RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN Pembelajaran ke : 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, PPkN  

Pembelajaran ke        :  6

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.   Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat.

2.   Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat efektif dan kosakata baku dengan tepat.

3.   Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya cinta produk Indonesia dengan mandiri.

4.   Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengampanyekan ajakan cinta produk Indonesia dengan kepedulian yang tinggi.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berdiskusi

·         Siswa mencermati potongan artikel berita yang berisi tentang himbauan untuk mencintai produk-produk Indonesia.

·         Siswa mendiskusikan isi artikel bersama temanuntuk menemukan hal-hal berikut.

-       topik utama

-       nilai-nilai yang tersirat

-       contoh-contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

·         Siswa menuliskannya dalam diagram yang telah tersedia.

-       Siswa mengampanyekan poster berisi ajakan untuk mencintai produk- produk Indonesia yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya.

(Creativity and Innovation)

 

Ayo Menulis

·         Siswa mencermati kembali teks eksplanasi pada pembelajaran 1.

·         Siswa menemukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.

·         Siswa menuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri.

·         Siswa diingatkan untuk mengunakan kosakata baku dan kalimat efektif, dan membuat ilustrasinya.

·          Siswa dapat menggunakan kertas lain sehingga produknya dapat dipajang di kelas.

(Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     PPKn

Peta pikiran siswa tentang mencintai produk Indonesia dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2). IPS: Peta pikiran

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Manfaat

mencintai produk

Indonesia

Mampu

menjelaskan

tentang manfaat

mencintai produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan jelas.

Menjelaskan

tentang manfaat

mencintai produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan cukup

jelas.

Menjelaskan

tentang manfaat

mencintai produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan kurang

jelas.

Belum mampu

menjelaskan

tentang manfaat

mencintai produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan jelas.

Dampak

mencintai produk

Indonesia

Mampu

menjelaskan

tentang dampak

dari mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan jelas.

Mampu

menjelaskan

tentang dampak

dari mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan cukup

jelas.

Mampu

menjelaskan

tentang dampak

dari mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan kurang

jelas.

Belum mampu

menjelaskan

tentang dampak

dari mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan jelas.

 

2.     Bahasa Indonesia

Gambar berseri siswa berisi informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang “Cinta Produk Indonesia” diperiksa menggunakan rubrik:

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

Deret

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Kalimat efektif

dan kosakata

baku

Menuliskan

semua

kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

besar kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

kecil kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Belum mampu

menuliskan

kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Penyajian isi teks

dalam gambar

berseri

Menyajikan

gambar berseri

dengan rapi

dan sistematis.

Menyajikan

gambar berseri

dengan cukup

rapi dan

sistematis.

Menyajikan

gambar berseri

dengan kurang

rapi dan kurang

sistematis.

Belum mampu

menyajikan

gambar berseri

dengan rapi

dan sistematis.

 

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum dapat membuat kalimat efektif, akan mengulang materi dengan pendampingan guru.

2.     Pengayaan

Jika memiliki waktu sisa,  siswa dapat melakukan wawancara kepada guru dan staf sekolah untuk memperkaya informasi tentang pentingnya mencintai dan membeli produk Indonesia.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     kertas HVS dan alat tulis

 

 

E.    MATERI

  1. Artikel tentang mencintai produk- produk indonesia.
  2. Pentingnya cinta produk Indonesia.
  3. Ciri-ciri kosakata baku pada sebuah teks.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

Comments