RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia, Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  PPkN, Bahasa Indonesia, 

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi kalimat efektif dari teks ekplanasi yang dibaca dengan benar

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis informasi dalam bentuk tulisan dan visual penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan menggunakan kalimat efektif dengan sistematis

3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya cinta produk Indonesia untuk meningkatkan perekonomian bangsa dengan terperinci

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman cinta produk Indonesia dengan terperinci

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa membaca teks tentang “Aku Cinta Produk Indonesia” yang ada di buku siswa. Siswa membaca dengan membaca berantai.

·         Siswa mengidentifikasi kosakata nonbaku dan kalimat tidak efektif pada teks yang disajikan. (Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa bisa menggarisbawahi atau memberikan warna yang berbeda.

·         Siswa menuliskan kosakata nonbaku dan kalimat tidak efektif pada tabel yang ada di buku siswa. Siswa mengubah kosakata nonbaku menjadi baku dan kalimat tidak efektif menjadi kalimat efeketif.(Mandiri)

 

·         Setelah selesai, siswa akan menukarkan hasil pekerjaannya kepada teman sebelahnya.

·         Diskusi kelas, guru menuliskan kosakata nonbaku yang ditemukan oleh siswa di papan tulis. Guru dan siswa mendikusikan kosakata bakunya. Hal yang sama juga dilakukan untuk kalimat efektif.

·         Siswa menuliskan isi teks dengan kalimatnya sendiri. Siswa menulis dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Siswa melengkapi tulisannya dengan gambar yang sesuai .(Creativity and Innovation, Mandiri)

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa dibagi menjadi kelompok. Satu kelompok terdiri atas 5 siswa. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan di Buku Siswa.(Gotong Royong)

·         Siswa menuliskan hasil diskusinya pada kalender bekas. Siswa mempresentasikan jawaban kepada kelompok lainnya. Siswa kelompok lain bisa memberikan pendapat atau menanyakan hasil pekerjaan siswa.

·         Guru menguatkan simpulan siswa bahwa ketika kita memakai produk Indonesia kita akan memperkuat perekonomian bangsa.

·         Siswa menuliskan refleksinya dalam menggunakan produk Indonesia.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia: Menceritakan kembali teks eksplanasi menggunakan rubrik pada halaman 10.

2.     PPKn: Refleksi diri cinta produk Indonesia:

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Hal baik

Memberikan

contoh 3 hal

yang sudah baik.

Memberikan

contoh 2 hal

yang sudah baik.

Memberikan

contoh 1 hal yang

sudah baik.

Belum mampu

menuliskan

dengan benar.

Hal yang masih

perlu diperbaiki

Memberikan

contoh 3 hal

yang belum baik.

.

Memberikan

contoh 2 hal

yang belum baik.

Memberikan

contoh 1 hal yang

belum baik.

Belum mampu

menuliskan

dengan benar.

Manfaat

Menjelaskan

3 manfaat

mencintai produk

Indonesia.

Menjelaskan

2 manfaat

mencintai produk

Indonesia.

Menjelaskan

3 manfaat

mencintai produk

Indonesia.

Belum mampu

menuliskan

dengan benar

Rencana tindak

lanjut

Menuliskan 3

rencana tindak

lanjut untuk lebih

mencintai produk

Indonesia.

Menuliskan 2

rencana tindak

lanjut untuk lebih

mencintai produk

Indonesia.

Menuliskan 1

rencana tindak

lanjut untuk lebih

mencintai produk

Indonesia.

Belum mampu

menuliskan

dengan benar.

 

3.     PPKn dinilai dengan rubrik diskusi.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

 

4.     Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum dapat melanjutkan tulisan teks eksplanasi ilmiah akan mendapatkan tugas rumah.

2.     Pengayaan

Siswa dapat melanjutkan/menyelesaikan tugas  tentang pengalaman cinta produk Indonesia.  

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     kertas HVS dan alat tulis

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan tentang “Aku Cinta Produk Indonesia”.
  2. Kosakata baku dan kalimat efektif.
  3. Pentingnya cinta produk indonesia untuk meningkatkan perekonomian bangsa.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments