RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN Pembelajaran ke : 6
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub
Tema :
Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN
Pembelajaran
ke : 6
Alokasi
waktu : 1 hari
A. TUJUAN
1. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi
ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat.
2. Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi
penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan
kalimat efektif dan kosakata baku dengan tepat.
3. Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu
mengidentifikasi pentingnya cinta produk Indonesia dengan mandiri.
4. Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu
mengampanyekan ajakan cinta produk Indonesia dengan kepedulian yang tinggi.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo Berdiskusi ·
Siswa mencermati
potongan artikel berita yang berisi tentang himbauan untuk mencintai
produk-produk Indonesia. ·
Siswa mendiskusikan
isi artikel bersama temanuntuk menemukan hal-hal berikut. - topik utama - nilai-nilai yang tersirat - contoh-contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari. (Critical
Thinking and Problem Formulation) ·
Siswa menuliskannya
dalam diagram yang telah tersedia. - Siswa mengampanyekan poster berisi ajakan untuk mencintai produk- produk
Indonesia yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya. (Creativity and
Innovation) Ayo Menulis ·
Siswa mencermati
kembali teks eksplanasi pada pembelajaran 1. ·
Siswa menemukan
informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut. ·
Siswa menuliskan
informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri. ·
Siswa diingatkan untuk
mengunakan kosakata baku dan kalimat efektif, dan membuat ilustrasinya. ·
Siswa dapat menggunakan kertas lain sehingga
produknya dapat dipajang di kelas. (Creativity and
Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi
ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan
guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek
dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. PPKn
Peta pikiran siswa
tentang mencintai produk Indonesia dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2). IPS:
Peta pikiran
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Manfaat mencintai produk Indonesia |
Mampu menjelaskan tentang manfaat mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan jelas. |
Menjelaskan tentang manfaat mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan cukup jelas. |
Menjelaskan tentang manfaat mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan kurang jelas. |
Belum mampu menjelaskan tentang manfaat mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan jelas. |
Dampak mencintai produk Indonesia |
Mampu menjelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan jelas. |
Mampu menjelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan cukup jelas. |
Mampu menjelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan kurang jelas. |
Belum mampu menjelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan jelas. |
2. Bahasa Indonesia
Gambar berseri siswa
berisi informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang “Cinta
Produk Indonesia” diperiksa menggunakan rubrik:
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Deret Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
Kalimat efektif dan kosakata baku |
Menuliskan semua kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian besar kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian kecil kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Belum mampu menuliskan kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
|
Penyajian isi teks dalam gambar berseri |
Menyajikan gambar berseri dengan rapi dan sistematis. |
Menyajikan gambar berseri dengan cukup rapi dan sistematis. |
Menyajikan gambar berseri dengan kurang rapi dan kurang sistematis. |
Belum mampu menyajikan gambar berseri dengan rapi dan sistematis. |
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum dapat membuat kalimat efektif, akan
mengulang materi dengan pendampingan guru.
2. Pengayaan
Jika memiliki waktu sisa, siswa dapat melakukan wawancara kepada guru
dan staf sekolah untuk memperkaya informasi tentang pentingnya mencintai dan
membeli produk Indonesia.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. kertas HVS dan alat tulis
E. MATERI
- Artikel tentang mencintai produk- produk
indonesia.
- Pentingnya
cinta produk Indonesia.
- Ciri-ciri
kosakata baku pada sebuah teks.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments