RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Pertumbuhan Hewan
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
|
1
|
3.4 Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
3.4.1
Menemukan kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ayam.
|
|
2
|
4.4 Menyajikan
laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1
Menjelaskan makna kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ayam.
|
Matematika
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
|
1
|
3.1 Menjelaskan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
|
3.1.1
Menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1.000.
|
|
2
|
4.1 Menyelesaikan
masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah.
|
4.1.1 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian.
|
SBdP
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
|
1
|
3.1 Memahami
unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.
|
3.1.1
Mengidentifikasi garis dan warna sebagai unsur karya dekoratif.
|
|
2
|
4.1 Membuat karya
dekoratif.
|
4.1.1
Menggunakan garis dan warna untuk membuat karya dekoratif.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menemukan kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ayam dengan tepat.
2.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menjelaskan makna kata/istilah yang berhubungan dengan pertumbuhan ayam dengan
tepat.
3.
Setelah mengamati, siswa dapat
mengidentifikasi garis dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan benar.
4.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menggunakan garis dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan rapi.
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menentukan hasil kali dua bilangan cacah dengan hasil sampai 1.000 dengan
benar.
6.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri”.
Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
¡
Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan
tentang subtema sebelumnya. Religius
|
10 menit
|
|
Inti
|
§
Siswa mengamati gambar pertumbuhan dan perkembangan ayam.
§
Siswa membaca teks secara bergantian.
§
Siswa berdiskusi tentang pengalaman dan pengetahuan tentang
pertumbuhan dan perkembangan ayam. Communication
§
Jika memungkinkan ajak langsung ke tempat peternakan ayam
atau mengamati ayam dewasa dan anak ayam secara langsung.
§
Minta siswa mengamati berbagai persamaan dan perbedaan.
Berikan kesempatan siswa untuk menyentuh telur, anak, dan ayam dewasa.
§
Siswa diminta untuk menuliskan beberapa hewan yang memiliki
ciri-ciri yang hampir sama dengan ayam misalnya badannya berbulu, memiliki
paruh, memiliki sayap, kakinya dua, dan berkembang biak dengan cara bertelur.
Mandiri
§
Yang memiliki kesamaan dengan ayam diantaranya adalah bebek
dan burung.
§
Semua itu termasuk kedalam kelompok unggas.
§
Siswa menuliskan tahapan perkembangan ayam sesuai gambar
yang diamatinya.
§
Hal yang mempengaruhi pertumbuhan ayam adalah makanan,
minuman, dan suhu udara. Karena ayam tidak tahan hidup di cuaca yang dingin
apalagi sering hujan.
§
Bagi siswa yang pernah melihat perkembangan ayam dapat
menceritakan pengalamannya.
§
Siswa saling mengajukan pertanyaan tentang cerita yang
disampaikan. Communication
§
Siswa mengamati gambar dekoratif hewan.
§
Sebelum siswa berlatih menggambar dekoratif dengan tema ayam
dan induk ayam, siswa berlatih membuat garis lengkung dan zigzag terlebih
dahulu dengan cara menebalkan garis.
§
Siswa berlatih menggambar induk dan anak ayam.
§
Siswa mewarnai gambar hasil karyanya.
§
Siswa mengingat kembali mengenai cara menyelesaikan
soal-soal perkalian.
§
Penjumlahan berulang dengan bilangan yang sama di sebut
perkalian. Critical Thinking and Problem Solving
§
Contoh soal: Udin memiliki hewan peliharaan. Hewan
peliharaan Udin adalah 2 ayam betina dan 2 ayam jantan. Kedua ayam betina peliharaan
Udin bertelur masing-masing 10 butir. Setelah beberapa hari telur menentas
menjadi anak ayam. Udin menyimpan anaknya pada dua kandang yang berbeda.
![]()
Berapa banyak anak ayam Udin semuanya?
Jawaban :
![]()
Ditulis dalam bentuk perkalian adalah 2 × 10 = 20.
§
Jika Udin memiliki 3 buah kandang yang berisi masing-masing
12 ekor ayam, maka...
![]()
§
Ditulis dalam perkalian adalah 3 × 12 =36
§
ara lain menyelesaikan soal tersebut seperti berikut ini.
12 = 10 + 2, lalu kalikan masing-masing bilangan dengan angka 3, lalu
jumlahkan hasilnya.
3 × 1 0 = 3 0
3 6
§
Siswa berlatih menyelesaikan soal perkalian
4 × 15 = 60
15 = 10 + 4
§
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 4. Lalu,
jumlahkan hasilnya
4 × 10 = 40
60
§
Dalam perkalian dua bilangan, berlaku sifat pertukaran.
Misalnya:
2 × 3 = 3 + 3 = 6
3 × 2 = 2 + 2 + 2 = 6
Jadi 2 × 3 = 3 × 2
§
Contoh lainnya adalah :
5 × 4 = 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 20
4 × 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20
Jadi 5 × 4 = 4 × 5
§
Untuk menyelesaikan soal dengan bilangan yang besar,
perhatikan contoh berikut ini!
2 × 2 10 = ...
Sifat pertukaran perkalian 2 × 120 = 120 × 2.
210 × 2 = ...
2 1 0 = 200 + 10 + 0
§
Kalikan masing-masing bilangan dengan angka 2
2 × 200 = 400
2 × 10 = 20
420
§
Cara lainnya adalah...
2 1 0
§
Berikutnya
2 1 0
0
Terakhir
2 1 0
2 × ketiga 2 × 2 = 4
§
Hasilnya adalah 420
§
Latihan soal :
-
4 × 110 = 440
-
3 × 330 = 990
-
4 × 220 = 880
|
150 menit
|
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada
hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah membuat
gambar dekoratif?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan
informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang
diajukan guru dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan
siswa menuliskan jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku
tulis khusus untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “llir-llir”
¡ Kegiatan kelas
diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Gambar tahapan perkembangan ayam atau model langsung.
¡
Contoh gambar dekoratif yang ada, misalnya gambar hewan
pada kain batik.
¡
Buku teks siswa dan guru.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
..............................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
........................................
|



Comments