RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 KURTILAS KELAS 4 PEMBELAJARAN 1 TEMA 1 SUBTEMA 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester            :     IV (Empat) / 1
Tema 1                             :     Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3                    :     Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran                 :     1
Alokasi Waktu                :     1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.

Indikator:
3.2.2 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks lisan.
4.2.2 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks lisan dalam bentuk peta pikiran.

IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.

Indikator:
3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul menyerap.        
4.6.5 Membuat peta pikiran tentang sifat bunyi memantul dan menyerap.

IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indikator:
3.2.5 Menjelaskan pengalaman sikap menghargai maknanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2.5 Mengomunikasikan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan menyimak teks lisan, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
2.    Dengan menyimak teks lisan, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3.    Dengan diskusi dan membaca, siswa mampu menjelaskan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
4.    Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu mengomunikasikan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
5.    Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan lengkap.
6.    Setelah percobaan , siswa mampu menyajikan laporan sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :

Ø  Bahasa Indonesia dan IPA       :         
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
 Integritas
Ø  IPS                                               :
Religius
Toleransi
Rasa Ingin Tahu
Semangat Kebangsaan
Cinta Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa diingatkan kembali tentang pembelajaran sebelumya tentang Keragaman Budaya Indonesia, seperti alat musik dan permainan tradisional. Salah satu jenis keragaman yang memperkaya kebudayaan bangsa Indonesia adalah makanan tradisional. (Mengamati)
§  Guru memperlihatkan satu/beberapa jenis makanana tradisional daerah setempat. Guru mengajukan pertanyaan pembuka. (Menanya)
-       Siapakah diantara kalian yang mengetahui jenis makanan tradisional ini? Bagaimana bahan dasarnya dan proses pembuatannya?
§  Siswa yang mengangkat tangannya diminta untuk menerangkan secara singkat informasi tentang makanan tradisional tersebut. Literasi
§  Siswa menyimak cerita tentang tentang seorang ibu pembuat dodol, makanan tradisional Betawi, yang dilisankan oleh guru.
§  Siswa diminta untuk menyimak dengan teliti, kemudian menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf  tersebut. (Mengkomunikasikan)
§  Setelah selesai memetakan hasil paragraf 1, siswa mendiskusikan jawaban bersama teman kelompok. Guru memperhatikan siswa yang berdiskusi. Collaboration
§  Lakukan hal yang sama untuk paragraf ke dua. Selesai teks dibacakan dan siswa juga selesai menuliskan jawaban pada peta pikiran yang tersedia, guru meminta siswa mendiskusikannya dengan teman sebelahnya.
§  Siswa kemudian saling membandingkan peta pikiran mereka dengan peta pikiran milik beberapa teman lainnya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Paragraf ke tiga dilakukan tanpa diskusi. Hasilnya langsung diserahkan kepada guru untuk dinilai. Mandiri
§  Siswa diingatkan kembali tentang keragaman makanan yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Integritas
§  Guru mengajukan pertanyaan pembuka (Menanya)
-       Siapa yang mengetahui jenis makanan tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia? Darimana asalnya?
§  Siswa membaca senyap informasi tentang beberapa jenis makanan tradisional yang ada di buku. Literasi
§  Siswa secara berpasangan diminta untuk saling berbagi informasi tentang jenis makanan tradisional beserta yang mereka ketahui dan nama daerah tempat makanan tersebut berasal. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi. Communication
§  Guru mengajukan pertanyaan berikut.
-        Apakah bunyi memiliki sifat-sifat yang lain?
§  Masih dalam kelompok yang sama, siswa kemudian berdiskusi menjawab pertanyaan berdasarkan hasil percobaan. Gotong Royong
§  Siswa dalam kelompok kemudian diberikan kesempatan untuk melakukan percobaan yang sama dengan menggunakan bahan-bahan yang berbeda, yaitu kayu, logam, dan kapas. Creativity and Innovation
§  Siswa kemudian mendiskusikan hasil percobaan. Collaboration
§  Guru memberikan penguatan.
150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Arloji, piring dan gelas kaca, kayu, gabus, kapas, dan tabung terbuat dari kaleng untuk percobaan IPA.
¡  Makanan tradisional daerah setempat untuk kegiatan IPS.


Mengetahui
Kepala SDN SUKAHURIP 02




(..............................................)
NIP. .......................................
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas IV




(............................................)
NIP. .......................................




Comments