![]() |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI
2017
(Disusun Berdasarkan
Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Satuan
Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia.
Indikator
3.2.4 Menyajikan informasi tentang
keragaman sosial, di provinsi setempat.
4.2.4 Menyajikan informasi tentang
keragaman sosial di provinsi setempat.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Indikator:
3.3.2 Menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa.
4.3.2 Menampilkan tari Bungong Jeumpa.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah melalui proses latihan, siswa
mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dengan benar.
2.
Setelah melalui proses latihan, siswa
mampu menampilkan serangkaian gerak tari Bungong Jeumpa dengan teknik yang
benar.
3.
Dengan menggali informasi dari
berbagai sumber, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
4.
Dengan menggali informasi dari
berbagai sumber, siswa mampu menyajikan keragaman sosial di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø
IPS :
Religius
Toleransi
Rasa
Ingin Tahu
Semangat
Kebangsaan
Cinta
Tanah Air
Bersahabat/Komunikatif
Cinta Damai
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
|
Inti
|
§
Siswa diajak berdiskusi
tentang gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang
keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya. (Mengamati)
§
Siswa menuliskan hasil
diskusi. Collaboration
§
Siswa dapat mengajukan
pertanyaan kepada guru jika ada hal yang masih belum dipahami. (Menanya)
§
Sebelum menulis, siswa
diminta melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar (teman, guru, dan orang
tua). Critical Thinking and Problem Solving
§
Siswa juga diminta
melengkapi hasil wawancara mereka dengan berbagai sumber bacaan, seperti buku
perpustakaan, surat kabar, atau berbagai sumber dari internet.
(Menginformasikan)
§
Siswa diminta menuliskan
informasi yang mereka peroleh secara terperinci. (Mengekprolasi)
|
150 menit
|
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya
Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Lagu Bungong Jeumpa untuk mengiringi tari.
|
Mengetahui
Kepala SDN
SUKAHURIP 02
(...........................................)
NIP.
.......................................
|
…………, 17 Juli 2017
Guru Kelas
IV
(............................................)
NIP.
.......................................
|

Comments