ALUR TUJUAN
PEMBELAJARAN
MATERI
PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Bab 1 Mari
Kenali Hewan di Sekitar Kita |
1.
Mengenali keragaman hewan di sekitar kita. 2.
Memahami bahwa anggota tubuh hewan memiliki
bentuk anggota tubuh yang berbeda-beda. 3.
Melakukan penyelidikan fungsi bagian tubuh dan
kaitannya dengan perilaku hewan. |
Bab 2 Ayo,
Mengenal Siklus pada Makhluk Hidup |
1.
Menjelaskan tahap siklus yang dilalui oleh
makhluk hidup. 2.
Membandingkan siklus hidup pada manusia,
hewan, dan tumbuhan. 3.
Membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu
sederhana tentang siklus hidup hewan |
Bab 3
Hidup Bersama Alam |
1.
Menganalisis komponen biotik dan abiotik dalam
suatu ekosistem. 2.
Mengetahui peran komponen dalam suatu
ekosistem. 3.
Menganalisis keterkaitan dan hubungan yang
terjadi antarkomponen pada suatu ekosistem. |
Bab 4 Berkenalan
dengan Energi |
1.
Mengidentifikasi bentuk dan sumber energi yang
ada di sekitarnya. 2.
Melakukan penyelidikan mengenai macam-macam
energi yang digunakannya dalam kehidupan sehari-hari beserta sumbernya. 3.
Melakukan penyelidikan mengenai cara menghemat
salah satu energi. |
Bab 5 Aku dan
Lingkungan Sekitarku |
1.
Membuat dan menggunakan denah sederhana
sebagai penunjuk arah. 2.
Belajar membuat denah daerah sekitar tempat
tinggal. 3.
Mempelajari peran penting denah untuk
kehidupan |
Bab 6 Aku
Bagian dari Masyarakat |
1.
Mengenal tata kelola kota/kabupaten tempat
tinggal. 2.
Mengenal pemimpin di masyarakat. 3.
Menjelaskan tugas pemimpin di masyarakat |
Bab 7 Cerita
dari Kampung Halaman |
1.
Mengidentifikasi dan mengenal ragam tradisi
atau budaya dalam keluarga dan masyarakat yang ada di Indonesia. 2.
Mengetahui pengaruh kebiasaan ragam tradisi
atau budaya dalam keluarga dan masyarakat. 3.
Menceritakan sejarah atau cerita yang berkaitan
dengan tradisi atau budaya di daerah tempat tinggal. |
Bab 8 Bentang Alam
Indonesia |
1.
Merancang proyek akhir IPAS yang menarik. 2.
Melakukan proyek akhir IPAS menggunakan pendekatan inkuiri. 3.
Mengomunikasikan hasil proyek akhir IPAS kepada orang banyak |
Comments