RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia, Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub
Tema :
Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3)
Muatan
Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia,
Pembelajaran
ke : 4
Alokasi
waktu : 1 hari
A. TUJUAN
1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi
kalimat efektif dari teks ekplanasi yang dibaca dengan benar
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis informasi
dalam bentuk tulisan dan visual penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan
menggunakan kalimat efektif dengan sistematis
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya
cinta produk Indonesia untuk meningkatkan perekonomian bangsa dengan terperinci
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan
pengalaman cinta produk Indonesia dengan terperinci
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa membaca teks
tentang “Aku Cinta Produk Indonesia” yang ada di buku siswa. Siswa membaca
dengan membaca berantai. ·
Siswa mengidentifikasi
kosakata nonbaku dan kalimat tidak efektif pada teks yang disajikan. (Critical
Thinking and Problem Formulation) ·
Siswa bisa
menggarisbawahi atau memberikan warna yang berbeda. ·
Siswa menuliskan
kosakata nonbaku dan kalimat tidak efektif pada tabel yang ada di buku siswa.
Siswa mengubah kosakata nonbaku menjadi baku dan kalimat tidak efektif
menjadi kalimat efeketif.(Mandiri)
·
Setelah selesai, siswa
akan menukarkan hasil pekerjaannya kepada teman sebelahnya. ·
Diskusi kelas, guru
menuliskan kosakata nonbaku yang ditemukan oleh siswa di papan tulis. Guru
dan siswa mendikusikan kosakata bakunya. Hal yang sama juga dilakukan untuk
kalimat efektif. ·
Siswa menuliskan isi
teks dengan kalimatnya sendiri. Siswa menulis dengan menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif. Siswa melengkapi tulisannya dengan gambar yang
sesuai .(Creativity and Innovation, Mandiri)
Ayo Berdiskusi ·
Siswa dibagi menjadi
kelompok. Satu kelompok terdiri atas 5 siswa. Dalam kelompoknya siswa
mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan di Buku Siswa.(Gotong Royong) ·
Siswa menuliskan hasil
diskusinya pada kalender bekas. Siswa mempresentasikan jawaban kepada
kelompok lainnya. Siswa kelompok lain bisa memberikan pendapat atau
menanyakan hasil pekerjaan siswa. ·
Guru menguatkan
simpulan siswa bahwa ketika kita memakai produk Indonesia kita akan
memperkuat perekonomian bangsa. ·
Siswa menuliskan
refleksinya dalam menggunakan produk Indonesia. (Critical
Thinking and Problem Formulation)
|
140 menit |
|
|
|
|||
|
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi
ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan
guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
|
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Bahasa Indonesia: Menceritakan kembali teks eksplanasi menggunakan rubrik
pada halaman 10.
2.
PPKn: Refleksi diri
cinta produk Indonesia:
|
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Hal baik |
Memberikan contoh 3 hal yang sudah baik. |
Memberikan contoh 2 hal yang sudah baik. |
Memberikan contoh 1 hal yang sudah baik. |
Belum mampu menuliskan dengan benar. |
|
Hal yang masih perlu diperbaiki |
Memberikan contoh 3 hal yang belum baik. |
. Memberikan contoh 2 hal yang belum baik. |
Memberikan contoh 1 hal yang belum baik. |
Belum mampu menuliskan dengan benar. |
|
Manfaat |
Menjelaskan 3 manfaat mencintai produk Indonesia. |
Menjelaskan 2 manfaat mencintai produk Indonesia. |
Menjelaskan 3 manfaat mencintai produk Indonesia. |
Belum mampu menuliskan dengan benar |
|
Rencana tindak lanjut |
Menuliskan 3 rencana tindak lanjut untuk lebih mencintai produk Indonesia. |
Menuliskan 2 rencana tindak lanjut untuk lebih mencintai produk Indonesia. |
Menuliskan 1 rencana tindak lanjut untuk lebih mencintai produk Indonesia. |
Belum mampu menuliskan dengan benar. |
3.
PPKn dinilai dengan rubrik diskusi.
|
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
|
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah,
suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
|
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
4.
Catatan Anekdot untuk
mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)(Contoh terlampir di bagian lampiran
Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
Siswa yang belum dapat melanjutkan tulisan teks eksplanasi
ilmiah akan mendapatkan tugas rumah.
2.
Pengayaan
Siswa dapat melanjutkan/menyelesaikan tugas tentang pengalaman cinta produk Indonesia.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. kertas HVS dan alat tulis
E. MATERI
- Teks bacaan tentang “Aku
Cinta Produk Indonesia”.
- Kosakata baku dan kalimat efektif.
- Pentingnya cinta produk indonesia untuk
meningkatkan perekonomian bangsa.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah



Comments