![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2
Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau
visual.
4.2
Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan
ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.1
Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang diamati.
IPA
3.5
Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi
alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir)
dalam kehidupan sehari-hari.
4.5
Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai
perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.2
Mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.2
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan percobaan, siswa mampu
mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
2.
Dengan percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin
menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan sistematis.
3.
Dengan membaca teks visual, siswa
mampu mengidentifikasi informasi yang ada dengan cermat.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan IPA : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
¡ Menyanyi lagu Indonesia Raya Nasionalis
|
10 menit
|
|
Inti
|
§
Sebagai kegiatan pembuka,
Guru memasuki ruang kelas membawa sebuah kincir kertas/plastik. Communication
§
Guru mengajukan pertanyaan
tantangan:
-
Bagaimana cara membuat
kincir ini berputar kencang? Lakukan dengan beberapa cara yang berbeda!
(Menanya)
§
Siswa yang mengacungkan
tangan diminta untuk mempraktikkan cara yang diajukan menggunakan kincir
tersebut. Mandiri
§
Siswa kemudian membaca teks
singkat tentang kegiatan yang akan mereka lakukan. Literasi
§
Siswa membuat kincir
berdasarkan instruksi di buku. Siswa mengamati teks visual dan intruksi yang
ada di buku siswa. Guru memotivasis siswa untuk membaca dengan cermat teks
yang ada. Guru meminta siswa untuk saling menceritakan isi teks kepada
temannya. Guru berkeliling dan membuat catatan bagi siswa yang masih kesulitan
memahami gagasan dari teks yang dibacanya. (Mengekplorasi)
§
Siswa membaca dengan teliti
panduan keselamatan kerja sebelum mulai membuat kincir.
§
Siswa membuat kincir
berdasarkan instruksi yang terdapat di buku, dengan batasan waktu yang
ditentukan guru. Mandiri
§
Setelah kincir selesai,
ingatkan siswa untuk bersama-sama merapikan alat- alat serta sisa-sisa bahan.
Integritas
§
Siswa melakukan percobaan
menggunakan air mengalir untuk kincir plastik dan menggunakan tiupan angin
untuk kincir kertas. Critical Thinking and
Problem Solving
§
Siswa mendiskusikan
perbedaan kecepatan putaran baling-baling pada kedua jenis kincir tersebut.
Siswa juga diharapkan menemukan perbedaan- perbedaan lainnya.
(Mengkomunikasikan)
§
Siswa dapat memasang
kincir-kincir mereka di sekitar sekolah pada tempat dan ketinggian yang
berbeda. Siswa kemudian dapat mengobservasi dan mengidentifikasi
faktor-faktor yang mengakibatkan kincir mereka dapat berputar kencang atau
sebaliknya. Creativity and Innovation
|
35 Menit X 30 JP
|
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§
Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
Rev 2017).
§
Gelas/botol
plastik bekas, kardus bekas, kalender bekas, gunting, dan alat tulis untuk
percobaan IPA.
|
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
.................................................
NIP. .........................
|
Rajamandala, 17
Juli 2017
Guru Kelas
IV
........................................
NIP. .........................
|

Comments