RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SDN Sukahurip 02
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Kelas/Semester :
IV/II
Hari/Tgl :
Jum’at, 11 Mei 2016
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
I.
Standar
Kompetensi :
5. Menjumlahkan dan mengurangkan
bilangan bulat
II.
Kompetensi
Dasar :
1.1.Mengurutkan
bilangan bulat
III.
INDIKATOR
a. Menuliskan
bilangan bulat
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
a. Siswa
dapat mengurutkan bilangan bulat dari yang terkecil sampai yang terbesar
V.
Materi
Pembalajaran :
Bilangan Bulat
1. Mengenal
bilangan bulat positif dan negative
Bilangan-bilangan 0,1, 2, 3, 4,
5,…disebut bilangan cacah, sedangkan 1, 2, 3, 4, 5,…disebut bilangan asli. Jadi
bilangan cacah adalah gabungan dari bilangan nol dan bilangan asli. Bilangan
nol, bilangan asli, dan lawan bilangan asli disebut bilangan bulat.
2. Membaca
dan Menulis Lambang Bilangan Bulat
Bilangan asli atau bilangan bulat
positif sudah sangat kita kenal, sedangkan untuk bilangan negative cara
membacanya diawali dengan kata negative di depan bilangan. Contoh :
10 dibaca sepuluh
-10 dibaca negative sepuluh
VI.
Metode
Pembelajaran :
a. Ceramah
b. Tanya
jawab
c. Diskusi
Kelompok
VII.
Kegiatan
Pembelajaran :
Pra KBM (5 menit)
·
Berdo’a
·
Absen
·
Mengkondisikan
siswa kepada situasi belajar
A. Kegiatan
Awal (5 menit)
·
Apersepsi
·
Guru
menyampaikan materi pembelajaran yang akan dipelajari
·
Guru
menyampaikan isi pokok materi pembelajaran
B. Kegiatan
Inti (15 menit)
Eksplorasi :
·
Siswa menyimak
penjelasan guru tentang pengertian bilangan bulat
·
Guru meminta
salah seorang siswa menuliskan bilangan bulat
·
Setiap siswa
menagamati dengan cermat apa yang ditulis salah seorang siswa
Elaborasi :
·
Semua siswa
mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru
·
Selanjutnya,
siswa diminta menuliskan bilangan bulat
·
Siswa
menyampaikan pengertian bilangan bulat
·
Siswa lain
diberi kesempatan member komentar
Konfirmasi :
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman
C. Kegiatan
Akhir (10 menit)
·
Siswa diberi
tugas mencatat isian materi tersebut kemudian menuliskan di depan kelas
VIII.
Alat
Dan Sumber Pembelajaran :
a. Alat : contoh latihan
b. Sumber : Buku Matematika Kelas IV
IX.
PENILAIAN
·
Prosedur Tes : Post Tes
·
Jenis Tes : Tertulis
·
Bentuk Tes : Pilihan Ganda
·
Alat tes : Butir Soal
1. Soal
Tes :
A.
Mari
mengurutkan bilangan bulat berikut!
1. -5,
1, -1, 0, -3, -4, -2
2. 8,
-2, 6, 2, 0, 4, -4
3. 4,
-2, 7, 1, 10, -5, -8
4. -9,
7, 11, 3, 15, -1, -5
5. 0,
6, 18, -6, 12, -12, 24
2. Kriteria
Penilaian :
§ Setiap
butir soal jika dijawab benar mendapat skor 5
§ Skor
ideal = 100
§ Nilai
Akhir = jumlah jawaban benar X 4
Mengetahui, Sukahurip,
11 Meis 2016
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
H. NAHRAWI ADIWIKARTA,S.Pd ERAM SUGIMAN
NIP.
196504061988031005 NIM.
836163935
Comments