RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  PPkN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  6

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.

2.     Setelah membaca, siswa mampu menyajikan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk visual dengan sistematis.

3.     Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya menghargai atas keberagaman ekonomi dengan mandiri.

4.     Setelah diskusi memecahkan masalah, siswa mampu menceritakan pentingnya menghargai atas keberagaman ekonomi dengan mandiri.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang proses terputusnya aliran listrik dari teks berjudul “Mengapa Mati Lampu?”

·         Siswa juga akan memperkuat pemahaman tentang sistem transmisi dan sistem distribusi yang telah dipelajari sebelumnya.

·         Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan bacaan terkait materi.(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

Ayo Menulis

·         Siswa menuliskan informasi penting dari teks dalam bentuk gambar berseri. Pastikan siswa memahami bagian-bagian yang ditulis dalam gambar berseri. (Mandiri)

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa bermain peran, memainkan dua karakter yang berbeda. (Creativity and Innovation)

·         Siswa mendiskusikan sikap dari para pemeran karakter tersebut dengan menjawab pertanyaan yang ada di buku.

·         Siswa menyimpulkan tentang sikap percaya diri dan kewajiban untuk saling menghargai yang perlu dimiliki di era globalisasi sekarang ini.

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Gambar berseri siswa berisi informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang terputusnya proses menyalurkan energi listrik diperiksa menggunakan rubrik:

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

Deret

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Kalimat efektif

dan kosakata

baku

Menuliskan

semua kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

besar kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

kecil kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Belum mampu

menuliskan

kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Penyajian isi teks

dalam gambar

berseri

Menyajikan

gambar berseri

dengan rapi

dan sistematis.

Menyajikan

gambar berseri

dengan cukup

rapi dan

sistematis..

Menyajikan

gambar berseri

dengan kurang

rapi dan kurang

sistematis.

Belum mampu

menyajikan

gambar berseri

dengan rapi

dan sistematis.

 

 

  1. PPKn

Diskusi siswa tentang saling menghargai dinilai menggunakan rubrik halaman 17.Penilaian SikapGuru dapat menambahkan catatan penilaian sikap (contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

3.     Penilaian Sikap

Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap, contoh terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum memiliki sikap diri positif, dapat melakukan sesi bimbingan dan konseling dengan guru kelas atau dengan guru BP.

 

2.     Pengayaan

Jika masih ada siswa waktu, siswa dapat berdiskusi, saling memberikan masukan tentang sikap diri mereka selama ini. Guru diharapkan menjadi mediator saat diskusi berlangsung.

 

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Gambar pembangkit listrik untuk IPA dan Bahasa Indonesia

6.     Artikel berita tentang kegiatan kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN di bidang sosial budaya, untuk pelajaran IPS

 

 

E.    MATERI

  1. Teks eksplanasi ilmiah tentang proses terputusnya aliran listrik dari teks berjudul “Mengapa Mati Lampu?”.
  2. Pentingnya menghargai atas keberagaman ekonomi.
  3. sikap percaya diri dan kewajiban untuk saling menghargai yang perlu dimiliki di era globalisasi.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

Comments