RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) PRA SIKLUS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) PRA SIKLUS

Sekolah                               :   ....................................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   V/ 2
Pertemuan Ke                   :   1
Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit

A.    Standar  Kompetensi                   
        Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.     Kompetensi Dasar            
                                    Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang tabung
C.     Tujuan Pembelajaran
  Peserta didik dapat :
1. Mengetahui sifat-sifat bangun ruang tabung
2. Memahami sifat-sifat dan cara mengambar  bangun ruang tabung
3. Memahami volume bangun ruang tabung
Karakter siswa yang diharapkan :  
1.      Rasa hormat dan perhatian ( respect )
2.      Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
3.      Disiplin ( Discipline ),
D.    Materi Ajar           
        Bangun Ruang Tabung
 Bangun ruang adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua lingkaran yang   
 sejajar yang sama (bentuk dan ukurannya sama) dan sebuah selimut tabung.
E.     Metode Pembelajaran
         Tanya Jawab, Ekspositori dan latihan
F.      Langkah-langkah Pembelajaran   
1.      Kegiatan awal
a.       Apresepsi/ Motivasi
b.      Mengulang kembali sekilas mengenai sifat-sifat bangun datar juga       
   bentuk-bentuk macam-macam bangun datar.
2.      Kegiatan Inti
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Menjelaskan pengertian bangun ruang tabung
b.      Menjelaskan sifat-sifat bangun ruang tabung
c.       Memberikan comtoh cara menggambar sebuah tabung
d.      Memberikan contoh cara menghitung rumus-rumus tabung
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan soal-soal latihan
  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.        Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Guru mengulang kembali cara menggambar macam-macam bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang diketahui, memberikan pekerjaan rumah
G.             Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1.      Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
2.      Gambar bangun ruang tabung
3.      Penggaris dan jangka.
H.           Penilaian
1.      Prosedur
a.       Tes Awal         : tidak dilaksanakan.
b.      Tes Proses       : dilaksanakan.
c.       Tes Akhir        : dilaksanakan.
Teknik/Jenis            : Tugas individu.
a.       Bentuk Instrumen : tes tertulis.
b.      Alat penilaian        : soal.
c.       Instrumen dan soal terlampir.
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        Bekasi,
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                               Mahasiswa



Iis Aisah,S.Pd.MM                                                                
NIP : 19640424198712 2001                                         NIM: 821664009












LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
PRA SIKLUS I

Nama Lengkap            :.........................................
No. Absen                   :.........................................
Hari.tanggal                :.........................................
Materi                          : Bangun ruang tabung

Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dari soal dibawah ini!
1.      Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh lingkaran yang sejajar yaitu...
d.      Alas dan tutup tabung                        c.    Tutup dan selimut tabung
e.       Alas dan selimut tabung                     d.    Selimut dan jari-jari tabung
2.      Bangun ruang tabung memiliki ... rusuk.
a.         4 rusuk                                         c.    2 rusuk
b.         3 rusuk                                         d.    1 rusuk
3.      Volume tabung berikut yang benar adalah
a.      2πrt                                              c.    2πr (r + t)
b.                                                       d.    1 rusuk
4.      Luas alas tabung sama dengan.....!
a.    Luas selimut tabung                      c.    Diameter tabung
b.    Luas lingkaran                               d.    Luas permukaan tabung
5.      Manakah benda berikut ini yang berbentuk tabung!
a.    Piring                                             c.    Kaleng susu
b.    mangkuk                                        d.    Sendok
6.      Jika suatu tabung memiliki jari-jari 7 cm, dan tinggi 8 cm. Maka berapakah volume dari tabung tersebut!
a.   1. 232                                       c.    1.322
b.   1. 333                                       d.    1.233
7.      Jika suatu volume tabung 7850 cm , jari-jari tabung adalah 10 cm. Maka tinggi tabung tersebut!
a.    25                                                           c.    30
b.    35                                                           d.    40                   
8.       

Pada gambar di samping , ABCD disebut?
a.  Tutup tabung                      c.    Diameter tabung
b.  Alas tabung                                    d.    Selimut tabung

9.      Diketahui sebuah tabung dengan jari-jari 14 cm dan tinggi 5 cm,maka tentukanlah luas selimut dari bangun tabung tersebut!
a.    430                                                       c.    450
b.    440                                                       d.    460                    
10.  Diketahui volume tabung 1540 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah jari-jari tabung tersebut?
a.    7                                                             c.    21
b.   14                                                           d.    28              















KUNCI JAWABAN
Lembar kerja siswa pra siklus
i.              a. Alas dan tutup tabung
ii.              c. 2 rusuk
iii.              b.
iv.              b. Luas lingkaran
v.              c. Kaleng susu
vi.              b. V =  =  =  = 1232 cm
vii.              a.  V         = t
7850   =  
7850   = 314t
   t      =   = 25 cm
viii.              d. Selimut tabung
ix.              Luas selimut tabung =     2πrt
       =     
      =         =  440
x.              V             = t
     1540   =  
1540   = 31
=   = 49
              = 7 cm




Comments