RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK KELAS 3 PEMBELAJARAN 6 TEMA 1 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 1                            :     Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 1                   :     Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran                :     6
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.4.1 Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup.

2
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
4.4.1 Menuliskan informasi tentang tentang ciri-ciri makhluk hidup.

Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1 Menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan.

2
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1.1 Menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan.


SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

3.2.1  Menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

2
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
4.2.1  Menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME.



C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.    Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
2.    Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.
3.    Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
4.    Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan informasi tentang tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
5.    Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
6.    Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.


v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis
¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

10 menit
Inti
§  Siswa mengingat kembali ciri-ciri makhluk hidup.
§  Siswa mengamati gambar, lalu mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.
§  Siswa juga mengidentifikasi sikap yang  erkaitan dengan gambar tersebut. Critical Thinking and Problem Solving
§  Secara bergiliran siswa akan menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut.
§  Gambar 1, keluarga Edo sedang makan bersama. Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup perlu makanan untuk tumbuh. Makanan yang dibutuhkan adalah makanan yang bersih dan sehat. Sebelum dan sesudah makan sebaiknya kita berdoa sebagai tanda syukur kita kepada Tuhan.

§  Gambar keluarga Siti sedang berolahraga. Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup dapat bergerak. Manusia bergerak dengan cara berjalan atau berlari. Olahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan dan alat gerak agar tetap sehat. Menggunakan sandal atau sepatu untuk menjaga dari benda-benda yang dapat melukai.
§  Gambar Beni menutup mata saat silau melihat cahaya matahari. Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup peka terhadap rangsang. Kemampuan spontan tersebut Tuhan berikan untuk menjaga organ tubuh kita. Salah satu cara mensyukurinya kita harus menjaga mata untuk tidak terlalu lama dan dekat saat menonton televisi karena itu akan sangat merusak mata.
§  Gambar keluarga Edo sedang berkumpul. Ada banyak saudara udin pada gambar. Artinya makhluk hidup berkembang biak. Berkembang biak untuk menjaga kelangsungan dan kelestarian makhluk hidup.
§  Gambar keluarga Lani sedang menghirup udara di taman depan rumahnya. Gambar tersebut menunjukkan makhluk hidup bernapas. Manusia membutuhkan udara yang bersih. Oleh karena itu, manusia perlu menjaga lingkungannya.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan mengerjakan latihan tentang cara bersyukur.
§  Cara bersyukur atas karunia kaki untuk berjalan bisa dilakukan dengan cara memelihara kaki. Menggunakan sepatu atau sandal agar terhindar dari benda berbahaya. Menggunakan untuk hal yang baik.
§  Mensyukuri badan yang tumbuh besar dengan cara menjaga asupan makanan. Badan yang kuat membuat energi makin kuat. Kekuatan digunakan untuk melindungi atau membantu yang lain.
§  Mensyukuri karena memiliki makanan dan minuman dengan cara berdoa sebelum dan sesudah makan.
§  Mensyukuri kemampuan bernapas dengan ikut menjaga lingkungan. Sehingga udara yang dihirup selalu bersih dan sehat untuk tubuh.
§  Bersyukur atas keluarga yang menyayangi dengan cara menyayangi kembali semua anggota keluarga.
§  Siswa mengingat kembali teknik penjumlahan susun ke bawah yang sudah dipelajari sebelumnya.
§  Siswa menjawab pertanyaan tentang soal penjumlahan yang diberikan guru. Mandiri
§  Siswa menyelesaikan soal yang ada pada gambar ikan. Critical Thinking and Problem Solving
-       Warnai dengan warna merah bagian tubuh ikan untuk hasil penjumlahan lebih dari 5.000.
-       Warnai dengan warna kuning bagian tubuh ikan untuk hasil penjumlahan kurang dari 5.000.
-       Warnai dengan warna biru untuk hasil penjumlahan sama dengan 1.000.
§  Siswa berlatih membuat soal cerita penjumlahan, lalu meminta teman lain menjawab pertanyaan yang dibuatnya. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian. Collaboration
150 menit
Penutup
¡   Guru dan siswa melakukan refleksi dengan cara mengisi halaman Aku Sudah Bisa yang ada di buku siswa.
¡   Pernyataan dibacakan satu-satu, lalu siswa memberi tanda centang (ΓΌ)jika merasa sudah memahami materi tersebut.
¡   Jika ada materi yang belum dipahami, secara bersama-sama diskusikan strategi pencapaiannya, misalnya melalui kegiatan remedial.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Yamko Rambe Yamko”
¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius

15 menit




E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar berseri dengan ukuran besar.
¡  Buku teks siswa dan guru.






Mengetahui
Kepala Sekolah




..............................................

…………, ………….2018
Guru Kelas III




...........................................





Comments