RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA

Pembelajaran ke        :  3

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan di masa persiapan kemerdekaan Indonesia.

2.     Setelah membaca teks, siswa mampu menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan dalam bentuk peta pikiran berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.

3.     Setelah melakukan pengamatan dan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

4.     Setelah melakukan pengamatan dan membaca teks, siswa mampu melaporkan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya secara lisan dan tulisan.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah pembelajaran

 

Ayo Membaca

·         Siswa diminta membaca teks tentang Pertempuran Ambarawa dalam hati.

·         Setelah membaca teks, siswa diminta melengkapi peta pikiran yang terdapat di buku siswa. (Mandiri)

·         Setelah menyelesaikan mengisi peta pikiran, siswa diminta menukarkan peta pikiran yang telah mereka buat dengan salah seorang teman. (Collaburation)

·         Siswa meminta teman tersebut memberikan komentar untuk setiap kalimat yang dituliskan. Apakah kalimat tersebut sudah memenuhi kriteria kalimat efektif?

·         Siswa meminta teman tersebut menuliskan komentar mereka di kolom yang telah disediakan.

 

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa diminta membaca kembali teks Pertempuran Ambarawa dan peta pikiran yang sudah mereka buat.

·         Setelah itu, siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa.

·         Siswa menuliskan upaya-upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia beserta penjelasan.

·         Siswa menuliskan pendapat mereka tentang upaya-upaya yang telah dilakukan.

·          Siswa menuliskan pendapat mereka tentang sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan.

·         Siswa menuliskan pendapat mereka tentang taktik gelar urang.

·         Siswa menuliskan sikap yang dapat mereka pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa.

·         Siswa menuliskan bagaimana mereka dapat menerapkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari. Siswa diminta memberikan contoh.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa diajak mempelajari bagaimana hewan beradaptasi dengan lingkungan.

 

Ayo Membaca

·         Siswa diminta membaca teks tentang Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia dalam hati.

·         Setelah membaca teks, siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa.

·         Siswa diminta menuliskan cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya.

·          Kemudian, siswa diminta menuliskan perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah.

·         Setelah itu, siswa menuliskan kesimpulan mereka tentang isi bacaan.

·         Setelah menjawab pertanyaan berdasarkan teks, siswa diajak mencari tahu bagaimana cara hewan lain beradaptasi. (HOST)

·         Siswa diminta mengamati gambar dan membaca teks dan tentang adaptasi hewan, di antaranya kamuflase, mimikri, melepas bagian tubuh, menggulungkan diri.

·         Selanjutnya, siswa diminta mencari tahu bagaimana cumi-cumi, walang sangit, dan siput beradaptasi dengan lingkungannya.

·         Siswa diminta menulis kesimpulan tentang adaptasi hewan menggunakan peta pikiran.  

·         Siswa diminta mendiskusikan diagram yang dibuat dalam kelompok.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

Cr

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Bahasa Indonesia

Peta pikiran dinilai dengan daftar periksa.

No

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

1

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘apa’ menggunakan kalimat efektif

pada peta pikiran.

 

 

2

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘siapa’ menggunakan kalimat efektif

pada peta pikiran.

 

 

3

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘di mana’ menggunakan kalimat

efektif pada peta pikiran.

 

 

4

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘kapan’ menggunakan kalimat

efektif pada peta pikiran

 

 

5

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘bagaimana’ menggunakan kalimat

efektif pada peta pikiran.

 

 

6

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek

pertanyaan ‘mengapa’ menggunakan kalimat

efektif dan peta pikiran.

 

 

 

2.     IPA

Diskusi tentang peta pikiran dinilai dengan rubrik.

 

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

3.     Catatan pengamatan sikap (peduli, santun)

(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum mampu menggunakan kalimat efektif dapat berlatih membuat kalimat sederhana dengan pola SPOK dengan pendampingan guru.

2.     Pengayaan

Untuk memperkaya wawasan siswa tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, siswa dapat menggali informasi dari berbagai buku sejarah berdasarkan aspek apa, siapa, di mana, kapan, dan bagaimana.

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Teks bacaan Pertempuran Ambarawa.

6.     Teks bacaan Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia.

 

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  tentang semangat persatuan di masa persiapan kemerdekaan Indonesia.
  2. Tentang semangat persatuan di masa persiapan kemerdekaan Indonesia.
  3. Ciri- ciri kalimat efektif.
  4. Penggunaan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

Comments