RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SDN SUKARAPIH 01
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V (Lima)
/ I (Satu)
Hari/Tanggal : Senin, 10 September 2018
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
I. Standar Kompetensi 4.
Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan
sifat benda
sebagai hasil suatu proses
II. Kompetensi Dasar 4.1
Mendeskripsikan
hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang kain, dan
kertas
III.
Indikator
Ø Mengidentifikasi beberapa jenis
bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya bahan tali timah
Ø Memberi contoh penggunaan berbagai
jenis bahan berdasarkan strukturnya
Ø Mengidentifikasi bahan-bahan yang
akan diuji kekuatannya
Ø Membandingkan kekuatan beberapa
jenis bahan yang diuji misalnya berbagai jenis barang
Ø Menyimpulkan bahwa ada hubungan
antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya dari hasil percobaan
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa
mengetahui hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya
V. Materi Ajar
Keterkaitan antara
ciri makhluk hidup dengan lingkungan teknologi dan masyarakat
VI.
Metode Pembelajaran
SAVI (Somatis Auditory Visual Intelectual)
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
·
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·
Berdoa
sebelum membuka pelajaran
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Mendoakan
siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·
Memastikan
bahwa setiap siswa datang tepat waktu
·
Menegur siswa
yang terlambat dengan sopan
·
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran;
·
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya
dengan materi yang akan dipelajari;
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·
Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan
kewirausahaan
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Mengajak siswa mengidentifikasi
jenis bahan dan penggunaannya kemudian mengajukan pertanyaan
Elaborasi
· Memberi kesempatan siswa
menyampaikan pengetahuannya tentang jenis, bahan dan penggunaannya
· Menjelaskan materi secara singkat
tentang materi jenis-jenis bahan
Konfirmasi
· Mengadakan refleksi tentang proses
hasil belajar
· Memberikan tugas untuk
mengidentifikasi nama benda terbuat dari jenis apakah benda tersebut dalam
bentuk percobaan
3.
Kegiatan Penutup
·
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam
pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan
kompetensi dasar.
·
Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
IX. Alat Dan Sumber Bahan
·
Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V.
·
Buku yang relevan
X. Penilaian
1.
Prosedur
a. Tes awal : tidak dilaksanakan
b. Tes proses : dilaksanakan
c. Tes akhir : dilaksanakan
Teknis/jenis : Tugas individu
a.
Bentuk
instrument : tes tertulis
b.
Alat
penilaian : soal
c.
Instrument
dan soal terlampir
CATATAN :
Nilai = (jumlah skor :
jumlah skor maksimal) x 100
Ø
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan remedial.
Sukatani,
10 September 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Mahasiswa,
Tarsin Miharja, S.Pd IDRIS SALAM
` NIP. 196911101992081002 NIM. 834903984
Comments