RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Praktek Mengajar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah             :  SDN SUKARAPIH 01
Mata Pelajaran            :  IPA             
Kelas/Semester            :  V (Lima)  / I (Satu)
Hari/Tanggal               :  Senin, 10 September 2018
Alokasi Waktu            :  2 X 35 Menit           


I.     Standar Kompetensi 4. 
Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda
sebagai hasil suatu proses

  II. Kompetensi Dasar 4.1
Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang kain, dan kertas

   III.          Indikator
Ø Mengidentifikasi beberapa jenis bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya bahan tali timah

Ø  Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya

Ø  Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuatannya

Ø  Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji misalnya berbagai jenis barang

Ø  Menyimpulkan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya dari hasil percobaan

                             
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa mengetahui hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya

  V.  Materi Ajar
Keterkaitan antara ciri makhluk hidup dengan lingkungan teknologi dan masyarakat

   VI.          Metode Pembelajaran
SAVI (Somatis Auditory Visual Intelectual)









VIII.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.  Kegiatan Awal
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·      Berdoa sebelum membuka pelajaran
·      Memeriksa kehadiran siswa
·      Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
·      Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
·      Menegur siswa yang terlambat dengan sopan
·      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
·      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·      Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·      Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai karakter dan kewirausahaan

2.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
·    Mengajak siswa mengidentifikasi jenis bahan dan penggunaannya kemudian mengajukan pertanyaan

Elaborasi
·    Memberi kesempatan siswa menyampaikan pengetahuannya tentang jenis, bahan dan penggunaannya
·    Menjelaskan materi secara singkat tentang materi jenis-jenis bahan


Konfirmasi
·    Mengadakan refleksi tentang proses hasil belajar
·    Memberikan tugas untuk mengidentifikasi nama benda terbuat dari jenis apakah benda tersebut dalam bentuk percobaan

3.  Kegiatan Penutup
·      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi dasar.
·      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
·      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

IX. Alat Dan Sumber Bahan
·      Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V.
·      Buku yang relevan

X. Penilaian

1.      Prosedur
a.    Tes awal                  : tidak dilaksanakan
b.    Tes proses               : dilaksanakan
c.    Tes akhir                 : dilaksanakan
Teknis/jenis : Tugas individu
a.       Bentuk instrument      : tes tertulis
b.      Alat penilaian              : soal
c.       Instrument dan soal terlampir


CATATAN :
Nilai = (jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 100
Ø Untuk siswa  yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.


                                                                                                Sukatani, 10 September 2018
          Mengetahui,
       Kepala Sekolah,                                                     Mahasiswa,





Tarsin Miharja, S.Pd                                                IDRIS SALAM
`                        NIP. 196911101992081002                                      NIM.  834903984                   



Comments