RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
|
1
|
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan
dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri
makhluk hidup.
|
|
2
|
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan
tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di
lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat
efektif.
|
4.4.1
Menuliskan informasi tentang tentang ciri-ciri makhluk hidup.
|
Matematika
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
|
1
|
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
|
3.1.1
Menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan.
|
|
2
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi
hitung pada bilangan cacah.
|
4.1.1
Menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa
menyimpan.
|
SBdP
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
|
1
|
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
|
3.2.1 Menyebutkan arti penting bersyukur kepada
Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.
|
|
2
|
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
|
4.2.1 Menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan
YME.
|
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa dapat
menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
2.
Setelah mengamati, siswa dapat
menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa
menyimpan dengan benar.
3.
Setelah mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri
makhluk hidup dengan tepat.
4.
Setelah mengamati, siswa dapat
menuliskan informasi tentang tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
5.
Setelah mengamati, siswa dapat
menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari
simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
6.
Setelah mengamati, siswa dapat
menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia
Pusaka”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡
Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
|
10 menit
|
|
Inti
|
§ Siswa mengingat
kembali ciri-ciri makhluk hidup.
§ Siswa mengamati
gambar, lalu mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.
§ Siswa juga
mengidentifikasi sikap yang erkaitan dengan
gambar tersebut. Critical Thinking and Problem Solving
§ Secara
bergiliran siswa akan menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut.
§ Gambar 1,
keluarga Edo sedang makan bersama. Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk
hidup perlu makanan untuk tumbuh. Makanan yang dibutuhkan adalah makanan
yang bersih dan sehat. Sebelum dan sesudah makan sebaiknya kita berdoa
sebagai tanda syukur kita kepada Tuhan.
§ Gambar keluarga
Siti sedang berolahraga. Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup
dapat bergerak. Manusia bergerak dengan cara berjalan atau berlari.
Olahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan dan alat gerak agar tetap sehat.
Menggunakan sandal atau sepatu untuk menjaga dari benda-benda yang dapat
melukai.
§ Gambar Beni
menutup mata saat silau melihat cahaya matahari. Gambar tersebut menunjukkan
bahwa makhluk hidup peka terhadap rangsang. Kemampuan spontan
tersebut Tuhan berikan untuk menjaga organ tubuh kita. Salah satu cara mensyukurinya
kita harus menjaga mata untuk tidak terlalu lama dan dekat saat menonton
televisi karena itu akan sangat merusak mata.
§ Gambar keluarga
Edo sedang berkumpul. Ada banyak saudara udin pada gambar. Artinya makhluk
hidup berkembang biak. Berkembang biak untuk menjaga kelangsungan
dan kelestarian makhluk hidup.
§ Gambar keluarga
Lani sedang menghirup udara di taman depan rumahnya. Gambar tersebut
menunjukkan makhluk hidup bernapas. Manusia membutuhkan udara yang
bersih. Oleh karena itu, manusia perlu menjaga lingkungannya.
§ Kegiatan
dilanjutkan dengan mengerjakan latihan tentang cara bersyukur.
§ Cara bersyukur
atas karunia kaki untuk berjalan bisa dilakukan dengan cara memelihara
kaki. Menggunakan sepatu atau sandal agar terhindar dari benda berbahaya.
Menggunakan untuk hal yang baik.
§ Mensyukuri
badan yang tumbuh besar dengan cara menjaga asupan makanan. Badan yang kuat
membuat energi makin kuat. Kekuatan digunakan untuk melindungi atau
membantu yang lain.
§ Mensyukuri
karena memiliki makanan dan minuman dengan cara berdoa sebelum dan sesudah
makan.
§ Mensyukuri
kemampuan bernapas dengan ikut menjaga lingkungan. Sehingga udara yang
dihirup selalu bersih dan sehat untuk tubuh.
§ Bersyukur atas
keluarga yang menyayangi dengan cara menyayangi kembali semua anggota
keluarga.
§ Siswa mengingat
kembali teknik penjumlahan susun ke bawah yang sudah dipelajari
sebelumnya.
§ Siswa menjawab pertanyaan
tentang soal penjumlahan yang diberikan guru. Mandiri
§ Siswa
menyelesaikan soal yang ada pada gambar ikan. Critical Thinking
and Problem Solving
-
Warnai dengan warna merah bagian
tubuh ikan untuk hasil penjumlahan lebih dari 5.000.
-
Warnai dengan warna kuning bagian
tubuh ikan untuk hasil penjumlahan kurang dari 5.000.
-
Warnai dengan warna biru untuk hasil
penjumlahan sama dengan 1.000.
§ Siswa berlatih
membuat soal cerita penjumlahan, lalu meminta teman lain menjawab
pertanyaan yang dibuatnya. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian. Collaboration
|
150 menit
|
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi dengan cara mengisi halaman Aku Sudah Bisa yang ada di
buku siswa.
¡ Pernyataan
dibacakan satu-satu, lalu siswa memberi tanda centang (ΓΌ)jika merasa sudah memahami materi tersebut.
¡ Jika ada materi
yang belum dipahami, secara bersama-sama diskusikan strategi pencapaiannya,
misalnya melalui kegiatan remedial.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Yamko
Rambe Yamko”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar berseri dengan ukuran besar.
¡ Buku teks siswa dan guru.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
..............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
...........................................
|
Comments