RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 3 PEMBELAJARAN 1 TEMA 3 SUBTEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 3                            :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 3                   :     Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran                :     1
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
1.1.1      Membaca wacana tentang perubahan wujud benda mencair
1.1.2      Mengidentifikasi informasi yang terkait dengan perubahan wujud mencair.
2
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1  Melakukan percobaan
4.1.2 Menuliskan informasi perubahan wujud sesuai dengan hasil percobaan.

Matematika
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.7.1  Mengidentifikasi satuan berat baku yang digunakan.

2
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan berat.


SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif.

1.1.1     Mengamati jenis garis dan warna dari gambar.
1.1.2     Mengidentifikasi jenis garis dan warna sebagai unsur dekoratif.

2
4.1 Membuat karya dekoratif.
4.1.1  Menggambar seni dekoratif.
4.1.2  Menggunakan garis dan warna untuk membuat karya dekoratif.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca wacana tentang perubahan wujud benda mencair, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terkait dengan perubahan wujud mencair dengan tepat.
2.    Dengan melakukan percobaan, siswa dapat menuliskan informasi perubahan wujud sesuai dengan hasil percobaan.
3.    Dengan mengamati resep, siswa dapat mengidentifikasi satuan berat baku yang digunakan.
4.    Dengan menyelesaikan soal latihan di Buku Siswa, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan berat.
5.    Dengan mengamati jenis garis dan warna dari gambar, siswa dapat mengidentifikasi jenis garis dan warna sebagai unsur dekoratif dengan benar.
6.    Dengan menggambar seni dekoratif, siswa dapat menggunakan garis dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan tepat.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri”. Nasionalis
¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡   Guru membuka pelajaran dengan membawa satu gelas air es, guru melontarkan pertanyaan apakah es akan selalu bertahan di dalam gelas.
¡   Siswa memberikan pendapatnya terhadap hal tersebut. Bagaimana jika es dibiarkan diletakkan di ruangan, apa yang akan terjadi?
10 menit
Inti
§  Siswa membaca wacana di Buku Siswa.
§  Kemudian siswa diberikan kesempatan untuk bertanya. Communication
§  Siswa menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa Selanjutnya siswa menyimak pertanyan guru, apakah semua benda padat akan mencair? Apakah semua benda padat mencair pada suhu yang sama? Bagimana membuktikannya?
§  Siswa melakukan percobaan yang ada di Buku Siswa. Creativity and Innovation
§  Sebelumnya siswa ditugaskan untuk membawa benda-benda yang digunakan pada percobaan.
§  Siswa mengikuti instruksi di buku, biarkan siswa melakukan pengamatan.
§  Setelah itu siswa menuliskan hasil pengamatan di Buku Siswa.
§  Siswa membuat kesimpulan, apakah semua benda padat dapat mencair dalam waktu yang bersamaan? Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa menyampaikan hasil percobaan di depan kelas. Siswa memberikan kesimpulan.
§  Siswa membaca informasi di Buku Siswa tentang perbedaan titik leleh setiap benda.
§  Siswa menghubungkan informasi yang diperoleh dengan hasil percobaannya.
§  Kegiatan selanjutnya guru memperlihatkan bungkus cokelat atau makanan kepada siswa. Siswa mengamati ukuran berat yang tertera di bungkus makanan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa mengamati satuan yang digunakan dan besaran beratnya.
§  Siswa melanjutkan membaca buku paket. Siswa mengamati cokelat yang tertera pada bungkus plastik. Siswa menentukan cokelat mana yang paling berat.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan siswa mengamati resep kue yang ada di Buku Siswa. Berdasarkan resep di atas, siswa menentukan satuan baku yang tertera pada resep tersebut. Siswa menuliskan di Buku Siswa.
§  Guru menjelaskan tentang satuan baku dan ada juga satuan yang tidak baku.
§  Setelah siswa mendengarkan penjelasan guru, siswa pun menuliskan contoh besaran tidak baku. Tanyakan apakah mereka pernah menggunakan satuan tidak baku? Communication
§  Siswa memberikan pendapatnya.
§  Setelah itu siswa menyimak pertanyaan guru, apakah anak-anak pernah membuat es buah? Apa saja bahan yang dibutuhkan? Apakah es di tempat es buah akan mencair atau tidak?
§  Sampaikan bahwa untuk membuat es buah dibutuhkan beberapa perlengkapan yang besarnya kalau siswa cari melalui perhitungan.
§  Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengerjakan soal latihan di Buku Siswa. Mandiri
§  Guru berkeliling untuk membantu siswa yang masih membutuhkan pertolongan.
Guru mengajukan pertanyaan apakah siswa pernah merasakan dinginnya salju?
Di manakah kita dapat menemukan salju? Apakah salju dapat meleleh?
§  Siswa diajak untuk bahwa melihat keindahan butiran salju yang gambarnya ada di Buku Siswa.
§  Siswa mengamati gambar yang ada di Buku Siswa. Siswa menjelaskan unsur apa saja yang ada di gambar. Catat pendapat siswa di papan tulis.
§  Setelah itu, siswa menyimak penjelasaan guru tentang unsur garis dan warna pada gambar dekoratif.
 
§  Setelah mendapatkan penjelasan, kembali siswa mengamati gambar yang ada dan mengidentifikasi garis, bentuk, dan warna yang ada pada gambar. Siswa menuliskan di Buku Siswa.
§  Siswa diarahkan untuk membuat aneka garis. Creativity and Innovation
§  Disediakan dua belas kotak. Setiap kotak harus berisi bentuk garis yang berbeda.
§  Siswa menggambar dan memberi warna pada kotak yang disediakan.
§  Siswa yang sudah selesai dapat memperlihatkan hasilnya kepada guru maupun teman-temannya.
150 menit
Penutup
¡   Kegiatan diakhiri dengan mencatat apa yang dibutuhkan untuk keesokan harinya. Tugas pembelajaran 2 adalah membawa bahan dan alat untuk membuat es krim yang akan dipraktikkan di pembelajaran dua.
¡   Menyanyikan lagu daerah “Ampar-Ampar Pisang”
¡   Kegiatan ditutup dengan membaca doa penutup sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡   Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡   Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡   Benda-benda di sekitar lingkungan kelas.
¡   Gelas plastik bekas minuman mineral 4 buah.
¡   Es Batu, cokelat, kapur dan mentega.




Mengetahui
Kepala Sekolah





............................................
…………, ………….2018
Guru Kelas III





............................................. 

 

Comments