![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan
antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan
informasi sesuai dengan keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.2 Mengidentifikasi gagasan pokok
dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks lisan.
4.2.2 Menyajikan gagasan utama dan
gagasan pendukung setiap paragraf dari teks lisan dalam bentuk peta pikiran.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat
bunyi memantul menyerap.
4.6.5 Membuat peta pikiran tentang
sifat bunyi memantul dan menyerap.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia.
Indikator:
3.2.5 Menjelaskan pengalaman sikap
menghargai maknanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2.5 Mengomunikasikan pengalaman
sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan menyimak teks lisan, siswa
mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari
teks tulis dengan mandiri.
2.
Dengan menyimak teks lisan, siswa
mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks
tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.
Dengan diskusi dan membaca, siswa
mampu menjelaskan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai
identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
4.
Setelah diskusi dan membaca, siswa
mampu mengomunikasikan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai
identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
5.
Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi
sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan lengkap.
6.
Setelah percobaan , siswa mampu
menyajikan laporan sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
|
|
Ø Bahasa Indonesia dan IPA :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
|
Ø IPS :
|
Religius
Toleransi
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
|
Inti
|
§
Siswa diingatkan kembali
tentang pembelajaran sebelumya tentang Keragaman Budaya Indonesia, seperti
alat musik dan permainan tradisional. Salah satu jenis keragaman yang
memperkaya kebudayaan bangsa Indonesia adalah makanan tradisional. (Mengamati)
§
Guru memperlihatkan
satu/beberapa jenis makanana tradisional daerah setempat. Guru mengajukan
pertanyaan pembuka. (Menanya)
- Siapakah
diantara kalian yang mengetahui jenis makanan tradisional ini? Bagaimana
bahan dasarnya dan proses pembuatannya?
§
Siswa yang mengangkat
tangannya diminta untuk menerangkan secara singkat informasi tentang makanan
tradisional tersebut. Literasi
§
Siswa menyimak cerita
tentang tentang seorang ibu pembuat dodol, makanan tradisional Betawi, yang
dilisankan oleh guru.
§
Siswa diminta untuk menyimak
dengan teliti, kemudian menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari
setiap paragraf tersebut. (Mengkomunikasikan)
§
Setelah selesai memetakan
hasil paragraf 1, siswa mendiskusikan jawaban bersama teman kelompok. Guru
memperhatikan siswa yang berdiskusi. Collaboration
§
Lakukan hal yang sama untuk
paragraf ke dua. Selesai teks dibacakan dan siswa juga selesai menuliskan
jawaban pada peta pikiran yang tersedia, guru meminta siswa mendiskusikannya
dengan teman sebelahnya.
§
Siswa kemudian saling
membandingkan peta pikiran mereka dengan peta pikiran milik beberapa teman
lainnya. Critical Thinking and Problem Solving
§
Paragraf ke tiga dilakukan
tanpa diskusi. Hasilnya langsung diserahkan kepada guru untuk dinilai. Mandiri
§
Siswa diingatkan kembali
tentang keragaman makanan yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Integritas
§
Guru mengajukan pertanyaan
pembuka (Menanya)
- Siapa
yang mengetahui jenis makanan tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia?
Darimana asalnya?
§
Siswa membaca senyap
informasi tentang beberapa jenis makanan tradisional yang ada di buku. Literasi
§
Siswa secara berpasangan
diminta untuk saling berbagi informasi tentang jenis makanan tradisional
beserta yang mereka ketahui dan nama daerah tempat makanan tersebut berasal. (Mengkomunikasikan)
§
Siswa diingatkan kembali
pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi. Communication
§
Guru mengajukan pertanyaan
berikut.
- Apakah bunyi memiliki sifat-sifat yang lain?
§
Masih dalam kelompok yang sama, siswa kemudian berdiskusi
menjawab pertanyaan berdasarkan hasil percobaan. Gotong Royong
§
Siswa dalam kelompok kemudian diberikan kesempatan untuk
melakukan percobaan yang sama dengan menggunakan bahan-bahan yang berbeda, yaitu kayu, logam, dan kapas. Creativity
and Innovation
§
Siswa kemudian mendiskusikan hasil percobaan. Collaboration
§
Guru memberikan penguatan.
|
150 menit
|
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Arloji, piring dan gelas kaca, kayu, gabus, kapas, dan
tabung terbuat dari kaleng untuk percobaan IPA.
¡
Makanan
tradisional daerah setempat untuk kegiatan IPS.
|
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(..............................................)
NIP.
.......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(............................................)
NIP. .......................................
|

Comments