RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN (RPP PERBAIKAN) SIKLUS I

RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
(RPP PERBAIKAN) SIKLUS I

Sekolah                               :   ........................................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   V/ 2
Pertemuan Ke                   :   II
Alokasi Waktu                   :   2 x 35 Menit

A.      Standar  Kompetensi                   
     Menghitung luas segi banyak sederhana,luas lingkaran dan volume tabung.

B.     Kompetensi Dasar           
                                   Menghitung volume tabung.
C.    Indikator
1.      Menjelaskan pengertian bangun ruang tabung.
2.      Menjelaskan jaring-jaring tabung.
3.      Menyebutkan ciri-ciri bangun ruang tabung.
D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa kelas V SDN Kedung Pengawas 03 dapat menjelaskan pengertian bangun ruang tabung dengan benar.
2.      Siswa dapat membuat jaring-jaring tabung.
3.      Siswa diharapkan dapat menyebutkan ciri-ciri bangun ruang tabung dengan tepat.
E.       Tujuan Perbaikan Pembelajaran
1.      Tujuan Perbaikan bagi Siswa
a.       Siswa dapat termotivasi dengan adanya media benda nyata yang digunakan dalam proses pembelajaran ini.
b.      Siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran.
c.       Siswa dapat lebih memahami sifat-sifat bangun ruang tabung.
2.       Tujuan Perbaikan bagi Guru
Sebagai sarana perbaikan pembelajaran bagi guru khususnya metode mengajar yang mana pada sebelumnya yaitu hanya menggunakan metode ceramah menjadi pembelajaram menggunakan metode realistic mathematics education melalui diskusi kelompok.
F.       Materi Ajar          
            Bangun Ruang Tabung
Bangun ruang tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua       lingkaran yang sejajar yang sama (bentuk dan ukurannya sama) dan  sebuah selimut tabung(sisi lengkung tabung).
Contoh bangun ruang tabung adalah sebagai berikut




                       

1.      Memiliki dua sisi yaitu sisi alas(AB) dan sisi atas atau tutup tabung (CD).
2.      Pusat lingkarang,berada di titik T1 dan T2.
3.      Diameter atau garis tengah lingkaran yaitu berada di titik AT1B dan CT2D.
4.      Jari-jari lingkaran yaitu setengah diameter atau garis tengah lingkaran. Berada di titik AT1,BT1,CT2 dan DT2. Biasanya dinotasikan dengan t.
5.      Tinggi tabung adalah jarak dari titik pusat T1 – T2.
6.      Selimut tabung adalah sisi lengkung tabung.
G.                Metode Pembelajaran
1.      Metode Realistic Mathematics Education
2.      Ceramah plus
3.      Diskusi kelompok

H.                Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (10 menit)
a.       Guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam,menyapa siswa,berdo’a dan menanyakan kehadiran siswa.
b.      Guru kemudian meminta siswa untuk menyiapkan pembelajaran matematika.
c.       Sebelum melakukan pembelajaran lebih lanjut,guru terlebih dahulu menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
d.      Guru menyampaikan hasil belajar pada pembelajaran sebelumnya.
e.       Setelah itu guru menyampaikan manfaat mempelajari bangun ruang tabung guna meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
2.      Kegiatan Inti (50 menit)
a.       Guru membagi siswa menjadi lima kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 5 orang.
b.      Setelah membagi kelompok,guru meminta 1 orang siswa untuk membantu membagikan gambar berbentuk tabung.
c.       Setelah itu,guru menyampaikan kegiatan apa saja yang harus dilakukan siswa dalam kelompok tersebut yaitu mencari pengertian bangun ruang tabung.
d.      Kemudian guru menjelaskan mengenai  materi bangun ruang tabung dengan menunjukan berbagai macam gambar yang ada di sekitar lingkungan sehari-hari kita melalui metode realistic mathematic education.
e.       Guru menbagikan Lembar kerja siswa kesatu untuk didiskusikan.
f.       Setelah diskusi kelompok selesai,guru meminta setiap perwakilan siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya.
g.      Guru kemudian memberikan tanggapan berupa penguatan dan meluruskan materi yang disampaikan siswa.
h.      Guru memberikan lembar kerja siswa ke dua untuk dikerjakan dalam waktu 15 menit.

3.      Kegiatan Akhir  (10 menit)
a.       Guru beserta siswa kemudian mengulang kembali materi bangun ruang tabung.
b.      Dengan cara menunjuk bagian bangun ruang tabung guru beserta siswa menyebutkan sifat-sifat dari bangun ruang tabung tersebut.
c.       Guru mengakhiri pembelajaran hari ini.
I.         Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.      Alat/Bahan belajar
Gambar bangun ruang tabung yang ada di kehidupan sehari-hari.
2.      Sumber belajar
Pelajaran matemetika untuk sekolah dasar kelas V ditulis oleh M.Khafid Kasri dan Suyati penerbit erlangga.
J.         Penilaian
1.      Prosedur
a.       Tes Awal         : tidak dilaksanakan.
b.      Tes Proses       : dilaksanakan.
c.       Tes Akhir        : dilaksanakan.
2.      Teknik/Jenis          : tugas kelompok dan tugas individu.
a.       Bentuk Instrumen       : tes tertulis.
b.      Alat penilaian  : soal.
c.       Instrumen dan soal terlampir.









CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Bekasi,

Mengetahui                                                                
Kepala Sekolah                                                           Mahasiswa



Iis Aisah,S.Pd.MM                                                    
NIP: 19640424198712 2001                                      NIM: 821664009
















LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
KE SATU SIKLUS 1

Kelompok                   :...........................
Anggota kelompok     :1.                                            4.        
                                     2.                                            5.                    
                                     3.
I.         Jawablah pertanyaan ini dengan benar!
1.      Tuliskan pengertian bangun ruang tabung dengan kata-kata anda sendiri!
Jawab:.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.......................................................................................................................
2.      Sebutkan ciri-ciri bangun ruang tabung!
Jawab:........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Sebutkan 5 benda-benda yang berbentuk tabung yang ada disekeliling kita!
Jawab:........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
KE DUA SIKLUS I

Nama Lengkap            :.........................................
No. Absen                   :.........................................
Hari.tanggal                :.........................................
Materi                          : Bangun ruang tabung

I.         Jawablah pertanyaan ini dengan benar!
1.      Tuliskan pengertian bangun ruang tabung dengan kata-kata anda sendiri!
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Buatlah jaring-jaring tabung!
Jawab:.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Sebuah tabung memiliki berapa sisi?sebutkan!
Jawab:......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.      Sebutkan ciri-ciri bangun ruang tabung!
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.      Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh lingkaran yang sejajar yaitu!
Jawab:..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
KUNCI JAWABAN

Lembar Kerja Siswa (LKS) Ke I Siklus I
1.        Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua lingkaran yang sejajar yang sama (bentuk dan ukurannya) dan sebuah selimut tabung ( sisi lengkung tabung).
2.           Memiliki dua rusuk.
4.    Alas tabung dan tutup tabung berbentuk lingkaran.  
5.    Memiliki tiga bidang sisi ( sisi alas,sisi tutup dan sisi selimut tabung).
3.        Kaleng susu,gelas, pralon,tabung gas, dan bambu.

Lembar Kerja Siswa (LKS) PR Ke II Siklus I
1.        Tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua lingkaran yang sejajar yang sama (bentuk dan ukurannya) dan sebuah selimut tabung ( sisi lengkung tabung).
2.         






3.        Sisi alas,sisi selimut tabung dan sisi tutup tabung
4.           Memiliki dua rusuk.
6.    Alas tabung dan tutup tabung berbentuk lingkaran.
7.    Memiliki tiga bidang sisi ( sisi alas,sisi tutup dan sisi selimut tabung).
5.        Alas dan tutup tabung.




Comments