|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun
Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : II / 1
Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 2 : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga
kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, dan visual.
4.4 Menyajikan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan
sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan,
dan visual.
Matematika
3.10
Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciricirinya.
4.10
Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
SBdP
3.3 Memahami
gerak keseharian dalam tari.
4.3 Meragakan
gerak keseharian dalam tari.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan
bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman)
secara tepat.
¡ Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis
secara tepat.
¡ Menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat
berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
¡ Menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat
berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
¡ Membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal
dan intonasi yang tepat.
¡ Melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan
berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar.
¡ Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan ejaan
yang tepat.
¡ Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan
bahasa Indonesia yang tepat
Matematika
¡ Menentukan bangun datar berdasarkan banyak
sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
¡ Mengelompokkan bangun datar berdasarkan
banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar
SBdP
¡ Mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
¡ Mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
¡ Mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
¡ Mengidentifikasi koordinasi gerak dengan benar.
¡ Melakukan gerak bagian kepala dengan hitungan secara tepat.
¡ Melakukan gerak bagian tangan dengan hitungan (misalnya melambai
satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) secara
tepat.
¡ Melakukan gerak bagian kaki dengan hitungan secara tepat.
¡ Melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan secara
tepat.
¡ Melakukan gerak bagian kepala dengan iringan secara tepat.
¡ Melakukan gerak bagian tangan dengan iringan (misalnya melambai
satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul dan sebagainya) secara tepat.
¡
Melakukan gerak bagian kaki dengan iringan secara tepat.
¡
Melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan iringan secara tepat.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang
dibacakan berkaitan dengan
lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman)
secara tepat.
¡ Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang
berkaitan dengan lingkungan sehat
menggunakan bahasa tulis secara tepat.
¡ Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata
yang berkaitan dengan
lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
¡ Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna
kosakata yang berkaitan dengan
lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
¡ Melalui penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang
berkaitan dengan lingkungan
sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
¡ Melalui instruksi guru, siswa dapat melakukan pengamatan
sederhana tentang lingkungan
sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar.
¡ Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan
sederhana tentang lingkungan
sehat dengan ejaan yang tepat.
¡ Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan
sederhana tentang lingkungan
sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat
mengidentifikasi arah gerak
kepala dengan benar.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat
mengidentifikasi arah gerak
tangan dengan benar.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi
arah gerak kaki dengan
benar.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat
mengidentifikasi koordinasi gerak
dengan benar.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan
gerak bagian kepala dengan
hitungan secara tepat.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan
gerak bagian tangan dengan
hitungan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) secara
tepat.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan
gerak bagian kaki dengan hitungan
secara tepat.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan
koordinasi gerak kepala,
tangan, dan kaki dengan hitungan secara tepat.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan
gerak bagian kepala dengan
iringan secara tepat.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan
gerak bagian tangan dengan
iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul dan sebagainya) secara tepat.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan
gerak bagian kaki dengan iringan
secara tepat.
¡ Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan
koordinasi gerak kepala,
tangan, dan kaki dengan iringan secara tepat.
¡ Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa
dapat menentukan bangun datar
berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
¡ Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa
dapat mengelompokkan
bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Aku dan Sekolahku”. (Integritas)
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. (
Communication )
|
15 menit
|
|
Inti
|
§
Pada awal pembelajaran, siswa mendengarkan teman membacakan
teks percakapan yang berkaitan dengan hidup bersih dan sehat
di kelas.
§
Bertanya jawab tentang isi percakapan yang di dengar.
§
Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks
percakapan. (Mandiri)
§
Mengoreksi kebenaran jawaban yang telah dibuat siswa.
§
Memberikan penguatan terhadap jawaban siswa.
§
Siswa mendiskusikan makna kata yang terdapat dalam tabel,
yaitu kata kemoceng, kain pel, dan vas. (
Collaboration )
§
Untuk menguji hasil diskusi siswa, mereka diberikan soal
menjodohkan tentang kata dengan makna yang sesuai.
§
Mengoreksi kebanaran hasil kerja siswa dan memberikan
penguatan. (Gotong-royong)
§
Siswa membaca teks “Kelasku Bersih, Aku Bangga!”. ( Literasi )
§
Bertanya jawab tentang isi teks yang dibaca. Pertanyaan
yang dapat diajukan misalnya “Apa isi teks
yang kamu baca?” dan “Sikap apa yang dapat kita
teladani dari teks yang telah kita baca tadi?”.
§
Siswa diarahkan untuk mengamati ciri ruang kelas yang
bersih dan sehat.
§
Bertanya jawab tentang isi gambar dan menghubungkannya
dengan ciri ruang kelas yang sehat. (
Communication )
§
Siswa menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk laporan
sederhana. (Mandiri)
§
Ketika menulis laporan, siswa dibimbing penggunaan ejaan
dengan benar.
§
Siswa membacakan laporan yang telah ditulis dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
§
Siswa mengamati gambar tentang gerakan tari menyapu
lantai.
§
Bertanya jawab tentang isi gambar.
§
Guru mencontohkan gerakan menyapu lantai dalam bentuk
tari.
§
Bertanya jawab tentang cara melakukan gerakan tari
menyapu lantai.
§
Siswa mencoba menirukan gerakan tari menyapu lantai
dengan hitungan. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§
Jika telah bisa, siswa diarahkan melakukan gerakan tari
menggunakan iringan musik, misalnya alat
musik ritmis.
§
Bertanya jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§
Menghubungkan dengan pembelajaran matematika, siswa
diarahkan untuk mengamati bangun datar yang
ada pada permukaan dinding alat musik ritmis gendang dan tifa. ( Creativity
and Innovation )
§
Bertanya jawab tentang sisi, sudut, dan titik sudut
bangun datar.
§
Guru membimbing siswa tentang sisi, sudut, dan titik
sudut pada bangun datar hingga benar-benar paham.
§
Setelah siswa paham dengan konsep sisi, sudut, dan titik
sudut padabangun datar, siswa mengerjakan soal-soal evaluasi. (Mandiri)
§
Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
§
Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
§
Memberikan motivasi dan penguatan terhadap prestasi
belajar siswa
|
180 menit
|
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Aku dan Sekolahku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu 2013 Rev.2017Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Gambar yang berhubungan dengan ciri lingkungan sekolah yang
sehat.
¡ Gambar yang berhubungan dengan tari gerakan menyapu.
¡ Gambar dan model berbagai bentuk bangun datar.
|
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
.............................
|
GURU KELAS II
.............................
|
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
¡ Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan
sehat di sekolah.
¡ Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan
sehat di sekolah.
¡ Membuat laporan sederhana tentang lingkungan sehat di
sekolah.
¡ Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
¡ Menentukan bangun datar berdasarkan banyaknya sisi, sudut,
dan titik sudut.
PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
PENILAIAN
A.
Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap: Observasi
2. Penilaian Pengetahuan: Tes
3. Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
B.
Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada sikap setiap siswa yang
terlihat!
|
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
Peduli
|
Percaya Diri
|
||||||
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat
C. Penilaian Pengetahuan
Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan sekolah yang
bersih.
Skor : 5
Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan
sekolah yang bersih.
Skor : 3
Menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut,
dan titik sudut.
Skor : 5
D. Penilaian Keterampilan
Menirukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari.
|
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
|
1
|
Siswa melakukan gerakan sesuai dengan tema
|
|
|
|
2
|
Siswa melakukan gerakan sesuai dengan hitungan dan
iringan
|
|
|
Hasil penilaian menirukan gerakan menyapu
lantai dalam bentuk tari.
Membuat
laporan sederhana tentang lingkungan sekolah yang bersih
|
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
1
|
Kelengkapan
isi laporan
|
Isi laporan
lengkap
|
Isi laporan
mencakup
sebagian besar
isi gambar
|
Isi laporan
hanya
mencakup
sebagian kecil
isi gambar
|
Isi laporan
belum sesuai
dengan isi
gambar
|
|
2
|
Tampilan
|
Tulisan jelas,
rapi, dan
bersih
|
Tulisan jelas,
tetapi kurang
rapi atau
bersih
|
Tulisan kurang
jelas
|
Tulisan tidak
bisa dibaca
|
Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan
sekolah yang bersih
|
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
1
|
Kemampuan
Membaca Teks
|
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks
|
Siswa mampu
membaca
setengah atau lebih bagian
teks
|
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah bagian teks
|
Siswa belum
mampu
membaca teks
|
|
2
|
Pemahaman
Isi teks
|
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu
menjawab
setengah
atau lebih
pertanyaan
yang diajukan
|
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah
pertanyaan
yang diajukan
|
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
|
REMEDIAL
• Menjelaskan kembali materi yang berhubungan dengan
lingkungan sekolah yang bersih dan sehat bagi siswa yang belum paham.
• Menjelaskan kembali materi yang berhubungan dengan cra
melakukan gerakan tari menyapu bagi siswa yang belum bisa melakukannya dengan
benar.
• Mengulas kembali materi yang berhubungan dengan banyak
sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar.
PENGAYAAN
• Siswa mengamati berbagai contoh lingkungan sekolah yang
bersih dan sehat kemudian menceritakan
hasil pengamatannya dengan bahasa yang santun.
• Siswa mengembangkan tari gerakan menyapu dengan kombinasi
gerakan yang lain agar tarian menjadi lebih indah.
• Siswa mengamati lebih lanjut berbagai bentuk bangun datar
di lingkungan sekitar dan menghitung banyak sisi, sudut, dan titik sudut setiap
bangun datar.
Comments