RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai
Tujuan (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi
ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan di masa
persiapan kemerdekaan Indonesia.
2. Setelah membaca teks, siswa mampu menulis peristiwa
penting tentang semangat persatuan dan kesatuan dalam bentuk peta pikiran
berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa,
dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.
3.
Setelah melakukan pengamatan dan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi
cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
4.
Setelah melakukan pengamatan dan membaca teks, siswa mampu melaporkan
cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya secara lisan dan tulisan.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
pembelajaran
Ayo Membaca ·
Siswa diminta membaca
teks tentang Pertempuran Ambarawa dalam hati. ·
Setelah membaca teks,
siswa diminta melengkapi peta pikiran yang terdapat di buku siswa. (Mandiri)
·
Setelah menyelesaikan
mengisi peta pikiran, siswa diminta menukarkan peta pikiran yang telah mereka
buat dengan salah seorang teman. (Collaburation) ·
Siswa meminta teman
tersebut memberikan komentar untuk setiap kalimat yang dituliskan. Apakah
kalimat tersebut sudah memenuhi kriteria kalimat efektif? ·
Siswa meminta teman
tersebut menuliskan komentar mereka di kolom yang telah disediakan. Ayo Berdiskusi ·
Siswa diminta membaca
kembali teks Pertempuran Ambarawa dan peta pikiran yang sudah mereka buat. ·
Setelah itu, siswa
diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. ·
Siswa menuliskan
upaya-upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk mempertahankan
kemerdekaan Indonesia beserta penjelasan. ·
Siswa menuliskan
pendapat mereka tentang upaya-upaya yang telah dilakukan. ·
Siswa menuliskan pendapat mereka tentang
sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan. ·
Siswa menuliskan
pendapat mereka tentang taktik gelar urang. ·
Siswa menuliskan sikap
yang dapat mereka pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa. ·
Siswa menuliskan
bagaimana mereka dapat menerapkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu
sehari-hari. Siswa diminta memberikan contoh. (Critical Thinking and Problem Formulation)
·
Siswa diajak
mempelajari bagaimana hewan beradaptasi dengan lingkungan. Ayo Membaca ·
Siswa diminta membaca
teks tentang Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia dalam hati. ·
Setelah membaca teks,
siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. ·
Siswa diminta
menuliskan cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya. ·
Kemudian, siswa diminta menuliskan perbedaan
Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah. ·
Setelah itu, siswa
menuliskan kesimpulan mereka tentang isi bacaan. ·
Setelah menjawab
pertanyaan berdasarkan teks, siswa diajak mencari tahu bagaimana cara hewan
lain beradaptasi. (HOST) ·
Siswa diminta
mengamati gambar dan membaca teks dan tentang adaptasi hewan, di antaranya
kamuflase, mimikri, melepas bagian tubuh, menggulungkan diri. ·
Selanjutnya, siswa
diminta mencari tahu bagaimana cumi-cumi, walang sangit, dan siput
beradaptasi dengan lingkungannya. ·
Siswa diminta menulis
kesimpulan tentang adaptasi hewan menggunakan peta pikiran. ·
Siswa diminta
mendiskusikan diagram yang dibuat dalam kelompok. (Critical Thinking and Problem Formulation) |
Cr |
|
|
||
|
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
|
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Peta
pikiran dinilai dengan daftar periksa.
|
No |
Indikator
Penilaian |
Ada
|
Tidak
Ada |
|
1 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘apa’ menggunakan kalimat efektif pada
peta pikiran. |
|
|
|
2 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘siapa’ menggunakan kalimat efektif pada
peta pikiran. |
|
|
|
3 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘di mana’ menggunakan kalimat efektif
pada peta pikiran. |
|
|
|
4 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘kapan’ menggunakan kalimat efektif
pada peta pikiran |
|
|
|
5 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘bagaimana’ menggunakan kalimat efektif
pada peta pikiran. |
|
|
|
6 |
Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘mengapa’ menggunakan kalimat efektif
dan peta pikiran. |
|
|
2.
IPA
Diskusi tentang peta pikiran dinilai dengan rubrik.
|
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
|
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa
tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
|
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang
(v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

3.
Catatan pengamatan sikap (peduli,
santun)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku
Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum mampu
menggunakan kalimat efektif dapat berlatih membuat kalimat sederhana dengan
pola SPOK dengan pendampingan guru.
2. Pengayaan
Untuk memperkaya wawasan siswa
tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, siswa dapat menggali
informasi dari berbagai buku sejarah berdasarkan aspek apa, siapa, di mana,
kapan, dan bagaimana.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Teks bacaan Pertempuran Ambarawa.
6. Teks bacaan Hyena adalah Hewan Paling Pintar
di Dunia.
E. MATERI
- Teks bacaan tentang semangat persatuan di masa persiapan kemerdekaan Indonesia.
- Tentang
semangat persatuan di masa persiapan kemerdekaan Indonesia.
- Ciri- ciri kalimat efektif.
- Penggunaan aspek
apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan
kalimat efektif.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah




Comments