RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub Tema
: Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu :
PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
: 6
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi
penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.
2. Setelah membaca, siswa mampu menyajikan informasi
penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk visual dengan sistematis.
3. Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu
mengidentifikasi pentingnya menghargai atas keberagaman ekonomi dengan mandiri.
4. Setelah diskusi memecahkan masalah, siswa mampu
menceritakan pentingnya menghargai atas keberagaman ekonomi dengan mandiri.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa membaca senyap
teks eksplanasi ilmiah tentang proses terputusnya aliran listrik dari teks
berjudul “Mengapa Mati Lampu?” ·
Siswa juga akan
memperkuat pemahaman tentang sistem transmisi dan sistem distribusi yang
telah dipelajari sebelumnya. ·
Siswa berdiskusi
menjawab pertanyaan bacaan terkait materi.(Critical Thinking and Problem
Formulation) Ayo Menulis ·
Siswa menuliskan informasi
penting dari teks dalam bentuk gambar berseri. Pastikan siswa memahami
bagian-bagian yang ditulis dalam gambar berseri. (Mandiri)
Ayo Berdiskusi ·
Siswa bermain peran,
memainkan dua karakter yang berbeda. (Creativity and Innovation) ·
Siswa mendiskusikan
sikap dari para pemeran karakter tersebut dengan menjawab pertanyaan yang ada
di buku. ·
Siswa menyimpulkan
tentang sikap percaya diri dan kewajiban untuk saling menghargai yang perlu
dimiliki di era globalisasi sekarang ini.
|
140 menit |
|
|
|
|||
|
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/
pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
|
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia
Gambar berseri siswa berisi informasi penting dari teks tulis
eksplanasi ilmiah tentang terputusnya proses menyalurkan energi listrik
diperiksa menggunakan rubrik:
|
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup
tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang
tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
|
Deret Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup
berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan
kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup
tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
|
Kalimat efektif dan kosakata baku |
Menuliskan semua kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian besar kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian kecil kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Belum mampu menuliskan kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
|
|
Penyajian isi teks dalam gambar berseri |
Menyajikan gambar berseri dengan rapi dan sistematis. |
Menyajikan gambar berseri dengan cukup rapi dan sistematis.. |
Menyajikan gambar berseri dengan kurang rapi dan kurang sistematis. |
Belum mampu menyajikan gambar berseri dengan rapi dan sistematis. |
|
- PPKn
Diskusi siswa tentang saling menghargai dinilai menggunakan
rubrik halaman 17.Penilaian SikapGuru dapat menambahkan catatan penilaian sikap
(contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
3. Penilaian Sikap
Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap, contoh
terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum memiliki sikap
diri positif, dapat melakukan sesi bimbingan dan konseling dengan guru kelas
atau dengan guru BP.
2. Pengayaan
Jika masih ada siswa waktu,
siswa dapat berdiskusi, saling memberikan masukan tentang sikap diri mereka
selama ini. Guru diharapkan menjadi mediator saat diskusi berlangsung.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 4
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 4
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Gambar pembangkit listrik untuk IPA dan Bahasa Indonesia
6. Artikel berita tentang kegiatan kerja sama Indonesia
dengan negara-negara ASEAN di bidang sosial budaya, untuk pelajaran IPS
E. MATERI
- Teks eksplanasi ilmiah tentang proses
terputusnya aliran listrik dari teks berjudul “Mengapa Mati Lampu?”.
- Pentingnya
menghargai atas keberagaman ekonomi.
- sikap percaya diri dan kewajiban untuk saling
menghargai yang perlu dimiliki di era globalisasi.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah



Comments