||
c.
IPA
|
|
||||
1) Membimbing
siswa membuktikan konsep IPA melalui pengalaman langsung terhadap objek yang
dipelajari
|
|
|
|
|
|
2) Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui pengalamanbelajar dengan berbagai kegiatan
|
|
|
|
|
|
3) Menggunakan
istilah yang tepat pada setiap langkah pembelajaran
|
|
|
|
|
|
4) Terampil
dalam melakukan percobaan IPA serta tepat dalam memilih alat peraga IPA
|
|
|
|
|
|
5) Menampilkan
penguasaan IPA
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 5.c = E
|
|
|||
|
|
|
|||
d.
IPS
|
|
||||
1) Menerapkan
metode bervariasi dalam pembelajaran IPS
|
|
|
|
|
|
2) Menggunakan
media/alat bantu dalam pembelajaran IPS
|
|
|
|
|
|
3) Meningkatkan
keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPS
|
|
|
|
|
|
4) Ketepatan
menggunakan istilah-istilah/konsep IPS dalam pembelajaran IPS
|
|
|
|
|
|
5) Menerapkan
konsep IPS terpadu dalam kehidupan
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 5.d = E
|
|
|||
|
|
|
|||
e.
PKn
|
|
||||
1) Menggunakan
metode dan alat bantu dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
2) Meningkatkan
keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
3) Ketepatan
penggunaan istilah-istilah khusus dan konsep dalam pembelajaran PKn
|
|
|
|
|
|
4) Menunjukan
penguasaan materi PKn
|
|
|
|
|
|
5) Menerapkan
konsep PKn dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 5.e = E
|
|
|||
|
|
|
|||
6
Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar
|
|
||||
6.1 Melaksanakan
penilaian selama proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
6.2 Melaksanakan
penilaian pada akhir pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 6 = F
|
|
|||
|
|
|
|||
7
Kesan
umum pelaksanaan pembelajaran
|
|
||||
7.1 Keefektifan
proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
7.2 Penggunaan
bahasa Indonesia lisan
|
|
|
|
|
|
7.3 Peka
terhadap kesalahan berbahasa siswa
|
|
|
|
|
|
7.4 Penampilan
guru dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
butir 7 = G
|
|
Nilai APKG 2
PKP PGSD =
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Tarsin Miharja, S.Pd. MM
NIP. 196911101992081002
|
Bekasi, 10 September
2018
Supervisor 2
Riri Sadiana, S.Pd. M.Si
NPDN. 0428088504
|
*)Lingkari yang sesuai
Comments