RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 4 : Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 4 : Kewajiban dan Hakku sebagai Warga
Negara
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan : .....................
/ ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
|
1
|
3.10
Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
dalam teks tulis.
|
3.10.1Menemukan
ungkapan atau
kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
|
|
2
|
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat
sendiri
|
4.10.1Menyampaikan masalah yang ada
dan saran
penyelesaiannya
|
PPKn
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
|
1
|
1.2Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
|
1.2.1Memahami kewajiban
dan hak sebagai warga
negara
|
|
2
|
2.2Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai
anggota keluarga dan warga sekolah
|
2.2.1Mengerti pengalamannya menjalankan
kewajiban dan
hak sebagai warga negara
|
|
3
|
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
|
3.2.1Menuliskan kewajiban dan hak
sebagai warga
negara
|
|
4
|
4.2Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak
sebagai anggota keluarga dan wargasekolah
|
4.2.1Menceritakan pengalamannya
menjalankan kewajiban dan
hak sebagai warga negara
|
PJOK
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
|
1
|
3.9 Memahami perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga
kesehatan tubuh
|
3.9.1Menjelaskan cara memilih jajanan sehat
|
|
2
|
4.9 Menceritakan perlunya memilih makanan bergizi dan
jajanan sehat
untuk menjaga kesehatan tubuh
|
4..9.1Menceritakan pengalaman cara memilih jajanan yang
sehat
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan membaca teks cerita yang dibuat
siswa, siswa dapat menemukan ungkapan atau
kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.
2.
Dengan mengamati gambar siswa dapat
menyampaikan masalah yang ada dan saran
penyelesaiannya dengan percaya diri.
3.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menuliskan kewajiban dan hak sebagai warga
negara dengan tepat.
4.
Dengan mengetahui kewajiban dan hak
sebagai warga negara berkaitan dengan lingkungan,
siswa dapat menceritakan pengalamannya menjalankan kewajiban dan hak sebagai warga negara dengan
tepat.
5.
Dengan membedakan jajanan yang sehat
dan tidak sehat, siswa dapat menjelaskan cara
memilih jajanan sehat dengan tepat.
6.
Dengan mengetahui cara memilih jajanan
yang sehat, siswa dapat menceritakan pengalaman
cara memilih jajanan yang sehat dengan tepat.
7.
Dengan menyimpulkan apa yang telah
mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur
kepada Tuhan dan memahami kewajibannya atas apa yang telah Tuhan beri, bersikap saling menghargai,
peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab.
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
¡
Guru membuka pembelajaran dengan berdoa bersama dan memberi
kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri”. Nasionalis
¡
Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan belajar tentang masalah yang
dapat ditemukan di jalan. Communication
¡
Pembiasaan Membaca 15 menit.
Literasi
¡
Siswa
mendapat kesempatan berbagi pengalaman tentang masalah yang pernah dijumpai di jalan
|
10 menit
|
|
Inti
|
§ Siswa
mengamati gambar pada buku.
§ Siswa
secara bergantian menyebutkan apa saja yang dilihat pada gambar, masalah apa
yang ada pada gambar
dan saran yang dapat diberikan. Communication
§ Upayakan
setiap siswa mendapat satu kali kesempatan
berbicara. Doronglah siswa yang mengalami
kesulitan untuk ikut berpartisipasi. Creativity and
Innovation
§ Siswa
mengamati teks “Jalan yang Bersih” dan mencari kalimat yang berisi masalah dan saran.
§ Siswa
menyebutkan kalimat yang menunjukkan masalah
dan saran yang ditemukannya. Critical Thinking and
Problem Solving
§ Siswa
menyampaikan pendapatnya apakah saran itu
dapat mereka lakukan atau tidak. Communication
§ Jika
siswa tidak dapat melakukan saran tersebut, siswa menyampaikan hal yang mungkin
ia lakukan. Communication
§ Siswa
telah memahami beberapa hal berkaitan dengan
jalan umum.
§ Siswa
menuliskan kewajiban dan hak pada buku. Siswa
dapat menuliskannya di buku latihan mereka masing-masing.
Mandiri
§ Siswa
mengamati kembali kewajiban dan hak tentang jalan di lingkungan yang ditulisnya.
§ Siswa
menceritakan salah satu pengalaman menjalankan kewajiban dan haknya berkaitan dengan jalan di
lingkungan. Communication
§ Ingatkan
siswa untuk bercerita dengan percaya diri.
§ Siswa
diminta mengamati gambar kembali khususnya
pada bagian tukang jajanan di jalan.
§ Siswa
menyampaikan pendapatnya tentang tukang jajanan
di jalan. Communication
§ Siswa
berbagi pengalaman memilih jajanan yang baik.
§ Siswa
mengerjakan latihan pada buku siswa. Mandiri
§ Siswa
membaca teks petunjuk kegiatan.
§ Siswa
mengeluarkan salah satu jajanan yang dibawanya
yang masih utuh dengan kemasannya.
§ Siswa
diberi kesempatan menceritakan jajanan yang
dibawanya dan kemasannya kepada teman di
sebelahnya. Siswa bercerita tentang makanan apa yang ia bawa, mengapa ia suka
makanan itu,
apakah makanan itu baik untuk kesehatan mereka,
bagaimana makanan itu dikemas, apakah kemasannya
baik untuk kesehatan. Communication
§ Siswa
bercerita secara bergantian. Gotong Royong
§ Beberapa
siswa mendapat kesempatan menceritakan makanan
yang dibawa teman berbagi ceritanya. Communication
|
35 Menit X 30 JP
|
|
Penutup
|
¡ Kegiatan
diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan
ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan dan menyimpulkan bahwa Tuhan
menganugerahi banyak hal kepada manusi termasuk lingkungan sekitar yang harus
dijaga dengan baik. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban
dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Kewajiban dan
Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Gambar jalan yang bersih dan kotor
¡ Gambar jajanan yang sehat dan tidak sehat
¡ Makanan sehat dan tidak sehat dengan kemasannya
¡ Buku teks
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
.........................................
|
…………, ………….2018
Guru Kelas III
......................................
|
Comments