RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 Tema 4 sub tema 2 kelas 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :     II / 1
Tema 4                             :     Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 2                    :     Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran Ke           :     1
Alokasi Waktu                :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
4.4 Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciricirinya.
4.10 Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya

SBdP
3.3 Memahami gerak keseharian dalam tari.
4.3 Meragakan gerak keseharian dalam tari.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡  Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
¡  Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
¡  Menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
¡  Menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
¡  Membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
¡  Melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar.
¡  Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan ejaan yang tepat.
¡  Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat

Matematika
¡  Menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
¡  Mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar
                                                                                   
SBdP
¡  Mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
¡  Mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
¡  Mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
¡  Mengidentifikasi koordinasi gerak dengan benar.
¡  Melakukan gerak bagian kepala dengan hitungan secara tepat.
¡  Melakukan gerak bagian tangan dengan hitungan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) secara tepat.
¡  Melakukan gerak bagian kaki dengan hitungan secara tepat.
¡  Melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan secara tepat.
¡  Melakukan gerak bagian kepala dengan iringan secara tepat.
¡  Melakukan gerak bagian tangan dengan iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul dan sebagainya) secara tepat.
¡  Melakukan gerak bagian kaki dengan iringan secara tepat.
¡  Melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan iringan secara tepat.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
¡  Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
¡  Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
¡  Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
¡  Melalui penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
¡  Melalui instruksi guru, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar.
¡  Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan ejaan yang tepat.
¡  Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kepala dengan hitungan secara tepat.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian tangan dengan hitungan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) secara tepat.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kaki dengan hitungan secara tepat.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan secara tepat.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kepala dengan iringan secara tepat.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian tangan dengan iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul dan sebagainya) secara tepat.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak bagian kaki dengan iringan secara tepat.
¡  Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan iringan secara tepat.
¡  Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa dapat menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
¡  Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa dapat mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.






v  Karakter siswa yang diharapkan :            Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas


E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Aku dan Sekolahku”. (Integritas)
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. ( Communication )
15 menit
Inti
§  Pada awal pembelajaran, siswa mendengarkan teman membacakan teks percakapan yang berkaitan dengan hidup bersih dan sehat di kelas.
§  Bertanya jawab tentang isi percakapan yang di dengar.
§  Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks percakapan. (Mandiri)
§  Mengoreksi kebenaran jawaban yang telah dibuat siswa.
§  Memberikan penguatan terhadap jawaban siswa.
§  Siswa mendiskusikan makna kata yang terdapat dalam tabel, yaitu kata kemoceng, kain pel, dan vas. ( Collaboration )
§  Untuk menguji hasil diskusi siswa, mereka diberikan soal menjodohkan tentang kata dengan makna yang sesuai.
§  Mengoreksi kebanaran hasil kerja siswa dan memberikan penguatan. (Gotong-royong)
§  Siswa membaca teks “Kelasku Bersih, Aku Bangga!”. ( Literasi )
§  Bertanya jawab tentang isi teks yang dibaca. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya “Apa isi teks yang kamu baca?” dan “Sikap apa yang dapat kita teladani dari teks yang telah kita baca tadi?”.
§  Siswa diarahkan untuk mengamati ciri ruang kelas yang bersih dan sehat.
§  Bertanya jawab tentang isi gambar dan menghubungkannya dengan ciri ruang kelas yang sehat. ( Communication )
§  Siswa menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk laporan sederhana. (Mandiri)
§  Ketika menulis laporan, siswa dibimbing penggunaan ejaan dengan benar.
§  Siswa membacakan laporan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§  Siswa mengamati gambar tentang gerakan tari menyapu lantai.
§  Bertanya jawab tentang isi gambar.
§  Guru mencontohkan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari.
§  Bertanya jawab tentang cara melakukan gerakan tari menyapu lantai.
§  Siswa mencoba menirukan gerakan tari menyapu lantai dengan hitungan. ( Critical Thinking and Problem Solving )
§  Jika telah bisa, siswa diarahkan melakukan gerakan tari menggunakan iringan musik, misalnya alat musik ritmis.
§  Bertanya jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan.
§  Menghubungkan dengan pembelajaran matematika, siswa diarahkan untuk mengamati bangun datar yang ada pada permukaan dinding alat musik ritmis gendang dan tifa. ( Creativity and Innovation )
§  Bertanya jawab tentang sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar.
§  Guru membimbing siswa tentang sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar hingga benar-benar paham.
§  Setelah siswa paham dengan konsep sisi, sudut, dan titik sudut padabangun datar, siswa mengerjakan soal-soal evaluasi. (Mandiri)
§  Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
§  Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami.
§  Memberikan motivasi dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa
180 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)
15 menit

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Aku dan Sekolahku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu 2013 Rev.2017Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Gambar yang berhubungan dengan ciri lingkungan sekolah yang sehat.
¡  Gambar yang berhubungan dengan tari gerakan menyapu.
¡  Gambar dan model berbagai bentuk bangun datar.



MENGETAHUI
                          KEPALA SEKOLAH                         




.............................

GURU KELAS II





.............................






















LAMPIRAN 1

MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di sekolah.
¡  Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di sekolah.
¡  Membuat laporan sederhana tentang lingkungan sehat di sekolah.
¡  Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
¡  Menentukan bangun datar berdasarkan banyaknya sisi, sudut, dan titik sudut.

PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
































LAMPIRAN 2
PENILAIAN
A. Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap: Observasi
2. Penilaian Pengetahuan: Tes
3. Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
B. Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada sikap setiap siswa yang terlihat!
No
Nama Siswa
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Santun
Peduli
Percaya Diri
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
1













2













3













Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum Terlihat
C. Penilaian Pengetahuan
Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan sekolah yang bersih.
Skor : 5
Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan sekolah yang bersih.
Skor : 3
Menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut.
Skor : 5
D. Penilaian Keterampilan
Menirukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Siswa melakukan gerakan sesuai dengan tema


2
Siswa melakukan gerakan sesuai dengan hitungan dan iringan


Hasil penilaian menirukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari.




Membuat laporan sederhana tentang lingkungan sekolah yang bersih
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kelengkapan
isi laporan
Isi laporan
lengkap
Isi laporan
mencakup
sebagian besar
isi gambar
Isi laporan
hanya
mencakup
sebagian kecil
isi gambar
Isi laporan
belum sesuai
dengan isi
gambar
2
Tampilan
Tulisan jelas,
rapi, dan
bersih
Tulisan jelas,
tetapi kurang
rapi atau
bersih
Tulisan kurang
jelas
Tulisan tidak
bisa dibaca

Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sekolah yang bersih
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan
teks
Siswa mampu
membaca
setengah atau lebih bagian
teks
Siswa mampu
membaca
kurang dari
setengah bagian teks
Siswa belum
mampu
membaca teks
2
Pemahaman
Isi teks
Mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan
Mampu
menjawab
setengah
atau lebih
pertanyaan
yang diajukan
Mampu
menjawab
kurang dari
setengah
pertanyaan
yang diajukan
Belum mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang diajukan

REMEDIAL
      Menjelaskan kembali materi yang berhubungan dengan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat bagi siswa yang belum paham.
      Menjelaskan kembali materi yang berhubungan dengan cra melakukan gerakan tari menyapu bagi siswa yang belum bisa melakukannya dengan benar.
      Mengulas kembali materi yang berhubungan dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar.






PENGAYAAN
      Siswa mengamati berbagai contoh lingkungan sekolah yang bersih dan  sehat kemudian menceritakan hasil pengamatannya dengan bahasa yang santun.
      Siswa mengembangkan tari gerakan menyapu dengan kombinasi gerakan yang lain agar tarian menjadi lebih indah.
      Siswa mengamati lebih lanjut berbagai bentuk bangun datar di lingkungan sekitar dan menghitung banyak sisi, sudut, dan titik sudut setiap bangun datar.




Comments